"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

18 December 2012

BUAH MANGGIS DAN MANFAATNYA



manfaat buah manggis
Manggis merupakan salah satu buah yang tahan lama bahkan tidak mungkin bisa busuk , meskipun berada di atas tanah selama apapun. Mengapa demikian?? Manggis merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan yang sangat luar biasa jika dibandingkan dengan buah semacamnya. Manggis tidak akan busuk, namun manggis ini akan mongering dan akhirnya menjadi kayu yang cuku keras. Namun dibalik semua itu banyak sekali khasiat buah manggis yang bisa kita manfaatkan terutama bagi kesehatan tubuh kita.

Buah manggis dapat ditemukan disaat musim-musim tertentu, musim manggis biasanya seirama dengan buah durian. Mereka sudah seperti kakak beradik. Buah manggis rasanya yang manis asam, sangat cocok membangkitkan selera makan, dan mempunyai sejuta khasiat yang kita tidak tahu, tapi sebelum mengetahui khasiatnya ada baiknya kita mengerti apa itu buah manggis.


Buah manggis adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai "ratu buah", sebagai pasangan durian, si "raja buah". Buah ini mengandung xanthone,Xanthone mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.

Manggis berkerabat dengan kokam, asam kandis dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Sumatera.

Berikut manfaat dari buah manggis untuk kesehatan.
  1. Menyembuhkan dan Mencegah Kanker
  2. Sekarang ini sedang dilakukan penelitian yang tiada henti tentang khasiat buah manggis terhadap penyakit-penyakit kanker. Hasil penelitian sementara, ekstrak yang terdapat pada buah manggis dapat mencegah tumbuhnya sel-sel pada penderita leukimia, menahan laju perkembangan sel pada kanker paru-paru, kanker hati, kanker payudara dan kanker usus.

  3. Mencegah Penyakit Yang Mematikan
  4. Buah ini berkhasiat mengatasi penyakit yang dianggap berbahaya seperti diabetes, kanker, arthritis, Alzheimer, penyakit jantung, dan lainnya. Buah manggis memiliki kandungan zat xanthones yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit-penyakit yang mematikan seperti di atas.

  5. Mengurangi Berat Badan
  6. Masalah kegemukan terjadi karena membran sel dalam tubuh kita mudah membesar dan mengeras. Dan ini bisa diatasi oleh zat xanthones yang terdapat dalam buah manggis. Zat tersebut melunakkan kembali sel-sel, dan dengan cepat mengubah zat makanan menjadi energi. Kondisi ini membuat kita menjadi lebih sehat dan pada saat yang bersamaan bisa mengatasi kegemukan.

  7. Menghilangkan Rasa Sakit
  8. Buah manggis juga berkhasiat mengurangi atau menghilangkan rasa sakit. Seorang dokter di Amerika Serikat mengaku mengganti obat-obatan penghilang rasa sakit yang diderita di lehernya dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin.

  9. Mencegah Penyakit Jantung
  10. Penyakit jantung dan arteriosclerosis terjadi karena pembuluh darah di sekitar jantung kehilangan elastisitasnya. Dan buah manggis bisa memulihkan kembali elastisitas pembuluh darah melalui antimikorbial dan antioksidan yang dimiliki buah tersebut. Setelah pembuluh di sekitar jantung sehat dan kuat, maka risiko terhadap serangan penyakit jantung berkurang.

  11. Melawan Radikal Bebas
  12. Buah manggis mengandung catechins yang terbukti lebih efektif dan lebih berdaya guna dibandingkan vitamin C atau vitamin E dalam melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita. Dokter Frederc Templeman yang menulis buku “A Doctor Challenge, A Mangosteen Solution” menyarankan bahwa mengkonsumsi buah manggis setiap hari sebagai makanan suplemen, akan mendapatkan zat antioksidan lebih banyak dibandingkan suplemen manapun yang ditawarkan dalam obat-obatan.

  13. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
  14. Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah, dan ini beresiko terhadap penyakit jantung dan stroke. Buah manggis bisa mengatasi hal tersebut, terutama untuk menormalkan berat badan.

  15. Memelihara Pencernaan
  16. Semakin berumur manusia, maka secara alamiah semakin berkurang zat asam di dalam perut. Kondisi ini meningkatkan bakteri di dalam perut sehingga menimbulkan penyakit diare, kemampuan usus menyerap makanan semakin berkurang, dan kelebihan gas. Gejalan-gejala seperti ini bisa diatasi oleh zat xanthones yang terdapat pada buah manggis. Xanthones berkhasiat mengatasi kelebihan bakteri, dan menyeimbangkan kembali kerja perut.

  17. Menjaga Saluran Kencing
  18. Secara alamiah sesuai dengan bertambahnya usia, kemampuan otot-otot pinggul pada wanita akan menurun. Dan kondisi ini berpengaruh pada saluran kencing. Demikian juga dengan pria yang akan mengalami pembesaran prostat sesuai dengan bertambahanya usia. Hal ini sering menimbulkan infeksi karena bakteri-bakteri yang tidak berguna tidak bisa dikeluarkan secara menyeluruh melalui saluran kencing. Zat xanthones yang ada pada buah manggis termasuk zat yang mengaktifkan antibakteri.

  19. Mengatasi Gangguan Pernafasan
  20. Salah satu keajaiban zat pembunuh bakteri xanthones yang terdapat pada buah manggis adalah mengatasi gangguan pernapasan.

  21. Menyembuhkan Asma
  22. Asama tergolong penyakit mematikan akibat kerusakan sistem pernapasan. Buah manggis menjadi obat alternatif yang ideal untuk menyembuhkannya karena memiliki kemampuan melawan infeksi dan mengandung zat-zat yang mengurangi alergis.

  23. Mengobati dan Mencegah Diabetes
  24. Salah satu penyakit kronis yang banyak diderita manusia adalah diabetes. Dan untuk membantu proses penyembuhan disarankan mengkonsumsi buah manggis yang mengandung zat-zat yang menormalkan tekanan darah, memulihkan energi, dan zat yang mengurangi kelebihan gula dalam darah.
  25. Memelihara Kemampuan Mental
  26. Gangguan atau kerusakan otak yang sekarang banyak dialami manusia adalah demensia, Alzherimer, Parkinson, stroke dan lain-lain yang merusak sistem syaraf pusat. Untuk mencegah hal ini, disarankan mengkonsumsi buah manggis yang banyak mengandung zat antioksidan. Zat ini juga mencegah mental degeneration (penurunan kemampuan mental)

  27. Meningkatkan Energi
  28. Buah manggis berkhasiat memulihkan stamina. Beberapa orang yang memakan buah manggis secara teratur mengaku mendapatkan energi tambahan saat melakukan kerja keras.

  29. Menurunkan Kolesterol
  30. Kolesterol “jahat” atau LDL (low density lippoprotein) yang berlebihan akan menempel di dinding dan menyempitkan pembuluh darah. Dan kondisi ini bisa dikurangi dengan zat xanthones yang terdapat pada buah manggis.

  31. Mengatasi Batu Ginjal
  32. Penyakit batu ginjal biasanya dialami oleh lelaki. Untuk mencegah penyakit batu ginjal disarankan mengkonsumsi 3 ons atau lebih buah manggis setaip hari. Mengkonsumsi manggis akan membuat kita lebih sering kencing sehingga dapat mencegah munculnya batu ginjal.

  33. Mencegah Gangguan Penglihatan
  34. Katarak dan glukoma adalah gangguan penglihatan akibat radiasi yang menghilangkan protein pada lensa mata. Gangguan ini bisa diatasi dengan menghindari sinar matahari langsung (menggunakan kaca mata) dan mengkonsumsi manggis yang mengandung antioksidan.
Di atas adalah beberapa manfaat dan khasiat buah manggis yang bisa kita dapatkan dengan mengkon-sumsinya setiap hari secara rutin. 

Berikut khasiat dari buah manggis.
  1. Anti-fatigue (energy booster / memberi tenaga)
  2. Powerful anti-inflammatory (prevents inflammation / anti peradangan)
  3. Analgesic (prevents pain/mencegah sakit urat saraf)
  4. Anti-ulcer (stomach, mouth and bowel ulcers)
  5. Anti-depressant (low to moderate / mencegah kemurungan)
  6. Anxyolytic (anti-anxiety effect/mencegah kegelisahan, panik & cemas)
  7. Anti-Alzheimerian (helps prevent dementia/mencegah penyegah Alzheimeria)
  8. Anti-tumor and cancer prevention (shown to be capable of killing cancer cells/Mencegah kanker)
  9. Immunomodulator (helps the immune system/system kekebalan)
  10. Anti-aging (Anti penuaan)
  11. Anti-oxidant (Antioksidan / Buang toxic / membuang racun dalam badan)
  12. Anti-viral (membunuh kuman)
  13. Anti-biotic (modulates bacterial infections)
  14. Anti-fungal (prevents fungal infections / anti infeksi oleh jamur)
  15. Anti-seborrheaic (prevents skin disorders)
  16. Anti-lipidemic (blood fat lowering  / membuang kolesterol)
  17. Anti-atherosclerotic (prevents hardening of arteries)
  18. Cardioprotective (protects the heart / menjaga kesehatan jantung)
  19. Hypotensive (blood pressure lowering / merendahkan tekanan darah)
  20. Hypoglycemic (anti-diabetic effect, helps lower blood sugar / mengurangi gula dalam darah)
  21. Anti-obesity (helps with weight loss / mencegah obesitas)
  22. Anti-arthritic (prevention of arthritis / mencegah sakit tulang)
  23. Anti-osteoporosis (helps prevent the loss of bone mass / mencegah tulang rapuh)
  24. Anti-periodontic (prevents gum disease / mencegah gusi berdarah)
  25. Anti-allergenic (prevents allergic reaction)
  26. Anti-calculitic (prevents kidney stones/cegah batu karang)
  27. Anti-pyretic (fever lowering/rendahkan suhu badan)
  28. Anti-Parkinson (penyakit saraf parkinson)
  29. Anti-diarrheal (mencegah diare)
  30. Anti-neuralgic (reduces nerve pain/ meringankan sakit urat saraf)
  31. Anti-vertigo (prevents dizziness)
  32. Anti-glaucomic (prevents glaucoma/sakit mata)
  33. Anti-cataract (prevents cataracts)
  34. Pansystemic (has a synergistic effect on the whole body/Mengimbangi seluruh badan)

Menilik Lebih Jauh Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Benarkah ada manfaat kulit manggis bagi kesehatan? Selama ini kita hanya mengenal manggis sebagai buah berwarna ungu kemerahan yang daging buahnya sangat manis dan segar saat digigit; tapi kulitnya? Seringkali kita hanya membuangnya percuma begitu saja, bukan? Kita selama ini hanya menganggap kulit manggis sebagai sampah, kini orang mulai mencarinya untuk dikonsumsi.

Ternyata, khasiat kulit manggis selain mengandung Xanthone yang merupakan zat yang memiliki aktivitas antioksidan dan antiinflamasi, kulit buah manggis juga sangat kaya akan antioksidan tinggi yang dapat mengobati berbagai macam penyakit bahkan penyakit maut sekalipun seperti penyakit jantung, kanker,stroke, diabetes, ginjal, hepatitis, AIDS, dan lain-lain.


Kulit manggis mengandung 50 senyawa xanthone. Xanthone adalah bioflavonoid yang bersifat antioksidan, antibakteri, antitumor, antialergi, antiinflamasi dan antihistamin. Di alam ini terdapat sekitar 200 jenis xanthone dimana 50 jenis diantaranya berada pada buah manggis (Garcinia mangostana). Senyawa itu tersebar pada kulit buah dan biji, kulit batang, daun serta sebagian kecil pada daging buahnya.

Beberapa penelitian telah dilakukan di berbagai negara untuk membuktikan bahwa ternyata terdapat cukup banyak manfaat kulit manggis untuk kesehatan. Penelitian berbagai manfaat kulit manggis ini dilakukan di seluruh dunia tersebar di 4 benua, 12 negara dan semuanya memberikan hasil yang positif. Mungkin hal ini cukup mengejutkan bagi kita semua. Beberapa peneliti manfaat kulit manggis mengatakan bahwa kulit manggis mujarab mengatasi berbagai macam penyakit berkat adanya senyawa xanthone.

Kulit manggis terbukti  sangat efektif sebagai antioksidan. Antioksidan senyawa yang dapat mencegah terjadinya reaksi  terhadap oksidasi radikal bebas. Selanjutnya, antioksidan akan bereaksi dengan radikal bebas sehingga dapat mengurangi kemampuan radikal bebas untuk menimbulkan kerusakan. Mari kita lihat beberapa diantara manfaat kulit buah manggis tersebut bagi kesehatan ;
  • Menjaga  Kesehatan Tubuh dan Meningkatkan Energi.
  • Jika dikonsumsi oleh kita secara rutin maka jus kulit buah manggis dapat meningkatkan energi, memicu perasaan bahagia serta menambah stamina. Xanthone dari kulit manggis yang merupakan antioksidan tingkat tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mengontrol berbagai serangan penyakit.
  • Memperbaiki Elastisitas Sel Tubuh dan Menurunkan Berat Badan.
  • Kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang terdapat dalam kulit buah manggis dapat meningkatkan regenerasi sel-sel sehingga dapat memperlambat proses penuaan. Kandungan antioksidan pada kulit manggis yaitu 66,7 kali wortel dan 8,3 kali kulit jeruk.  Sebagai antioksidan, xanthone memiliki gugus hidroksida yang sangat efektif untuk mengikat radikal bebas yang merupakan penyebab dari rusaknya sel tubuh. Selain itu, antioksidan tersebut juga dapat membantu dalam hal penurunan berat badan dengan cara menyeimbangkan kadar kortisol – yaitu hormon yang dapat menstimulasi penumpukan lemak dalam tubuh.
  • Menyeimbangkan Sistem Kelenjar Endokrin.
  • Kulit manggis mengandung senyawa yang bernama “Xanthone” yang bekerja menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin. Sistem kelenjar endokrin yang seimbang menimbulkan keseimbangan yang baik dari semua hormon dan neurokimia yang diproduksi oleh sistem endokrin. Xanthone juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, mengeluarkan racun dari hati, dan lain-lain.
  • Menjaga Kesehatan Otak.
  • Antioksidan yang ada di dalam kulit buah manggis juga dapat membantu mencegah penurunan fungsi otak yang dapat mengakibatkan penyakit seperti demensia dan Alzheimer, juga mencegah terjadinya faktor kerusakan sistem syaraf yang dapat mengakibatkan penyakit Parkinson. Kandungan flavonoid di dalam kulit buah manggis bekerja untuk menghentikan kerusakan ringan pada memori otak.
  • Meningkatkan Kemampuan Tubuh Dalam Mengatasi Stress.
  • Di saat terjadinya stress, tubuh kita akan memproduksi hormon kortisol secara berlebihan. Zat Xanthone yang terdapat di dalam kulit manggis bekerja untuk menyeimbangkan kadar hormon kortisol sehingga secara alami tubuh mampu menurunkan tingkat depresinya serta meningkatkan mood.
  • Menjaga Kesehatan Pencernaan.
  • Kandungan antioksidan di dalam kulit buah manggis dapat membantu untuk melindungi dan menurunkan kandungan asam yang tinggi pada lambung. Zat antimikroba dalam kulit manggis dapat memerangi bakteri, parasit dan jamur dalam perut. Selain itu juga, zat antimikroba tersebut bekerja untuk mengatasi iritasi usus besar dan usus kecil yang dapat menyebabkan gangguan fungsi pencernaan dan serta diare. Ekstrak kuit manggis juga mampu mencegah radang usus besar dengan cara menghambat infeksi pada kantong-kantong yang terdapat di lapisan usus besar.
  • Mencegah Batu Ginjal.
  • Mengkonsumsi ekstrak kulit manggis dalam jumlah tertentu secara rutin akan membuat anda mengeluarkan air seni lebih sering sehingga anda dapat terhindar dari penyakit infeksi saluran kemih dan juga masalah batu ginjal.

Dari berbagai manfaat kulit manggis bagi kesehatan yang dijabarkan di atas, anda dapat melihat bahwa kandungan antioksidan yang terdapat pada kulit buah manggis sangat penting bagi tubuh secara umum dan juga sebagai pengobatan herbal secara khusus. Namun barangkali timbul pertanyaan di  dalam benak anda ‘bagaimana mungkin saya harus mengkonsumsi kulit buah manggis?

Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Cara membuat jus kulit Manggis, Memang sekarang ini jika mendengar orang membuat jus dari kulit manggis kita akan sedikit terkejut, karena selama ini belum banyak orang yg menjadikan manggis sebagai jus yang enak untuk dikonsumsi. Tetapi sekarang banyak orang yang ingin tahu Cara Membuat Jus Kulit Manggis karena rupanya banyak sekali kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia dalam melawan berbagai jenis penyakit berat seperti Menghambat Bakteri dan Menangkis Kanker.

Bagaimana Cara Membuat Jus Kulit Manggis Yang Baik dan Benar

Namun jika ingin terasa nikmat ketika meminum jus kulit manggis hasil buatan sendiri anda harus tahu langkah-langkah terbaik agar rasa jus manggis itu menjadi sebuah jus yang nikmat tentunya. Baiklah untuk mengetahui secara lengkap dan jelas bagaimana proses pembuatan jus manggis yg baik dan benar perhatikan langkah-langkah berikut ini:
  1. Siapkan terlebih dahulu beberapa potong kulit manggis, Banyaknya tergantung keinginan kita sendiri. Saran para ahli mengatakan semakin banyak kulit manggis akan semakin bagus.
  2. Ambil pada bagian dalamnya, usahakan tidak terkena bagian hitam kulit manggis (kulit luar) dan jangan sampai getahnya ikut-ikutan terambil, karena dapat menyebabkan rasa jus manggis menjadi pahit nantinya.
  3. Pada langkah selanjutnya adalah memblender kulit yang telah kita dapatkan tadi, dapat di campur dengan susu kental, coklat bubuk, alpukat, gula dan es. Mau dicampur apapun tidak masalah tergantung dengan selesai kita.
  4. Setelah beberapa menit kulit manggis tersebut sudah siap untuk di sajikan.
Caranya yang lain, cuci bersih kulit buah, kemudian potong kulit 2 butir buah. Selanjutnya potongan tersebut direbus dalam 4 gelas air, sehingga tersisa 2 gelas. Air rebusan tersaring itulah yang diminum secara rutin 2 - 3 kali sehari. Mudah bukan?

Meskipun manfaat manggis itu melimpah, tetapi menurut Liska Yunitasari dalam bukunya Gempur 41 Penyakit dengan Buah Manggis, Anda harus tetap berhati - hati karena kulit buah manggis mengandung kadar resin, tanin, serat kasar, dan komponen lainnya yang tidak dapat dicerna tubuh pada kadar tinggi.

Beberapa kasus dapat muncul akibat mengkonsumsi kulit buah manggis dalam bentuk tepung tanpa perlakuan yang baik, seperti gangguan pada ginjal dan usus serta pada organ tubuh lainnya.

Sekian dulu artikel singkat tentang bagaimana cara membuat jus kulit manggis, Semoga bermanfaat untuk siapa saja yang ingin mencoba mendapatkan khasiat ajaib yg terkandung dalam kulit manggis.

Diolah dari beberapa sumber: http://www.camsh.com/kesehatan/cara-membuat-jus-kulit-manggis.html, http://makanansehat123.blogspot.com/2012/09/10-khasiat-buah-manggis-bagi-kesehatan.html, http://www.goresep.com/manfaat-manggis-dan-khasiatnya/, http://www.manfaatkesehatan.com/2012/08/manfaat-buah-manggis-untuk-kesehatan.html, http://manfaatkulitmanggis.com/.

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

No comments:

Post a Comment