"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

18 December 2012

Manfaat dan Khasiat Buah Manggis (Garcinia Mangostana L)



manfaat buah manggis
Manggis merupakan salah satu buah yang tahan lama bahkan tidak mungkin bisa busuk , meskipun berada di atas tanah selama apapun. Mengapa demikian?? Manggis merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan yang sangat luar biasa jika dibandingkan dengan buah semacamnya. Manggis tidak akan busuk, namun manggis ini akan mongering dan akhirnya menjadi kayu yang cuku keras. Namun dibalik semua itu banyak sekali khasiat buah manggis yang bisa kita manfaatkan terutama bagi kesehatan tubuh kita.

Buah manggis dapat ditemukan disaat musim-musim tertentu, musim manggis biasanya seirama dengan buah durian. Mereka sudah seperti kakak beradik. Buah manggis rasanya yang manis asam, sangat cocok membangkitkan selera makan, dan mempunyai sejuta khasiat yang kita tidak tahu, tapi sebelum mengetahui khasiatnya ada baiknya kita mengerti apa itu buah manggis.


Ekstrak Kulit Manggis


ekstrak kulit manggis



Sumber : Koran Jawa Pos

Mudah-mudahan bermanfaat buat kita semua, mohon maaf karena pada bagian akhir agak berbau promosi/iklan.

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

06 December 2012

Makanan Pokok Manusia Dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah

Sobat..berikut saya tuliskan bagian pertama/pembuka dari buku  "30 Tumbuhan Pilihan. Sehat Alami Secara Islami", yang menurut saya sangat bagus untuk kita resapi dan pahami. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wahai Manusia

Sesungguhnya Allah telah menciptakan Anda dan menyempurnakan penciptaan Anda. Menentukan rezeki dan memberi Anda petunjuk. Menundukkan bumi dan memudahkannya untuk usaha dan mata pencaharian Anda. Memancarkan sumber-sumber mata air dalam bumi untuk Anda, dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian menjadikan lembah-lembah dan menumbuhkan rumput-rumputan. Maha suci Allah! Dzat yang menguatkan badan, memberi makanan, dan menyediakan bagi Anda, segaa sarana dan prasarana,

Wahai manusia! Marilah bersama saya melihat-lihat nikmat Allah yang tiada terbilang dan tiada terhitung jumlahnya - yang dengan nikmat-nikmat itu manusia menjadi bahagia, hidup dengan perasaan aman dan berkecukupan.

Allah berfirman dalam kitab-Nya, "Yang telah menjadikan bagi kalian bumi sebagai hamparan, dan Yang telah menjadikan bagi kalian di bumi itu jalan-jalan, dan menurunkan dari langit air hujan, maka Kami tumbuhkan dengan air hujan itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam. Makanlah dan gembalakanlah binatang-binatang kalian. Sesungguhnya pada yang demikian itu, terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah, bagi orang-orang yang berakal." (Thaha [20]: 53-54)


05 December 2012

Resep Obat Daun Sirsak


Pohon Sirsak
Sirsak (Anona muricata) adalah tanaman asli Karibia dan Amerika Tengah. Buah ini adalah salah satu buah yang pertama kali diperkenalkan ke seluruh dunia setelah Colombus menemukan benua Amerika. Segera setelah itu, orang Spanyol membawanya ke Filipina dan menyebarkan ke sebagian besar negara tropis, termasuk Indonesia.

Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda zuursak. Kata zuur berarti asam, zak berarti kantong. Di Sumatra Barat dan Malaysia, sirsak disebut “durian Belanda”. Di Indonesia Timur, orang menyebutnya “nangka Belanda”.

Rasa asam-manis sirsak yang khas membuatnya menjadi buah favorit untuk aneka jus dan minuman. Rasa asam sirsak berasal dari asam organik, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.

Kaya Serat, Vitamin dan Mineral

Sirsak adalah buah yang kaya serat dan vitamin. Kandungan serat makanan dalam sirsak mencapai 3,3 g per 100 g daging buah. Konsumsi 100 g daging buah sirsak dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat harian. Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg) dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak.


04 December 2012

Mengobati Penyakit dengan Al-Qur’an dan As Sunnah (Ebook)

Saat ini, sering kali kita mendengar terapi pengobatan ruqyah  namun pengertian yang terlintas dibenak kita adalah terapi untuk mengusir gangguan jin. Hal ini adalah pendapat keliru dan  salah kaprah dikalangan masyarakat saat ini. Padahal, ruqyah yang sesuai syar’i adalah sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang disyari’atkan untuk dilakukan bagi setiap muslim pertama kali saat dirinya merasa sakit, baik sakit fisik maupun karena gangguan jin.

Apa itu Ruqyah ?
Ruqyah (dengan huruf ra’ di dhammah) adalah yaitu bacaan untuk pengobatan syar’i (berdasarkan riwayat yang shahih atau sesuai ketentuan ketentuan yang telah disepakati oleh para ulama) untuk melindungi diri dan untuk mengobati orang sakit. Bacaan ruqyah berupa ayat ayat al-Qur’an dan doa doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Tidak diragukan lagi, bahwa penyembuhan dengan Al-Qur’an dan dengan apa yang diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berupa ruqyah merupakan penyembuhan yang bermanfaat sekaligus penawar yang sempurna bagi penyakit hati dan fisik dan bagi penyakit dunia dan akhirat. Bagaimana mungkin penyakit itu mampu melawan firman-firman Rabb bumi dan langit yang jika firman-firman itu turun ke gunung makai ia akan memporakporandakan gunung gunung. Oleh karena itu tidak ada satu penyakit hati maupun penyakit fisik melainkan ada penyembuhnya.

Allah berfirman, “Katakanlah, ‘AlQur’an itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang orang yang beriman.’” (Qs. Fushilat: 44). Dan di surah Al Isra’ 82, “Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang orang yang beriman.” Dan di surat Yunus ayat 57, “Hai sekalian manusia, sesungguhnya telah datang kepada kalian pelajaran dari Rabb kalian, dan penyembuh bagi penyakit penyakit  (yang berada) didalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Qs. Yunus: 57)


Habbatussauda / Jintan Hitam

Abu Hurairah pernah mendengar Rasulullah Muhammad SAW bersabda: 
"Pada Habbatussauda ada obat bagi segala jenis penyakit kecuali Al-Sam, yaitu maut" .
 Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari (10:118-119);Muslim(7:25);Ibnu Majah (2:342);
Tirmidzi (2:3 pada edisi BulaQ) ; dan Ahmad (2:241) 
meneruskan riwayat Sufyan bin 'Uyainah dari Al-Zuhri dan Abu Salamah. 


manfaat jintan hitam
Nabi Muhammad saw. telah secara khusus menyebutkan dalam hadits diatas bahwa jintan hitam memiliki kemampuan untuk menyembuhkan semua penyakit, kecuali kematian. Ini semua tentu saja berdasarkan kehendak Allah SWT. Hanya dia yang memiliki kuasa untuk menyembuhkan dan kita tidak boleh lupa bahwa Allah SWT yang merancang dan menciptakan jintan hitam yang disebut dalam hadits diatas.

Habbatussauda banyak dikenal dengan berbagai nama, diantaranya black seed, black caraway, black seed, natura seed, jintan hitam, black cumin, nigella sativa, kaluduru, dll. Digunakan sebagai herbal pengobatan sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi dan tercatat dalam banyak literatur kuno mengenai ahli pengobatan terdahulu seperti Ibnu Sina (980 - 1037 M), dan Al-Biruni (973-1048 M), Al-Antiki, Ibnu Qayyim dan Al-Baghdadi. Ibnu Sina adalah peneliti jenius dari Timur Tengah di bidang pengobatan yang namanya tercatat di semua buku sejarah pengobatan timur maupun barat, hidup antara 980 - 1037 M, telah meneliti berbagai manfaat Habbatussauda untuk kesehatan dan pengobatan. Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat manfaat habbatussauda untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernapasan.


03 December 2012

Manfaat dan Khasiat Daun Kelor

manfaat daun kelor
Pohon kelor memiliki daun yang mengandung nutrisi paling lengkap dibanding dengan tumbuhan jenis apapun. Selain vitamin dan mineral, daun kelor juga mengandung semua asam amino esensial (asam amino yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh dan karena itu harus disuplai dari luar tubuh dalam bentuk jadi). Asam amino sangat vital sebagai bahan pembentukan protein. Penelitian juga membuktikan bahwa daun ini sama sekali tidak mengandung zat berbahaya. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia masyarakat sudah biasa memanfaatkannya sebagai sayuran, terutama untuk memperbanyak dan melancarkan ASI seperti halnya daun katuk.

Selama ini jika kita bicara tentang sumber Vitamin A, yang terbayang adalah wortel, padahal dengan berat yang sama Vitamin A pada daun kelor jauh lebih banyak dibanding wortel.

Dengan perbandingan berat yang sama, daun kelor juga mengandung Vitamin C lebih banyak dibanding jeruk, kalsium empat kali lipat susu, potasium tiga kali lipat pisang, protein dua kali lipat yogurt dan zat besi jauh lebih banyak daripada bayam. Dari 24 unsur nutrisi (beberapa vitamin, mineral dan asam amino) yang kami uji di laboratorium milik sebuah universitas di Malang, semua terdeteksi keberadaannya dengan kadar yang cukup signifikan.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...