"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

14 January 2013

Biar Tua Asal Sehat

Usia tua tetap sehat tentu keinginan kita semua artikel ini sangat bagus karena berisi pengalaman hidup sehat seorang pensuinan BRI yang tidak menduga saya temukan di dalam majalah pensiunan pegawai BRI milik paman saya, meskipun penulis ini bukan seorang dokter tapi dia telah berhasil. Semoga bermanfaat buat kita & orang tua kita.

tua asal sehat
Oleh : Soesilo Oetomo *)

Pendapat yang ditulis ini bermula dari pengalaman penulis mengendalikan kadar kolesterol yang kelewat tinggi. Kadar kolesterol tinggi yang ada di badan kita mungkin disebabkan oleh pembawaan (turunan), pola makan dan cara menjaga kesehatan Kolesterol tinggi memang dapat diturunkan dengan obat obat dari dokter tetapi kalau minumnya obat diberhentikan kolesterol tersebut dapat naik kembali.


Berkenaan dengan itu dengan mencoba mempelajari dari bermacam buku dan pengalaman bertahun tahun penulis coba menyarankan suatu sikap hidup menjaga kesehatan terutama yang sudah menginjak masa masa pensiun. Akan tetapi akan lebih baik kalau dilakukan pada usia lebih dini.

Kita   semua   menyadari bahwa menjaga kesehatan ada tiga unsur yang harus dijaga yakni menjaga ketenangan pikiran, olah raga dan pola makan. Pada kesempatan ini yang akan disampaikan hanyalah pola makan Apa yang sebaiknya kita makan dan minum agar badan kita  terjaga   sehat  tanpa diet ketat, atau masih bisa menikmati makanan yang kita sukai. Menurut pengalaman     penulis, jadwal makanan sehari hari yang sebaiknya dikonsumsi selain makan biasa tiga kali sehari adalah sebagai berikut:
  1. Air putih
  2. Kopi
  3. Susu kedelai
  4. Tiga macam jus (blender) buah
    • a. Sehabis makan pagi jus buah: tomat
      b. Sehabis makan siang jus nanas atau jus jeruk atau pepaya
      c. Sehabis makan malam jus apel dicampur dengan wortel
  5. Madu
Buah-buahan tersebut diatas dipilih bukanlah karena mempunyai efek kesehatan terbaik, karena masih   banyak   jenis buah yang lebih baik mutunya ditinjau dari kandungan hara yang dikandungnya. Tetapi mengapa diusulkan buah buah tersebut diatas karena tiga hal yakni: kandungan hara yang dikandungnya baik, harganya terjangkau, dan mudah mendapatkannya. Contoh buah kiwi jauh lebih baik dari buah yang disebut diatas, tetapi harganya bisa 4 atau 5 kali lipat. Buat kantong pensiunan rasanya cukup berat. Karena kalau ingin kesehatan terjaga pola makan tambahan tersebut diatas harus dilakukan setiap hari diulangi setiap hari Kalau tidak dilakukan setiap hari kurang berhasil guna buat kesehatan. Sebisa mungkin dengan semangat yang tinggi untuk menjaga kesehatannya.

Marilah kita bahas manfaat dari makanan tersebut diatas:
  1. Air putih.
  2. Berat badan kita 60% terdiri dari air, bermacam fungsi pentingdilakukan oleh air, misalnya pencernaan, absorsi dan pengangkut bahan makanan, membuang sisa sisa yang tidak diperlukan oleh tubuh, mengatur panas badan dsb.nya. Jadi air sangat perlu dan biasakan minum air putih yang bersih. Untuk pencernaan, setelah bangun tidur minumlah air putih paling tidak segelas penuh sebelum makan dan minum yang lainnya. Selanjutnya kalau kepingin minum minumlah air putih.

  3. Kopi
  4. Kopi mempunyai sifat baik dan buruk. Baik misalnya buat orang yang sudah berumur dapat menambah semangat dan memperbaiki daya fikir dan untuk wanita dapat memperbaiki performance dan mental. Tetapi buruknya banyak yakni antara lain tidak baik untuk hati, problem kolesterol. Karena akhirnya para ahli berpendapat minumlah kopi tapi dalam jumlah yang terbatas. Yakni minumlah kopi setiap hari tetapi jangan lebih dari 2 cangkir kopi. Artinya kopi kalau hanya diminum 2 cangkir akan banyak manfaatnya tetapi kalau sudah lebih dari 2 cangkir adalah racun. Jadi   sarannya   minumlah kopi tetapi tidak boleh lebih dari 2 cangkir sehari dan jangan diminum sebelum tidur.

  5. Susu kedelai
  6. Manfaat kedelai antara lain mencegah penyakit hati, kanker dan terutama peyakit pengeroposan tulang. Selain itu kedelai mengandung protein nabati yang bermutu dan juga zat besi, vitamin B, dan beberapa ftiineral. Dikombinasikan   dengan banyak makan buah yang mengandung vitamin C akan menambah tenaga penyerapan zat besi.

    Susu kedelai yang dapat dibeli di Apotik adalah yang termudah untuk dikonsumsi tetapi harganya mahal jadi kurang cocok untuk pensiunan. Penulis  membuat  sendiri susu kedelai dengari sederhana, yaitu kedelai diungkep (direbus tetapi tidak dimasukkan dalam air hanya diasapi panas seperti membuat nasi) kemudian kalau sudah empuk diblender dengan air lalu diminum. Susu kedelai dapat diganti dengan makan tempe, membiasakan kalau sore minum teh dengan tempe goreng.

  7. Jus buah
    • Semua mengandung vitamin C demikian pula tomat, disamping vitamin C juga mengandung anti oxidant. Tomat juga mengandung lycopen yang terdapat pada kulit tomat, berguna untuk mengurangi efek negative dari kolesterol dan juga mengandung chologonic acid yang dapat menjaga dari serangan kanker terutama kanker prostat. Makan satu jus tomat ukuran sedang setiap hari akan menjaga kebugaran kita. Waktu membuat jus/blender tomat ikutkan kulitnya
    • Pepaya mengandung banyak vitamin C dan vitamin A.
    • Nanas disamping mengandung vitamin C tinggi, anti oxidant, juga  mengandung bromelain yang bermanfaat untuk mencegah  heart attack juga stroke. Untuk dibuat jus bijinya yang hitam hitam jangan dibuang karena itu bisa membantu membersihkan usus. Ibu ibu dianjurkan untuk memilih jeruk atau pepaya,
    • Jeruk adalah sumber utama vitamin C. Disamping itu juga membantu melonggarkan tengorokan. Jeruk yang murah dan baik ialah jeruk Baby Sweet Pacitan.
    • An apple a doy keeps the doctor away (satu apel sehari kita tidak memerlukan dokter). Peribahasa ini menunjukkan bagaimana kegunaan apel untuk kesehatan. Selain kandungan yang tinggi akan vitamin C apel mempunyai daya menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh kita. Apel dengan kulitnya dapat mengurangi pengaruh kanker, maka waktu membuat jus/blunder ikutkan kulitnya jadi jangan dikupas. Kalau bisa pilihlah apel Malang.
    • Wortel adalah sumber vitamin A baik untuk mata. Disamping itu wortel mempunyai daya menurunkan cholesterol darah, dan melindungi terhadap kanker.

  8. Madu
  9. adalah penyedia tenaga yang cepat. Disamping itu madu juga dapat bertindak sebagai anti oksidan. Sebagai saran sebaiknya dapatkan madu yang benar benar asli. Menurut pengalaman madu Pramuka antara lain yang dapat dikategorikan madu asli.
Kalau sudah mengkonsumsi makanan tersebut diatas setiap hari tidak lagi diperlukan diet. Makan apa saja dapat dilakukan, asal tahu diri. Misalnya makan sate kambing ya dilakukan satu bulan sekali.

Disamping manfaat dari zat zat yang dikandungnya, minum jus/blunder buah dapat mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi dengan tidak merasa lapar, untuk mencegah    kegemukan. Kalau biasanya makan 2 piring nasi baru kenyang, jadikan hanya makan 1 piring nasi, tidak merasa kenyang memang,   minumlah  jus buah tersebut diatas satu gelas penuh, perut akan merasa kenyang dan kenyangnya enak.

Dan untuk menjaga kesehatan, diperlukan berhenti merokok, karena sudah banyak terbukti merokok itu sumber penyakit.

Demikianlah pengalaman kami dalam menjaga kesehatan, sudah 10 tahun hal ini dilakukan dan hasilnya sangat efektif. Insya Allah kolesterol terkendali. Gula darah normal, tekanan darah baik dan badan merasa bugar.

Selamat mencoba.

*) Penulis Pensiunan BRI tinggal di
Bogor

INFO f LVIII I November 2012 I 27

No comments:

Post a Comment