"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

11 October 2012

MANFAAT BAMBU

manfaat daun bambu
Bambu merupakan tanaman yang sangat luar biasa. Di Indonesia, selain popular namun juga tumbuh subur hampir di semua wilayah. Selain untuk bangunan, kerajinan, dan dimakan, ternyata ada khasiat tersembunyi dari bambu yang jarang diketahui oleh masyarakat luas, yakni daunnya. Dalam pengobatan Cina, daun bambu telah lama dimanfaatkan sebagai obat dari berbagai macam penyakit. Sebuah kitab pengobatan berjudul Ming yi bie lu yang merupakan kumpulan ramuan obat-obatan Cina, dikatakan daun bambu dapat dimanfaatkan sebagai obat pereda batuk, dan sesak nafas. Selain itu pula khasiatnya dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol, asam urat dan meningkatkan stamina.

Efek kimia bambu yang menyejukkan, harum, berasa pahit juga terkait dengan kandungan flavonoid, polisakarida, klorofil, asam amino, vitamin, dan kandungan bermanfaat lain yang sangat beragam. Menurut pakar pengobatan Cina dari Shanghai TC University, kandungan flavanoid ini memiliki efek positif dalam kemoterapi sumsum tulang dan imunitas tubuh. Selain bermanfaat juga dalam memperbaiki sistem mikrovaskular bagi penderita jantung, fungsi trombosit dan peredaran darah dalam jantung. Di Cina flavanoid bambu telah dipatenkan dan dimanfaatkan sebagai penghambat oksidasi lemak.

Berbagai kitab herbal, kitab obat klasik, dan farmakop Cina mencatat khasiat bambu dalam menyembuhkan penyakit. Diantaranya :

  1. Bie Lu. Daun bambu bersifat dingin, tidak beracun, untuk mengobati rasa panas di dada dan batuk.
  2. Sheng Hui Fang. Bubur daun bambu bisa menyembuhkan jantung panas pada anak kecil atau tidak sadarkan diri. Ramuannya: daun bambu 60 g, beras secukupnya, dan 15 g yin chen (wormwood/Artemisiae scopariae) dibuat bubur.
  3. Kitab Terapi Herbal. Daun bambu mampu menyembuhkan batuk, haus, dahak, radang tenggorokan, dan menghilangkan rasa panas.
  4. Ben Cao Qiu Zhen. Daun bambu bisa menyegarkan hati, menghangatkan limpa, menghilangkan riak dan dahaga, angin jahat, batuk, sesak, muntah darah, stroke ringan, dan lain lain.
  5. Ben Cao Qiu Zhen. Daun bambu bisa menyegarkan hati, menghangatkan limpa, menghilangkan riak dan dahaga, angin jahat, batuk, sesak, muntah darah, stroke ringan, dan lain lain.
  6. Yao Pin Hua Yi. Kitab yang dikenal sebagai Kitab Definisi Obat ini mencatat, daun bambu menyegarkan, agak pahit, mampu menetralkan semua chi dingin dan panas.
  7. Jing Yue (Kitab Herbal Klasik). Daun bambu, dengan aromanya yang ringan, bisa menetralkan rasa panas, terutama chi di jantung. Merupakan obat yang baik, terutama untuk mengobati dahaga karena hari panas, membersihkan sputum/riak di dada, meredakan rasa dingin dan lemah, batuk, dan asma. Hanya daun bambu yang bisa memasuki kandung empedu dan membawa chi netral ke dalam paru-paru untuk mengeluarkan panas.
  8. Ben Jing Feng Yuan. Dalam Kitab Herbal Klasik Shennong ini tertulis daun bambu menyembuhkan salah urat, luka, dan membunuh parasit.
  9. Kamus Besar Obat Cina. Daun bambu meredakan rasa cemas dan panas, serta melancarkan buang air kecil.
 Berikut adalah beberaa resep penyembuhan menggunakan bambu:
  1. Pengobatan asam urat para ahli menyarankan untuk menggunakan daun bambu muda jenis apa saja. Kemudian jemur hingga hilang getahnya, dan bersihkan bulu-bulunya dengan cara digosok. Setelah itu, rebus dengan 3 gelas air, hingga tersisa 2 gelas, kemudian didinginkan. Bagi air rebusan tersebut menjadi 2 lalu minum 2 kali sehari. Lakukan pengobatan ini hingga penyakitnya sembuh.
  2. Luka potong pada kulit. Gunakan kain hangat basah dengan batang bambu yang lunak yang telah dihancurkan sebelumnya dan ditaruh didalam kain tersebut. tempelkan pada kulit yang luka. Hal ini merupakan obat bagi luka. Kompres ini membantu dalam penyembuhan dan mengurangi bengkak. Untuk membersihkan luka dan luka penuh belatung, gunakan teh atau jus daun bambu segar untuk mencuci luka.
  3. Ketidakteraturan masa Haid. Daun bambu telah dikenal untuk mendatangkan dan mengatur periode menstruasi wanita. Dua cangkir daun bambu rebus sehari biasanya cukup untuk jenis masalah ini (Insya Allah).
  4. Permasalahan perut. Daun bambu dianggap bermanfaat untuk menguatkan dan menstimulasi perut. Batang bambu mudanya(rebung) juga bermanfaat dalam menyembuhkan kelainan pada perut. Diacar atau dimasak, sangat cocok untuk hidangan pembuka.
  5. Cacing usus. Daun harus diseduh menjadi teh angat dan kemudian minum dua kali sehari selama dua hari. Hal ini sangat berguna dalam membunuh cacing usus.
Daun bambu adalah stimulan. Daun tersebut dapat mengurangi gangguan-gangguan yang jarang terjadi, sekresi luka dan pendarahan. Bambu juga merupakan zat pembangkit gairah yang efektif. Daun-daun tersebut harus dididihkan hingga menjadi teh jika akan digunakan sebagai obat. Daunnya memiliki rasa ringan yang khas jika diminum.

Bambu Muda / Rebung
manfaat rebung
 Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety mengungkap, rebung banyak mengandung antioksidan. Kandungan ini bisa menangkal radikal bebas, senyawa berbahaya yang bisa memicu pertumbuhan kanker.

Menurut penelitian tersebut, jenis antioksidan yang terdapat dalam rebung adalah fitosterol. Ilmu pengobatan tradisional China mengatakan, herbal dengan kandungan ini juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Selain antioksidan, kandungan serat yang tinggi pada rebung juga bisa mengurangi risiko kanker khususnya di saluran pencernaan. Di dalam usus, serat bisa berfungsi sebagai sikat yang akan menyingkirkan berbagai pengotor sekaligus pemicu kanker.

Bagi yang sedang berusaha melangsingkan tubuh, serat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan lebih mudah dikendalikan. Serat juga sulit atau kadang bahkan tidak bisa dicerna oleh tubuh sehingga tidak akan membuat gemuk.

Dalam menunjang program diet, kelebihan lain dari rebung adalah kandungan lemak dan gulanya yang rendah. Sebagai gantinya, sayuran ini banyak mengandung protein yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sel-sel di dalam tubuh supaya bisa berfungsi dengan baik.

Gimana sobat banyak sekali bukan manfaat dari bambu, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Diolah dari beberapa sumber: http://www.jatimulyo.com/article/read/3/1001-manfaat-pohon-bambu.html, http://www.landscappist.com/2012/05/daun-bambu-ternyata-berkhasiat.html, http://forumjualbeli.net/showthread.php?t=144216 & buku Rasululloh is My Doctor - Jerry D.Gray

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.



2 comments:

  1. Wah..sangat bermanfaat. tp itu semua jenis bambu atau hanya tertentu? soalnya di Indonesia sendiri ada bermacam-macam jenis bambu.

    ReplyDelete