"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

17 January 2013

MANFAAT SELASIH

manfaat selasih
Selasih yang dari bahasa latinnya adalah Ocinum basilicum Linn dan dalam bahasa arabnya adalah RAIHAN dapat membangun keseimbangan, warnanya hitam berselimut selaput bening dengan ukuran sangat mungil. Selain digunakan sebagai minuman yang menyejukkan, selasih juga dapat digunakan dalam pengobatan tradisional.

Manfaat biji selasih :

Kegunaan tanaman selasih tak sedikit sehingga tanaman ini seringkali disebut tanaman serbaguna. Kandungan yang ada dalam tanaman selasih berefek pada penurunan stres. Unsur fitokimia yang dipunyai selasih sangat banyak. Di seluruh tanaman mengandung minyak menguap yang terdiri dari ocimene, alpa-pipene, cineole, eucalyptole, linalool, geraniol, methylchavicol, eugenole, dan lainnya. Sedangkan bijinya mengandung planteose, asam lemak yaitu asam palmitat, oleat, stearat, dan linoleat.


Ahli tanaman obat dari Malang, Ir. Wahyu Suprapto, “selasih mengandung minyak atsiri atau dikenal juga dengan nama basil oil, sehingga tidak boleh digunakan oleh penderita rematik, karena bisa menimbulkan nyeri. Yang menonjol, katanya, adalah kandungan zat basilicin yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan vitamin C. Vitamin ini penting dalam setiap kegiatan yang dilakukan tubuh manusia”.

Minyak atsiri yang dihasilkan dari selasih bisa digunakan sebagai bahan alami pembuatan parfum, shampo, dan aroma terapi. Selain itu di berbagai negara termasuk Indonesia, selasih memiliki manfaat tradisional mengobati berbagai macam penyakit.

Selasih dapat sebagai penurun gula darah. Ada berbagai macam penyakit lain yang sanggup dihadapi selasih. Seluruh khasiat pada tananaman ini bisa merangsang penyerapan (absorpsi), peluruh keringat (diaporetik), peluruh kencing (diuretik), menghilangkan sakit (analgesik), melancarkan peredaran darah dan membersihkan racun.

Kemampuan lainnya yakni membunuh kuman (antiseptik), peluruh angin (carminativa), mematangkan bisul (maturativa), radang lambung, pencahar, TBC, dan menghentikan kegugupan.

Teh daun selasih biasa diminum untuk menyembuhkan segala jenis batuk, demam malaria, gangguan pencernaan, sembelit, panas dalam, tak enak badan, dan penambah nafsu makan. Baik pula untuk gangguan pernapasan, mual, nyeri haid, pengobatan pascapersalinan, pembersih dan penguat jantung. Bijinya bermanfaat juga untuk pelembut kulit.

Sebagai anti radang selasih memiliki efektivitas sama seperti aspirin dan ibuprofen. Yang lebih menguntungkan, tidak seperti obat-obat tersebut, selasih tidak mengiritasi perut. Itu karena pada tanaman ini terdapat unsur yang mencegah perlukaan dalam tubuh yang disebabkan obat-obatan.

Ekstrak daun selasih berefek antialergi dan antibakteri. Sebagai antibakteri, ia aktif melawan staphlococcus aureus dan mycoplasma tuberculosis, serta jamur. Untuk pemakaian luar, selasih efektif sebagai penyembuh luka, kelainan kulit, juga merupakan obat antinyamuk yang ampuh.

Tanaman ini juga bisa untuk mencegah kanker dan mengurangi kolesterol. Pada Diabetes Mellitus, terutama yang non-insulin dependent (NID DM), selasih dapat menurunkan kadar gula darah serta melindungi sel dalam pankreas yang memproduksi insulin, dari kerusakan.

Penelitian secara acak pada tahun 1996 menunjukkan adanya penurunan kadar gula darah puasa dan setelah makan yang bermakna, pada pasien NID-DM. Menurut riset yang dilakukan pada tikus, kandungan ethanol dalam selasih berkhasiat menurunkan kadar gula darah. Temuan lain yang mengagumkan, ternyata selasih mampu melindungi jaringan dalam tubuh dari kerusakan akibat radiasi.
Di Indonesia sebenarnya selasih juga sudah lama digunakan dan diolah menjadi bahan untuk resep kesehatan. Ahli pengobatan tradisional dan akupunktur, Prof. Hembing, mengatakan selasih mempunyai banyak khasiat untuk mengatasi dan menjaga kesehatan tubuh kita, diantaranya :
  1. Sakit Kepala
  2. Untuk mengatasi sakit kepala Anda bisa menggunakan biji selasih, caranya sangat mudah
    - Ambil 5 gram biji selasih, 15 gram jahe, 15 buah angco (buang bijinya)
    - Semua bahan di rebus kedalam air 400cc hingga tersisa 200cc
    - Saring kemudian minum airnya
    - Biji selasih dan buah angco dimakan
  3. Bila sering gugup
  4. - Kalau Anda sering gugup coba gunakan 5 gram biji selasih yang diseduh dengan 200cc air panas.
    - Setelah agak dingin minum rebusan air tersebut setiap hari, 2 sendok teh sekali minum
  5. Mengobati TBC
  6. - Ambil 60 gram seluruh bagian tumbuhan selasih segar dicuci bersih kemudian direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc
    - Tambahkan gula merah atau madu secukupnya dan minum airnya selama 3 kali sehari, sekali minum 100 cc.
  7. Sakit gigi
  8. Untuk mengatasi sakit gigi anda cobalah ambil biji selasih sebanyak 10 gram, rebus bersamaan 4 butir cengkeh dengan air secukupnya, kemudian minum rebusan tersebut.  
  9. Resep ramuan untuk melezatkan senggama ini patut anda coba karena khasiatnya yang cukup menakjubkan. Sediakan kira-kira segenggam daun selasih hijau. Cuci bersih, lalu tumbuklah hingga halus. Nah, cara memakainya yaitu dengan membalurkan hasil tumbukan daun selasih tersebut kepada penis 2 jam sebelum senggama. Biarkan 15 menit. lalu cuci. Bahkan diyakini, penis yang telah dibaluri akan menjadi kencang, kuat dan mantap sebab sirkulasi darah menuju alat vital terpacu.. Dengan begitu, selain lezat hubungan seks atau senggama anda menjadi bertahan lama dengan sejuta rasa. Cobalah!

Sebagai tambahan, mungkin Anda para ibu pernah mengalami anaknya terserang sakit demam dan panas? Di daerah saya biji selasih biasa digunakan para ibu untuk mengobati demam dan panas anaknya. Caranya cukup mudah, ambil biji selasih dan seduh dengan air panas dan tambahkan sedikit gula batu sebagai pemanisnya. Minumkan pada anak Anda secara teratur.

Dalam sumber yang lain Selasih dapat mengobati Stres dan Gangguan Pernapasan. Meskipun belum ada studi klinis mengenai efek psikologis selasih pada manusia, namun sudah banyak yang membuktikan khasiatnya sebagai pereda stres. Sebuah laporan mengumumkan hasil penelitian yang menunjukkan khasiat tanaman yang mirip kemangi ini sebagai penurun hormon stres. Juga tercatat adanya kesembuhan stres secara cepat. Penelitian pada binatang yang menguatkan bahwa selasih memiliki efek yang sama dengan obat-obatan stimulan dan antidepresi.

Di Cincinnati, AS, tercatat banyak pasien stres yang  mengalami kesembuhan setelah mengkonsumsi selasih. Seorang konselor klinis, Dr. Barbara Hensley, membenarkan efek herbal ini pada sejumlah pasiennya. Sebelumnya mereka telah mencoba herbal lain dan tidak berefek apa-apa.

Kecemasan dan depresi berat yang dialami salah seorang pasien Dr. Hensley jauh berkurang setelah beberapa hari mengkonsumsi selasih. "Sekitar 6-8 bulan kemudian kondisi mereka masih baik dan bisa lebih mudah berkonsentrasi,"ujarnya. Dr. Hensley merasa sangat terkesan oleh para pasiennya, sehingga dia mulai tertarik untuk mengkonsumsinya. Ia pun mengakui keampuhan selasih, dan kini merasa lebih berenergi, tidak cepat lelah dan stresnya berkurang. 

Tak dijelaskan kandungan apa yang ada dalam tanaman selasih yang berefek pada penurunan stres. Unsur fitokimia yang dipunyai selasih sangat banyak. Di seluruh tanaman mengandung minyak menguap yang terdiri dari ocimene, alpa-pipene, cineole, eucalyptole, linalool, geraniol, methylchavicol, eugenole, dan lainnya. Sedangkan bijinya mengandung planteose, asam lemak yaitu asam palmitat, oleat, stearat, dan linoleat.

Ciri-ciri tanaman selasih :
Selasih, berbiji keras dengan warna coklat tua. Biji selasih berasal dari tanaman selasih dimana tanaman sejenis selasih adalah kemangi atau yang di Eropa dikenal sebagai basil. Biji selasih sebelum digunakan biasanya direndam terlebih dahulu dalam air dingin hingga mengembang atau bijnya berubah menjadi keputihan bening seperti dibungkus selaput.

Selasih termasuk tanaman semak tahunan dengan ciri-ciri daunnya tunggal, berbentuk bulat telur dengan ujung daun runcing dan tepinya bergerigi. Baunya harum dan bercabang banyak dengan tinggi sekitar 50 -80 cm. Tumbuhan yang tergolong famili Labiatae ini menyukai tempat-tempat lembab dan teduh dan sering dijumpai tumbuh liar di tepi jalan atau pekarangan.
 
Selasih / Raihan Dalam Ilmu Kedokteran ala Nabi

Disebutkan dalam kitab Ath-Thibun Nabawi karya Ibnu Qayyim Al Jauziyyah: Sesungguhnya Allah telah memuliakan tanaman Raihan dengan menyebutkannya didalam Al-Quran:


AR RAHMAN 12-13

12. Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya.
13. Maka ni'mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? 
(Ar-Rahman [55]:12-13)

Didalam Shahih Muslim, dari Rasulullah SAW, bahwasannya beliau bersabda, " Barangsiapa yang diberikan kepadanya Raihan, maka hendaknya janganlah menolaknya, karena sesungguhnya raihan itu ringan untuk dibawa dan wangi aromanya."

Daun tanaman raihan yang dioleskan dan dipijatkan ke badan, berkhasiat dalam menghentikan produksi keringat yang berlebih, menyerap cairan-cairan didalam tubuh yang berlebih pula, serta menghilangkan bau yang kurang sedap pada ketiak. Selanjutnya apabila daun tanaman raihan ini direbus, maka ia sangat berkhasiat memperlancar proses keluarnya tinja dari dubur, maupun proses persalinan melalui rahim, juga berkhasiat mengkendorkan persendian dan otot-otot yang kaku. Dan jika dituangkan diatas tulang yang retak atau patah, yang masih belum menyatu, maka rebusan daun raihan pun sangat berkhasiat dalam membantu proses penyembuhannya.

Adapun air dari tanaman raihan, dapat berkhasiat sebagai pengikat rambut yang mudah rontok dan menghitamkannya. Apabila daun tanaman raihan ditumbuk halus, kemudian dituangkan sedikit air keatasnya, lalu dicampur dengan sedikit minyak atau sejenis minyak dari saripati bunga mawar, maka ia sangat berkhasiat dalam menyembuhkan luka yang masih basah, mati rasa, dan mengobati iritasi pada kulit, bengkak-bengkak, biduran (urticaria), serta wasir dengan cara ramuan tersebut dibalutkan ke sekelilingnya.

Sedangkan biji dari tanaman raihan sangat berkhasiat menyembuhkan penyakit TBC, yaitu darah yang keluar dari dada dan paru-paru saat batuk. Juga berkhasiat membersihkan isi organ didalam perut. Biji tanaman raihan ini tidak kontradiktif bagi organ dada maupun paru-paru, karena ia juga berkhasiat sekali sebagai pencuci perut dari kotoran-kotoran yang dibarengi dengan batuk-batuk, dimana khasiat seperti ini jarang dijumpai pada obat-obatan. Ia pun berkhasiat memperlancar air kencing, sebagiman ia juga berkhasiat sebagai obat penawar dari gigitan ular dan sengatan kalajengking. Demikian pula khasiatnya bagi organ jantung, yaitu memperkuat pembuluh-pembuluh darah (arteri) didalamnya.

Dawud Al-Anthaki menuturkan seputar khasiat-khasiat tanaman raihan ini didalam kitabnya At-Tadzkirah: bahwasannya tanaman raihan ini berkhasiat mengharumkan ruangan maupun makanan, mengharumkan bau mulut, apabila daun tanaman tersebut dikunyah dan menyegarkan organ perut. Tanaman raihan juga berkhasiat meredakan otot-otot yang kejang dan kram, sebagai penguat sel-sel urat syaraf apabila stamina badan menurun, menghilangkan penyakit susah tidur (Insomia). Begitu jugaia sangat berkhasiat dalam menghentikan rasa sakit pada saat haidh bagi wanita, penyeimbang syaraf-syaraf yang tidak stabil, pusing dan pening kepala (vertigo: migran), rasa mual dan mulas pada perut dan stress. Tanaman raihan juga sangat berkhasiat bagi anak-anak kecil yang merasakan gangguan susah tidur.

Tips :
Sebaiknya untuk merendam sendiri biji selasih daripada membelinya dalam bentuk sudah siap makan. Selain lebih bersih, murah juga lebih segar. Jika ingin lebih cepat, rendam saja biji selasih dengan air hangat.

Diolah dari beberapa sumber:http://ideqta.wordpress.com/2011/09/07/selasih/, http://www.poztart.com/2012/04/sejuta-khasiat-selasih-untuk-kesehatan.html, http://kesehatan.kompas.com/read/2009/11/23/09364361/selasih.obati.stres.dan.gangguan.pernapasan, http://www.obatherbalalami.com/2011/06/ramuan-melezatkan-senggama.html  & buku 30 Tumbuhan Pilihan - Syaikh Muhammad Ash-Shayim.

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

2 comments:

  1. subhanallah sungguh manfaat sekali, puji syukur kehadiratmu ya allah.... untk yg membuat dan mencantumkan posting ini semoga selalu diberi berkah sehat, berkah rizki, berkah kebahagiaan dunia akhirat AMIN...

    ReplyDelete
  2. slam...sy syor kan andro plus kepada penghidap darah tinggi Andro plus menurunkan selsema..demam selsema.demam panas.sakit tekak.masalah kerosakan hati dan cirit birit.kandungan utama adalah andrografolida yang banyak di temui di daun hempedu bumi.andrografolida berupaya mrncegah pegumpulan kolestrol yang pekat dalam saluran darah ke tahap yang lebih baik berbanding minyak ikan kod sebanyak 10 kali ganda berkesan Kajian d jalankan mendapati andrografolida mengurangkan kelesuan badan.sebanyak 50 %.sakit tekak berkurang sebanyak 40% sakit otot berkurang sebanyak 48% dan pening kerana resdung berkurang sebanyak 30%.resume untuk.di jangkiti selsema 2 kali menurun selepas amal kan.andro plus..sebotol ada 140 biji kapsul harga rm65 saja dengan formula buang lemak n sejukan badan...hubungi sy..mohd zuhairi 0174687570....amat amat berkesan

    ReplyDelete