"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

21 February 2014

Hikmah Gerakan-Gerakan Shalat Dari Sudut Kesehatan

Prof.  Dr. H. Ali Saboe, Prof. di bidang medis menulis : Apabila ditinjau dari segi kesehatan dalam gerak dan sikap tubuh pada saat seorang melakukan shalat adalah rangkaian dari butir-butir upacara yang mengandung nilai kesehatan yang tiada terhingga. Setiap penyimpangan dari gerak shalat, akan berubah pula fungsi dan manfaat yang diperoleh.

Prof. DR. Kohlrausch dan Prof. DR. Leube mengatakan : Gerakan-gerakan shalat dapat mengurangi dan bahkan dapat mencegah penyakit jantung.

SIRKULASI DAN PEREDARAN DARAH

Dalam sistem peredaran darah, arteri mengalirkan darah dari jantung ke organ dan anggota tubuh. Darah beredar keseluruh tubuh, mengangkut makanan dan oksigen ke semua sel tubuh dan mengambil sisa-sisa ampas dari sel-sel.

Darah segar dari paru-paru mengalir ke dalam jantung dan dipompa ke aorta. Vena mengalirkan kembali darah ke jantung. Dari jantung darah kembali ke paru-paru untuk mendapatkan oksigen dan melepaskan karbondioksida. Darah dipompa keseluruh tubuh  dengan tekanan. Otak terus menerus mengawasi dan menyesuaikan tekanan itu. 

20 February 2014

Hikmah Wudhu Dan Mandi Dari Sudut Kesehatan

Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Kebersihan jasmani erat hubungannya dengan  sholat dan wudhu. Disinilah salah satu hikmah wudhu. Islam mewajibkan pemeluknya yang hendak sholat membersihkan tubuh lebih dahulu dengan wudhu. Rujuk Q.S. Al Maidah ayat 6 :

Hai orang-orang yang beriman, apabila kalian hendak melaksanakan salat, sedang kalian belum berwudu, maka berwudulah dengan membasuh muka dan tangan sampai sikunya. Lalu usaplah kepala--seluruhnya atau sebagian--dan basuhlah kaki sampai dengan kedua matanya. Apabila hendak melaksanakan salat, dan kalian dalam keadaan junub karena menggauli istri, maka mandilah dengan membasuh seluruh badan. Jika kalian menderita sakit yang tidak memungkinkan penggunaan air, atau dalam perjalanan yang tidak memungkinkan kalian mendapatkan air, atau ketika kalian selesai buang air, atau menggauli istri(1) lalu kalian tidak mendapatkan air, maka bertayamumlah dengan debu yang suci. Usaplah muka dan tangan kalian dengan debu itu. Sesungguhnya Allah tidak bermaksud menyulitkan kalian pada semua perintah-Nya. Allah menetapkan ketentuan itu semua dengan maksud untuk membersihkan kalian secara lahir dan batin, dan menyempurnakan nikmat-Nya dengan memberi petunjuk dan kemudahan kepada kalian, agar kalian bersyukur atas petunjuk dan hidayah-Nya dengan selalu menaati-Nya. (2). 

17 February 2014

KHASIAT JUS LEMON : Untuk awet muda, melangsingkan, mengatasi masalah kulit dan lain-lain

khasiat jus lemon
Boleh dikata, lemon termasuk buah serba guna. Selain untuk dikonsumsi, diminum jusnya atau dijadikan bahan campuran masakan, lemon juga digunakan untuk berbagai keperluan lainnya. Termasuk membersihkan noda, menghilangkan bau, dan menyegarkan udara. Lemon juga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional karena khasiat penyembuhannya. Di zaman Romawi kuno, lemon digunakan untuk mengobati semua jenis racun.

KHASIAT KESEHATAN LEMON

  1. Minum sari lemon secara teratur membantu melancarkan buang air besar dan eliminasi bahan
  2. sampah secara lebih efisien, mengatasi masalah perut seperti pencernaan dan konstipasi.
  3. Kandungan sodium rendah membuat lemon baik untuk orang-orang yang diet rendah garam.
  4. Lemon adalah diuretik, artinya baik untuk orang-orang dengan infeksi saluran kencing dan masalah asam urat tinggi. Juga berkhasiat untuk orang-orang dengan arthritis atau rematik.
  5. Membersihkan darah.
  6. Baik untuk tonik liver karena mendorong liver memproduksi lebih banyak empedu yang membantu pencernaan.

Hidup Lebih Baik, Lebih Bahagia Dengan Kebiasaan Sehat

Kebiasaan sehat meningkatkan peluang hidup bahagia dan lebih sehat. Berikut, langkah-langkah yang terbukti dan diterbitkan dalam berbagai jurnal ilmiah.

sarapan pagi setiap hari
Sarapan Setiap Hari

Orang yang sarapan akan punya kesehatan baik. Riset menunjukkan, orang yang sarapan cenderung mendapatkan lebih banyak vitamin dan mineral, kurang lemak dan kolesterol. Hasilnya: badan lebih ramping, angka kolesterol lebih rendah, dan berkemungkinan lebih kecil makan berlebihan.

Hanya sarapan saja tampak membuat perbedaan nyata pada berat badan secara keseluruhan, begitu menurut American Dietetic Assocition. Makan pagi mencegah lapar sampai tiba waktu makan siang sehingga membuat snack tinggi kalori kurang menarik. Bukan hanya itu saja. Para periset dalam konferensi American Heart Association tahun 2003 melaporkan, orang yang sarapan secara baik berkemungkinan lebih kecil obesitas dan terkena diabetes dibanding yang tidak sarapan.

11 February 2014

Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal melakukan berbagai fungsi penting untuk kesehatan. Terus menerus memproses darah, membersihkan produk sampah dan air ekstra yang disimpan sebagai urin sampai waktunya dikeluarkan. Ginjal juga membantu menjaga tekanan darah yang tepat dengan menghasilkan hormon yang disebut renin yang mengantur total volume darah. 

Ginjal menghasilkan 2 jenis hormon lain yang menstimulir produksi sel-sel darah merah dan yang lain lagi, yang penting untuk kesehatan tulang. Ada beberapa strategi yang bisa membantu menjaga ginjal berfungsi normal dan menghindari penyakit ginjal.

TINGKATKAN ASUPAN CAIRAN

air putih menjaga kesehatan ginjal
Minum banyak cairan sangat penting untuk ginjal. Ginjal membantu mengeluarkan toksin dan sampah dan tubuh dan mencegah batu ginjal, begitu menurut National Kidney and Urologic Disease Cleahnghouse. Jumlah cairan yang diperlukan setiap orang ditentukan beberapa faktor, termasuk temperatur lingkungan dan tingkat olahraga seseorang. Secara umum, jumlah air yang diperlukan setiap hari antara 6 sampai 8 gelas. Cleahnghouse mengidikasikan, jus sitrus juga pilihan baik, terutama bagi yang pernah punya batu ginjal Kandungan citratenya membantu mencegah pembentukan di dalam urin.


BATASI ASUPAN GARAM

Ginjal penting untuk menjaga keseimbangan yang tepat antara garam dan air di dalam tubuh. Makan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat jantung bekerja lebih keras. Juga bisa membuat stres ginjal yang mengakibatkan sulit menjaga keseimbangan kadar sodium. Mayo Clinic menjelaskan, orang dewasa harus batasi konsumsi garam sampai 2.300 mg per hari. Batasi asupan garam dengan menghindari makanan olahan, terutama yang tinggi garam seperti daging olahan, sup dan sayuran kalengan, dan makanan cepat saji. Periksa label makanan untuk kandungan sodium dan kurangi garam yang disebutkan dalam resep ketika masak.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...