"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

29 January 2013

Manfaat dan Khasiat Tanaman Binahong

manfaat binahong
Menurut Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri, tanaman binahong (Anredera Cordifolia) adalah tanaman obat potensial yang dapat mengatasi berbagai jenis penyakit. Tanaman ini berasal dari Cina dengan nama asalnya adalah Dheng Shan Chi. Di Indonesia tanaman ini belum banyak dikenal, sedangkan di Vietnam tanaman ini merupakan suatu makanan wajib bagi masyarakat di sana. Binahong tumbuh menjalar dan panjangnya dapat mencapai 5 meter, berbatang lunak berbentuk silindris dan pada sela-sela daun dan tangkai terdapat seperti umbi yang bertekstur kasar. Daunnya tunggal dan mempunyai tangkai pendek, bersusun berselang-seling dan berbentuk jantung. Panjang daun antara 5 - 10 cm dan mempunyai lebar antara 3 - 7 cm. Seluruh bagian tanaman binahong dapat dimanfaatkan, mulai dari akar, batang, daun, umbi dan bunganya. Tanaman binahong ini termasuk dalam famili Basellaceae yang merupakan salah satu tanaman obat, karena dari tanaman ini masih banyak yang perlu digali sebagai bahan fitofarmaka. Tanaman ini sebenarnya berasal dari Cina dan menyebar ke Asia Tenggara. Di negara Eropa maupun Amerika, tanaman ini cukup dikenal, tetapi para ahli di sana belum tertarik untuk meneliti serius dan mendalam, padahal beragam khasiat sebagai obat telah diakui.


Di Indonesia tanaman ini sering digunakan sebagai hiasan gapura yang melingkar di atas jalan taman. Namun tanaman ini belum banyak dikenal dalam masyarakat Indonesia. Menurut Yusup Yudi Prayudi dalam artikel Warta Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat menyatakan bahwa berbagai pengalaman yang ditemui di masyarakat, binahong dapat dimanfaatkan untuk membantu proses penyembuhan penyakit-penyakit berat seperti stroke, asam urat, dan diabetes.

Bentuk dan ciri-ciri tanaman binahong, binahong (Anredera cordifolia) adalah tanaman yang berupa tumbuhan menjalar, panjangnya bisa mencapai lebih dari 10 m. Akar berbentuk rimpang, berdaging lunak. Batang lunak, silindris, saling membelit, berwarna kemerahan, bagian dalam solid, permukaan halus, jika tanaman sudah tua batangnya berubah berwarna putih kusam dan agak mengeras. Panjang batang dan cabang bisa mencapai 20-30 m dan diameter pangkal batang mencapai 3,5 cm pada tanaman umur 3 tahun, membentuk semacam umbi atau rimpang yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar. Daun keluar dari setiap buku pada batang, berdaun tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang daun antara 5-13 cm, lebar antara 3-10 cm, tebal daun 0,1 - 0,2 mm dan panjang tangkai daun antara 1-3 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan agak licin, bisa dimakan.

Daun Binahong mempunyai kadar air tinggi. Bunga keluar dari ketiak daun pada tiap ranting, setiap tangkai bunga akan keluar antara 40-60 kuntum bunga berwarna putih dengan ukuran bunga kecil, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, bunga majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, panjang helai mahkota 0,5 - 1 cm, berbau harum. Bunga akan muncul pada tanaman yang sudah berumur sekitar 2,5-3 tahun. Umbi keluar dari setiap ketiak daun pada awalnya berbentuk bulat agak kasar dan keluar seperti bulu yang panjangnya sekitar 1-3 mm. Umbi akan muncul pada tanaman yang berumur sekitar 2 bulan lebih. Kulit umbi berwarna hijau kecoklatan dan daging umbi berwarna putih, panjang umbi antara 5-17 cm dan berdiameter antara 1-4 cm. Perbanyakan Generatif (biji), namun lebih sering berkembang atau dikembangbiakan secara vegetatif melalui akar rimpangnya.

Tanaman binahong (Anredera cordifolia) berkembangbiak dengan cara generatif (biji), namun lebih sering berkembang atau dikembangbiakan secara vegetatif melalui rimpangnya. Tumbuhan ini mudah tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Banyak ditanam di dalam pot sebagai tanaman hias dan obat.



Khasiat Tanaman Binahong
Manfaat tanaman ini sangat besar dalam dunia pengobatan, Dalam pengobatan, bagian tanaman yang digunakan dapat berasal dari batang, daun, dan umbi yang menempel pada ketiak daun. Tanaman ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan tinggi dan antivirus. Tanaman ini masih diteliti meski dalam lingkup terbatas. Seorang spesialis gizi Bambang Wirjatmadi, menyatakan bahwa ada literatur yang menunjukkan bahwa tikus yang disuntik ekstrak binahong mempunyai tingkat daya tahan tubuh yang bagus. Ini dapat ditunjukkan dengan adanya agresivitas tikus yang energik serta tidak mudah sakit jika dibandingkan dengan tikus yang tidak disuntik.

Menurut Yusup Yudi Prayudi yang dijelaskan dalam Warta Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (2009 : 6) bahwa seluruh bagian tanaman Binahong mulai dari akar, umbi, batang, daun dan bunga sangat mujarab untuk obat dalam penyembuhan (terapi herbal).

Khasiat utama tanaman Binahong yaitu sebagai berikut :
  1. Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, setelah melahirkan, khitan, bermacam luka dalam, luka luar dan radang usus.
  2. Melancarkan, menormalkan peredaran dan tekanan darah.
  3. Mencegah stroke, maag dan asam urat.
  4. Menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh.
  5. Wasir (ambeien).
  6. Melancarkan buang air kecil dan buang air besar.
  7. Diabetes.
Khasiat tambahan dari tanaman Binahong yaitu :
  1. Sariawan berat.
  2. Pusing.
  3. Sakit perut.
Menurut Candra Wijaya khasiat utama dari tanaman Binahong yaitu :
  1. Menyembuhkan luka dalam dan luka luar seperti baru operasi,typhus, radang usus, maag dan wasir ( ambeien).
  2. Pembengkakan dan pembekuan darah.
  3. Memulihkan kondisi lemah setelah sakit.
  4. Rhematik, luka memar (akibat benturan, terpukul atau terkilir).
  5. Mencegah stroke.
Cara Penggunaan Tanaman Binahong
Cara penggunaan tanaman Binahong yaitu sebagai berikut :
  1. Menurut Bambang Wirjatmadi, spesialis gizi :
  2. Binahong sangat baik untuk penambah stamina serta mencegah stroke dan asam urat. Daun dan batangnya dapat juga ditumbuk halus, kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini dapat menyembuhkan memar karena terpukul, kena api, pegal linu, nyeri urat, dan menghaluskan kulit. Untuk pemakaian dalam, ambil umbi binahong secukupnya. Cuci bersih, lalu direbus. Saring airnya dan minum 2-3 kali per hari untuk menyembuhkan luka bekas operasi, mag, dan tifus.
  3. Menurut Yellia Mangan dalam bukunya yang berjudul Solusi Sehat Mencegah dan Mengatasi Kanker (2009) :
  4. Untuk mengobati penyakit kanker yaitu dengan cara sediakan 30 gr daun binahong kering dan 1 liter air kemudian rebus daun binahong tersebut dengan 1 liter air hingga tersisa 600 ml air. Air tersebut diminum 3 kali sehari, masing-masing takaran sebanyak 200 ml.
  5. Menurut Feri Manoi yang dikutip dari Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri (2009) :
    Cara paling mudah penggunaan binahong adalah dengan merebusnya atau sebagai campuran pada makanan seperti mie atau dimakan langsung sebagai lalapan. Dari bahan segar dapat digunakan umbi yang baru diambil. Pemakaian secara oral dapat diramu sebagai berikut : umbi binahong sebanyak tiga potong, dengan ukuran kurang lebih 2 – 3 cm, dicuci bersih dengan air, kemudian direbus dengan 5 gelas, setelah dingin disaring dan hasilnya diminum 2 - 3 kali sehari. Cara ini untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, typus, disentri, mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang, untuk vitalitas tubuh ditambah telur dan madu.

  6. Untuk pemakaian luar, daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit, memar karena terpukul, kena api, rheumatik, pegal linu, nyeri urat, dan menghaluskan kulit. Daun binahong dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus kemudian dioleskan atau dibalur pada seluruh tubuh bayi, akan menurunkan panas tinggi. Lebih baik lagi apabila ibunya meminum jus daun binahong, ini akan lebih cepat untuk penyembuhan bayi. 
Kandungan dan Efek Farmakologis Binahong
Menurut Yellia Mangan dalam bukunya yang berjudulSolusi Sehat Mencegah dan Mengatasi Kanker (2009 : 56),  Kandungan tanaman binahong masih belum banyak diketahui. Namun berdasarkan manfaat dan efek farmakologisnya jika dikonsumsi, binahong diduga memiliki kandungan antioksidan dan antivirus yang cukup tinggi. Setiap tanaman akan memproduksi bermacam-macam senyawa kimia untuk tujuan tertentu. Senyawa kimia ini lebih banyak fungsinya untuk bersaing dengan mahluk hidup lainnya. Senyawa ini disebut dengan metabolit sekunder. Untuk mengungkapkan ada apa dibalik khasiat tanaman binahong maka perlu dilakukan penelitian lebih jauh mengenai kandungan senyawa aktif. Dari hasil penelitian pendahuluan Universitas Gadjah Mada, dinyatakan bahwa pada kultur in vitro daun binahong terkandung senyawa aktif flavonoid, alkaloid, terpenoid dan saponin.

Kandungan kimia, Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri, kemampuan binahong untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit ini berkaitan erat dengan senyawa aktif yang terkandung di dalamnya seperti flavonoid. Flavonoid dapat berperan langsung sebagai antibiotik dengan menggangu fungsi dari mikroorganisme seperti bakteri dan virus. Alkaloid adalah bahan organik yang mengandung nitrogen sebagai bagian dari sistem heterosiklik. Alkaloid memiliki aktivitas hipoglikemik. Senyawa terpenoid adalah senyawa hidrokarbon isometric membantu tubuh dalam proses sintesa organik dan pemulihan sel-sel tubuh. Sedangkan saponin dapat menurunkan kolesterol, mempunyai sifat sebagai antioksidan, antivirus dan anti karsinogenik dan manipulator fermentasi rumen.

Berdasarkan penelitian, binahong sangat baik untuk revitalisasi kulit, memberi stamina ekstra, melancarkan peredaran darah, mencegah stroke, dan asam urat. Selain itu, mengkonsumsi binahong mampu meningkatkan vitalitas pria, mengatasi pembengkakan dan pembekuan darah, memulihkan kondisi lemah, dan menyembuhkan luka.

Dalam sumber lain saya menemukan beberapa resep herbal menggunakan tanaman binahong, sebagai berikut :
  • Umbi dicampur bahan lain dengan cara direbus bersama daun sirih, temulawak dengan perbandingan ganjil: 7, 9, 13 untuk penyembuhan pembengkakan jantung, pembengkakan lever, kencing manis, kerusakan ginjal dan radang usus besar.
  • Kategori penyakit berat
    • Batuk / muntah darah : 10 lembar daun ini diminum setiap hari
    • Paru-paru bolong: 10 lembar setiap hari
    • Kencing manis: 11 lembar setiap hari
    • Borok akut yang menahun: 12 lembar setiap hari
    • Patah tulang: 10-20 lembar setiap hari
    • Darah rendah: 8 lembar setiap hari
    • Radang ginjal: 7 lembar setiap hari
    • Segala macam gatal-gatal atau eksim kulit: 9 lembar setiap hari
    • Gegar otak ringan atau berat: 10-15 lembar setiap hari
    • Gejala liver: 10 lembar setiap hari

    Untuk kategori penyakit berat tersebut dibutuhkan waktu penyembuhan 1 hingga 6 bulan. diusahakan agak bersabar minumobat ini tiap hari. 
  • Kategori penyakitringan
    • Disentri atau buang air besar: 10 lembar daun ini diminum setiap hari
    • Ambein hingga berdarah: 16 lembar setiap hari
    • Hidung mimisan (berdarah): 4 lembar setiap hari
    • Habis bedah operasi: 20 lembar setiap hari
    • Luka bakar: 10 lembar setiap hari
    • Luka akibat kecelakaan / benda tajam: 10 lembar setiap hari
    • Jerawat: 8 lembar setiap hari
    • Usus bengkak: 3 lembar setiap hari
    • Gusi berdarah: 4 lembar setiap hari
    • Kurangnafsu makan: 5 lembar setiap hari
    • Melancarkanhaid: 3 lembar setiap hari (diminum selama masa haid)
    • Habisbersalin (melahirkan): 7 lembar diminum tiap hari selama 10 hari
    • Menjagastamina tubuh agar tetap sehat: 1 lembar setiap hari selamanya
    • Penghangatbadan: 5 lembar setiap hari
    • Lemahsyahwat: 3 lembar setiap hari atau 10 lembar setiap minum dicampurmadu.

    Untuk kategori penyakit ringan tersebut dibutuhkan pengobatan beberapa hari atau minggu.
Catatan khusus untuk anak-anak cukup berikan takaran separuh dewasa.berikut contoh ramuan yang dapat dilakukan sendiri :
  1. Cara paling mudah memanfaatkan binahong adalah dengan merebusnya atau sebagaicampuran saat memasak mi instan dan dimakan langsung sebagai lalapan. Tentusaja, terlebih dulu binahong dicuci bersih di air yang mengalir.
  2. Daun, akar, dan batangnya digunakan sebagai obat. Dapat memulihkan stamina yangloyo, meningkatkan vitalitas pria, menyembuhkan luka luar dan dalam. Pemakaiandalam: umbi binahong dicuci bersih, direbus, saring airnya. Minum 2-3 kalisehari untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, tifus. Bisa juga akardikeringkan, ditumbuk halus, masukkan ke dalam kapsul, lalu diminum 3 kalisehari.
  3. Pemakaian luar: daun dan batang ditumbuk halus lalu dioleskan pada bagian yangsakit. Efektif menyembuhkan memar, rematik, pegal linu, nyeri urat, danmenghaluskan kulit.
  4. Agar bekas operasi caesar cepat kering, ambil akar binahong yang batangnyamerah sebanyak 15 gram. Setelah dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air hinggatersisa setengahnya. Saring dan minum selagi hangat. Anda bisa menambahkansedikit sereh atau gula batu bila suka.
Klik --> Artikel resep tanaman binahong

Bagaimana sobat ternyata tanaman binahong yang banyak kita jumpai disekitar kita banyak sekali manfaatnya, semoga bermanfaat. Diolah dari beberapa sumber:http://www.binahong.web.id/, http://tipspetani.blogspot.com/2012/09/mengenal-khasiat-tanaman-binahong.html, & http://toko-ikhtiyar.com/produk-417-mengenal-tanaman-binahong--manfaatnya.html

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

4 comments:

  1. lengkap banget artikelnya. mantap!!!. binahong bagus sekali khasiatnya, bagi yang memerlukan kapsul binahong kami siap membantu…Thanks…abadiherbal.com

    ReplyDelete
  2. takaran daun binahong buat hipertensi nggak ada. ntar ditambahin yah infonya. soalnya mama lagi butuh trus takutnya salah takar lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batuk/muntah darah : 10 lembar daun diminum setiap hari

      Paru-paru/bolong : 10 lembar daun diminum setiap hari

      Kencing manis : 11 lembar daun diminum setiap hari

      Sesak nafas : 7 lembar daun diminum setiap hari

      Borok akut(menahun) : 12 lembar daun diminum setiap hari

      Patah tulang : 10-20 lb daun diminum setiap hari

      Darah rendah : 8 lembar daun diminum setiap hari

      Radang ginjal : 7 lembar daun diminum setiap hari

      Gatal-gatal /eksim kulit : 10-15 lb daun diminum setiap hari

      Gegar otak ringan/berat : 10 lembar daun diminum setiap hari

      Delete
  3. Mohon dalam memberikan informasi yang bermanfaat, jangan
    menggunakan nama anonim agar pembaca percaya.

    ReplyDelete