"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

04 December 2012

OBAT HABBATUSSAUDA

Abu Hurairah pernah mendengar Rasulullah Muhammad SAW bersabda: 
"Pada Habbatussauda ada obat bagi segala jenis penyakit kecuali Al-Sam, yaitu maut" .
 Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari (10:118-119);Muslim(7:25);Ibnu Majah (2:342);
Tirmidzi (2:3 pada edisi BulaQ) ; dan Ahmad (2:241) 
meneruskan riwayat Sufyan bin 'Uyainah dari Al-Zuhri dan Abu Salamah. 


manfaat jintan hitam
Nabi Muhammad saw. telah secara khusus menyebutkan dalam hadits diatas bahwa jintan hitam memiliki kemampuan untuk menyembuhkan semua penyakit, kecuali kematian. Ini semua tentu saja berdasarkan kehendak Allah SWT. Hanya dia yang memiliki kuasa untuk menyembuhkan dan kita tidak boleh lupa bahwa Allah SWT yang merancang dan menciptakan jintan hitam yang disebut dalam hadits diatas.

Habbatussauda banyak dikenal dengan berbagai nama, diantaranya black seed, black caraway, black seed, natura seed, jintan hitam, black cumin, nigella sativa, kaluduru, dll. Digunakan sebagai herbal pengobatan sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi dan tercatat dalam banyak literatur kuno mengenai ahli pengobatan terdahulu seperti Ibnu Sina (980 - 1037 M), dan Al-Biruni (973-1048 M), Al-Antiki, Ibnu Qayyim dan Al-Baghdadi. Ibnu Sina adalah peneliti jenius dari Timur Tengah di bidang pengobatan yang namanya tercatat di semua buku sejarah pengobatan timur maupun barat, hidup antara 980 - 1037 M, telah meneliti berbagai manfaat Habbatussauda untuk kesehatan dan pengobatan. Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat manfaat habbatussauda untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernapasan.


Kaya Gizi

Tahun 1960, Mahfouz dan Badr EI-Dakhakhny, peneliti Mesir, mengisolasi zat aktif nigellone dari minyak atsiri jintan hitam. Peneliti menemukan, dua minyak volatil (cenderung menguap pada suhu dan tekanan normal) dalam jintan hitam adalah nigellone dan thymoquinone.

Nigellone mencegah terjadinya kejang otot dan melebarkan saluran pernapasan, sehingga jintan hitam berkhasiat untuk penyakit pernapasan. Nigellone juga bersifat antihistamin, sehingga membantu mengurangi alergi, sedangkan thymoquinone berkhasiat antiradang dan antinyeri. Senyawa ini efektif untuk menggelontor racun tubuh.

Di tahun yang sama El-Dakhakhny melaporkan bahwa minyak jintan hitam memiliki kemampuan meredakan radang sendi. Penelitian di laboratorium mengungkapkan kandungan minyak nigellone dan thymoquinone dalam jintan hitam bersifat antileukimia. Penelitian lainnya, kedua unsur itu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan efektif untuk mengobati asma dan batuk kering.

Riset di bidang AIDS dilakukan Dr. Haqpada di Departemen Biologi dan Pusat Penelitian Medis di Riyadh, Arab Saudi, tahun 1997. Hasilnya, jintan hitam mampu meningkatkan rasio sel T positif dan negatif menjadi 55 persen dengan 30 persen aktivitas pembunuh sel alamiah.

Sebuah literatur dari University of Potchefstroom (1989), Afrika Selatan, menjelaskan jintan hitam dapat meningkatkan kadar ASI pada ibu menyusui. Hal ini ditunjukkan oleh kombinasi lipid portion dan struktur hormon dalam habbatus sauda. Menurut Yellia Mangan, penulis buku Cara Bijak Menaklukkan Kanker, jintan hitam kaya akan nutrisi yang mendukung kekebalan tubuh, termasuk
interferon yang membantu penyembuhan kanker.

Tanaman bernama lain black seed ini juga kaya asam lemak tak jenuh dan asam lemak esensial (asam linoleik dan linolenik). Asam alfa -linolenik (omega 3) asam linoleik (omega6), merupakan substansi yang tidak dapat dibentuk di dalam tubuh, sehingga tubuh harus mendapat suplemen yang mengandung kedua asam tersebut.

Jintan hitam juga mengandung 15 macam asam amino, protein, karbohidrat, minyak volatil dan crude fiber. Kandungan vitamin dan mineralnya meliputi kalsium, potasium, besi, magnesium, selenium, vitamin A, B1, B2, B6, C, E dan niacin. Black seed juga mengandung arginine, yang penting pada masa pertumbuhan balita.

Yang mana yang lebih efektif, biji jintan hitam atau minyaknya?

Keduanya efektif dalam standar mereka sendiri. Namun, minyak jintan hitam lebih pekat daripada ramuannya sendiri, tetapi banyak orang lebih suka menggunakan herbanya daripada minyaknya. Kita harus lebih hati-hati ketika menggunakan minyak jintan hitam karena kenyataan bahwa banyak produk adalah produk impor dan mungkin dicampur dengan minyak lainnya. Beberapa minyak yang berasal dari timur tengah yang diekstraksi dengan panas dan heksana, produk samping minyak bumi.

Selalu konsumsi produk yang diberi label 100%, cold-pressed, bebas pelarut dan dikemas dan disegel oleh mesin.

Manfaat Mengkonsumsi Jintan Hitam

Manfaat utama Habbatussauda (wikipedia)
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan Virus, Kuman dan Bakteri. Hasil Penelitian Dr. Ahmad Al Qadhy, 1986 dan laporan penelitian lainnya seperti tertera dalam Jurnal Farmasi Pakistan, 1992.
  • Mempertahankan tubuh dari serangan kanker dan HIV. Hasil penelitian Prof. G Reitmuller, Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich dan laporan terpisah dari penelitian tim Dr. Basil Ali, Universitas King Faisal, Arab Saudi, serta laporan penelitian Immono Biology Laboratory, California, AS. Laporan lain menyebutkan bahwa Habbatussauda dapat menghentikan pertumbuhan sel tumor.
  • Meningkatkan fungsi otak. Dengan kandungan asam linoleat (Omega 6) dan asam linolenat (Omega 3), Habbatussauda merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun. Habbatussauda juga memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak dan sangat cocok diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.
  • Menyembuhkan berbagai jenis penyakit pernapasan. Menyembuhkan penyakit asma bronchial, bronchitis, gampang lelah, batuk kronis dan penyakit pernapasan lainnya.
  • Mengatasi gangguan tidur dan stress. Unsur Sapion terdapat pada Habbaussauda mempunyai fungsi seperti kortikosteroid yang dapat memengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta memengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh, dan syaraf. Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur, menghilangkan stress, dan melancarkan air susu ibu (penelitian Potchestroom, 1989.
  • Sebagai Anti Histamin & Anti Alergi. Berdasarkan penelitian Nirmal Chakravaty MD 1993, dan penelitian lain oleh Dr. Med. Peter Schleincher, ahli immonologi dari Universitas Munich.
Berikut adalah beberapa manfaat jintan hitam yang telah dikonfirmasi oleh penelitian ilmiah. Mengingat studi terhadap herbal ini masih terus berlangsung, daftar gangguan dan kondisi lain yang dapat disembuhkan dengan jintan hitam pasti akan bertambah panjang di masa mendatang. Kenyataannya, secara tradisional jintan hitam dipakai juga untuk menyembuhkan gangguan jantung, liver, hipertensi, diabetes, kerontokan rambut, dll. Meskipun secara ilmiah tampaknya belum dibuktikan, bukan berarti khasiat jintan hitam untuk penyakit-penyakit itu diragukan. Ketiadaan bukti ilmiah bukan berarti bahwa sebuah obat tradisional tidak efektif, tapi semata-mata karena dunia ilmu pengetahuan masih belum meneliti rahasia efek terapeutiknya.
  1. Sumber gizi. Habbatussauda mengandung betakaroten (pro-vitamin A), kalsium, zat besi, sodium dan potassium. Meskipun dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit oleh tubuh, unsur-unsur tersebut berfungsi sebagai kofaktor untuk fungsi bermacam enzim. Jintan hitam juga memiliki delapan dari sembilan asam amino esensial. Asam amino esensial tidak dapat disintesis di dalam tubuh kita sehingga perlu diambil dari luar. 
  2. Untuk suplemen gizi, Anda bisa mengonsumsi setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatussauda tiga kali sehari.
  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jintan hitam dapat meningkatkan kekebalan tubuh, terutama pada pasien yang mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian, mengonsumsi kapsul habbatussauda 1 gram, dua kali sehari selama empat pekan dapat meningkatkan rasio antara T-cell positif dan negatif hingga 72%. Peningkatan kekebalan tubuh ini berperan penting dalam penyembuhan pilek, influenza, AIDS, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.
  4. Obat asma dan alergi. Histamin adalah zat yang dilepaskan oleh sistem imun tubuh sebagai reaksi alergi. Crystalline nigellone pada jintan hitam memiliki protein kinase C, zat yang dikenal menghambat pelepasan histamin. Pemberian jintan hitam dapat mengurangi reaksi alergi pada sebagian besar penderita asma bronkhitis dan penyakit alergi lainnya dengan tanpa efek samping.
  5. Untuk pengobatan asma dan alergi, ambillah secangkir air hangat, satu sendok madu dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatussauda. Campurkan dan minum di pagi hari sebelum sarapan dan setelah makan malam. Selama pengobatan, hindari makanan dingin dan pemicu alergi.
  6. Obat kanker. Asam lemak pada jintan hitam dapat menghambat perkembangan kanker. Jintan hitam menstimulasi produktivitas sumsum tulang dan imunitas sel serta produksi interferon, melindungi sel-sel normal melawan virus perusak sel dan melawan sel-sel tumor tanpa merusak sel-sel yang sehat. 
  7. Untuk pengobatan kanker, campurkan satu gelas jus anggur dan setengah sendok teh minyak habbatussauda. Minum tiga kali sehari. Pengobatan mungkin berlangsung selama empat puluh hari. Selain itu, Anda juga dapat menggosokkan minyak habbatussauda pada bagian yang terkena kanker selama dua minggu.
  8. Obat gangguan pencernaan. Jintan hitam efektif melawan bakteri, termasuk bakteri yang dikenal sangat kuat daya tahannya terhadap obat-obatan, seperti bakteri kolera, E. coli, dan Shigella spp. Oleh karena itu, jintan hitam dapat dipakai untuk mengobati gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan sebab lain yang non-spesifik dengan gejala seperti perut mulas, dispepsia, diare dan muntah-muntah. 
  9. Untuk mengobati gangguan pencernaan, ambillah setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatussauda yang dicampur dengan secangkir susu. Minum campuran tersebut dua kali sehari. Alternatif lain, Anda juga dapat mencampur satu sendok bubuk jahe dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatussauda.
  10. Obat peradangan. Thymoquinine pada habbatussauda adalah obat antiradang yang efektif. Anda dapat menggunakan minyak habbatussauda sebagai obat oles pada jerawat yang meradang. Untuk mencegah jerawat dan menghaluskan kulit, ambil satu sendok minyak zaitun dan campur dengan setengah sendok teh minyak habbatusaudda. Gosokkan pada wajah dan basuhlah wajah dengan air sabun setelah satu jam kemudian. 
  11. Untuk pengobatan peradangan di pergelangan kaki dan persendian lainnya, ambil satu sendok cuka, dua sendok madu dan setengah sendok teh minyak habbatussaudda. Gunakan ramuan ini dua kali sehari untuk memijat bagian yang meradang.
  12. Meningkatkan jumlah ASI. Habbatussauda dapat meningkatkan jumlah susu pada ibu menyusui berkat kombinasi unsur lipid dan struktur hormon yang terdapat di dalamnya. Selain itu, jintan hitam juga mengandung arginine yang penting bagi pertumbuhan balita. 
  13. Untuk meningkatkan produksi ASI, ibu menyusui dapat mengambil setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatussauda, tiga kali sehari. Lebih baik lagi bila dicampur dengan madu satu sendok setiap kalinya.
Berikut beberapa resep yang ditawarkan Dian Salma dari klinik Dian Kenanga dan herbalis Yellia Mangan:
  1. Batuk kering
  2. Bahan : Minyak jintan hitam, air kopi.
    Cara : Campur satu sendok teh minyak jintan hitam ke dalam segelas air kopi. Minum 2 kali sehari.
  3. Diabetes
  4. Bahan : 1 mangkuk jintan hitam, 1 mangkuk minyak jintan hitam, 1/2 sendok kulit buah delima.
    Cara : Hancurkan semua bahan hingga menjadi bubuk. Ambil setengah sendok ramuan tersebut lalu campur dengan minyak jintan hitam. Minum sebelum sarapan selama sebulan. 
  5. Flu
  6. Bahan : Minyak jintan hitam
    Cara : Teteskan 3-4 tetes minyak jintan hitam ke dalam lubang hidung untuk mengurangi penyumbatan pada hidung. Efek samping: banyak bersin dan rasa terbakar sedikit ketika minyak menetes kedalam tenggorokan Anda. Minum teh dengan rasa madu untuk menghilangkan rasa panas.
  7. Diare
  8. Bahan : Minyak jintan hitam Cara : Campur 1 sendok makan minyak jintan hitam dengan semangkuk yoghurt. Minum campuran tersebut 2 kali sehari selama tiga hari.
  9. Melancarkan ASI
  10. Bahan : 250 g biji jintan hitam, 250 g madu murni.
    Cara : Campur biji jintan hitam dan mafu, aduk sampai rata. Minum 2 sendok makan bersama 1 sendok teh minyaknya setiap hari.
  11. Rematik
  12. Bahan : Minyak jintan hitam
    Cara : Hangatkan sedikit minyak jintan hitam, gosok secara perlahan di bagian tubuh yang terkena rematik. Untuk mempercepat penyembuhan, minum 1 sendok teh minyak jintan hitam 3 kali sehari.
  13. Alergi
  14. Bahan : Minyak jintan hitam
    Cara : Minum 1 sendok teh minyak jintan hitam 2 kali sehari.
  15. Hipertensi
  16. Bahan : Biji jintan hitam, bawang putih, air panas.
    Cara : Masukkan 1 sendok teh jintan hitam ke dalam air panas dengan 2 ptotong bawang putih. Minum airnya setiap pagi sebelum sarapan..
  17. Sakit gigi
  18. Bahan : Cuka apel, jintan hitam
    Cara : Didihkan 8 ons cuka apel dan 2 sendok teh biji jintan hitam. Ramuan tersebut dipakai untuk kumur-kumur sampai sakitnya hilang.
  19. Asma
  20. Bahan : Minyak jintan hitam
    Cara : Oleskan minyak jintan hitam di dada dan punggung. Atau campurkan 1 sendok teh minyak jintan hitam ke dalam air mendidih dan hirup uapnya dua kali sehari.
  21. Kanker
  22. Bahan : 2-3 g biji jintan hitam, masing-masing 10 g daun sambiloto, temulawak, kunyit, temu putih, temu mangga, ciplukan dan meniran.
    Cara : Cuci bersih temulawak, kunyit, temu putih, temu mangga, lalu parut. Hasil parutan tadi dicampur dengan ciplukan, meniran, daun sambiloto. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas. Hancurkan biji jintan hitam hingga halus. Selanjutnya campurkan bubuk biji jintan hitam ke dalam ramuan. Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.
Ramuan oleh Jerry D. Gray;
  1. Sakit telinga. Campur dengan  ukuran yang sama minyak jintan hitam dengan minyak zaitun dan kemudian teteskan dua atau tiga tetes kedalam telinga. 
  2. Penyakit Mata - Infeksi -Katarak. Gunakan OTEM yaitu campuran dari minyak Jintan Hitam dan madu murni. (dapat dibeli dimanapun produk herbal dijual). Teteskan satu tetes kecil OTEM pada mata Anda setiap malam sebelum tidur.
  3. Catatan : Akan terasa sengatan selama sekitar 3 menit. Penglihatan anda akan kabur juga selama sekitar 3 menit dan kemudian perlahan kembali normal. Mata anda mungkin juga akan gatal pada awalnya. Ini normal seperti pasir dan kotoran akan dihapus dari mata anda. Anda akan melihat bahwa OTEM adalah warna gelap tetapi karena keluar dari mata anda tampak seperti susu. Ini adalah lemak, dan kotoran keluar. Semua normal dan aman.
  4. Sakit Kepada & Migrain. Gosokkan dahi, sisi wajah dekat dan dibelakang telinga, serta bagian belakang leher Anda dengan Minyak jintan hitam.
  5. Nyeri Otot. Pijat daerah yang terkena nyeri otot dengan minyak jintan hitam. 
  6. Sinusitis. Teteskan beberapa tetes minyak jintan hitam di setiap lubang hidung dan hirup yang dalam. Hal ini sangat baik untuk memberi bantuan segera pada hidung sehingga memungkinkan Anda untuk dapat bernapas dengan lebih mudah. Ulangi seperlunya. Dalam kasus akut, tiga kali sehari. Cara yang lain yaitu hirup uap dari minyak jintan hitam (1 sendok makan) dicampur dengan air mendidih ke dalam hidung dan juga paru-paru. Siapkan tisu yang banyak; keluarkan sebanyak mungkin lendir. Tutup mata selama proses ini untuk mencegah iritasi pada mata karena uap. Biasanya dua kali sehari sudah cukup. Disarankan pagi dan setengah jam sebelum tidur agar Anda dapat bernapas dengan mudah saat tidur.
  7. Kesulitan Tidur. Konsumsi satu sendok makan minyak jintan hitam dicampur dengan madu dalam minuman panas pada saat malam hari.
  8. Sakit gigi & Gusi Luka/Bengkak. Oles atau kumur atau bubuhkan minyak jintan hitam pada wilayah yang sakit. (Terutama sebelum tidur.) Biasanya saya akan bangun dan rasa sakit secara signifikan akan berkurang atau hilang sama sekali.
  9. Borok. Begitu bangun pagi hari sebelum makan atau bahkan minum air, minum satu sendok makan madu dengan satu sendk teh bubuk kayu manis (rasanya menyenangkan) dan tunggu setidaknya 10 menit sebelum makan atau minum. Setelah dua atau tiga bulan borok Anda Insya Allah akan dihapus semua sampai akar-akarnya.
Klik -->Baca juga manfaat dan khasiat fenugreek
Bagaimana Sobat,ternyata banyak sekali manfaat jintan hitam bukan? Semoga bermanfaat buat kita semua. Aamiin. Saran dari Jerry D. Gray jika kita membuat sup tambahkan beberapa biji jintan hitam kedalam sup. Tapi kita harus hati-hati untuk tidak menambahkan terlalu banyak karena jintan hitam memiliki rasa pahit. Pikirkan semua keuntungan nutrisi yang akan kita & keluarga dapatkan dari jintan hitam yang kita tambahkan pada masakan kita.

Diolah dari beberapa sumber: http://majalahkesehatan.com/7-manfaat-habbatussauda-jintan-hitam/, http://www.wonosari.com/t3557-khasiat-jinten-hitam-temu-ireng, http://id.wikipedia.org/wiki/Jintan_hitam, & buku Rasulullah is My Doctor - Jerry D. Gray

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.


1 comment: