"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

06 February 2013

KUBIS

manfaat kubis
Siapa yang tidak kenal kubis. Kubis adalah salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat. Mudah didapat, dan murah harganya.

Tapi tidak semua tahu kalau ternyata kubis memiliki khasiat yang luar biasa menakjubkan. Untuk pemakaian luar, kubis dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit, luka/nyeri di kulit baik karena digigit serangga atau bahkan karena kasus kebakaran, jerawat, pecah kulit, bisul, infeksi, dan bengkak ringan. Cara pemakaiannya cukup sederhana, pilih daun yang berwarna hijau lalu haluskan dan bubuhkan setiap pagi dan malam. Selain itu, untuk pengobatan luar  kubis dapat juga digunakan sebagai kompres, dengan cara meletakkan potongan daun kubis yang hijau di antara kain tipis panas yang akan digunakan sebagai alat kompres.


Kubis memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita, seperti kandungan vitamin A, vitamin B kompleks dan juga vitamin C. Selain itu, kubis juga mengandung klorofil, flavanoid, idole, dithiolthione, coffeic, isothiochyanate, asam ferilat, asetaminohapen, zat besi, potassium dan juga kalsium. Kandungan-kandungan tersebut dapat memberikan khasiat kubis yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Lebih jauh lagi, dengan memakan 25-30 gram kubis secara mentah-mentah sebagai lalapan atau bisa juga direbus, ternyata berdampak luar biasa bagi perlindungan tubuh. Kandungan zat aktifnya, sulforafan dan histidine dapat menghambat pertumbuhan tumor, mencegah kanker kolon dan rektun, detoksikasi senyawa kimia berbahaya, seperti kobalt, nikel dan tembaga yang berlebihan di dalam tubuh, serta meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan kanker. Kandungan asam amino dalam sulfurnya juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, penenang saraf dan membangkitkan semangat.

Khasiat lainnya, Kubis dapat juga digunakan untuk pengobatan, berikut adalah khasiat kubis yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita:
  1. Khasiat kubis dapat mencegah resiko katarak, ini karena kandungan betakaroten dalam kubis sangat tinggi, sehingga dapat membantu melindungi mata dari penyakit mata seperti yang berkaitan dengan usia (degenerasi makula) dan juga dapat mencegah dari resiko katarak.
  2. Khasiat buah kubis dapat mencegah pertumbuhan kanker, ini karena kubis mengandung zat yang dapat melawan kanker. Zat tersebut adalah lupeol, sinigrin. Diindolylmethane (DIM), indol-3-karbinol (I3C) dan sulforaphone. Dan ini semua dapat membantu memicu enzim pertahanan tubuh yang dapat menghambat pertumbuhan tumor. Kandungan I3C dan sulforaphane dalam kubis juga telah terbukti sebagai zat anti-kanker.
  3. Khasiat kubis dapat meringankan sembelit, ini karena kubis mengandung serat yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu merangsang sistem pencernaan, dengan demikian kubis juga dapat menghilangkan sembelit.
  4. Khasiat kubis dapat mengatasi tukak lambung. Berdasarkan sebuah studi di Stanford University School of Medicine, jus kubis segar sangat efektif untuk mengobati tukak lambung. Ini karena kubis mengandung glutamnin yang tinggi.
  5. Khasiat kubis dapat mengurangi resiko penyakit Alzheimer, ini berlaku untuk kubis merah. kubis merah mengandung vitamin K dan antosianin, kandungan tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu mengurangi plak-plak pada otak, sehingga dapat mencegah penyakit alzheimer.
  6. Khasiat kubis dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi, ini karena kubis adalah sumber asam amino glutamin yang baik, sehingga dapat dipercaya dalam membantu mengobati semua jenis peradangan.
  7. Khasiat kubis dapat membantu perawatan kulit, ini karena kubis mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari krerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.
  8. Khasiat kubis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ini karena kandungan vitamin C dalam kubis sangat tinggi, sehingga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga membantu untuk melawan radikal bebas.
Selain khasiat kubis yang tadi disebutkan, khasiat kubis juga sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Selain itu kandungan asam laktat dalam kubis juga memberikan khasiat kubis yang  sangat baik yaitu dapat meringankan nyeri otot. Tidak hanya itu, khasiat kubis juga dapat menghilangkan alkohol dalam darah serta mempercepat penyembuhan bisul.

Ibnu Sina, menuturkan seputar khasiat sayur kubis di dalam Kitab Al-Qanun fith-Thibbi: Sayur kubis berkhasiat untuk mengatasi tubuh yang gemetar dan menggigil, dan apabila ia dicampur dengan hilbah maka akan berkhasiat menyembuhkan encok dan pegal linu. Rebusan sayur ini dapat dikompreskan pada persendian yang terasa sakit, dan bilamana ia dicampur dengan tepung hilbah akan berkhasiat sekali menyembuhkan rasa sakit pada persendian otot-otot tubuh, encok serta pegal linu, sebagai obat luar yang dioleskan. Mengingat sayur kubis mengandung vitamin C, maka ia pun berkhasiat dalam melawan penyakit kanker, dan melindungi perut serta usus besar dari menjalarnya sel-sel penyakit kanker, terutama dalam organ pencernaan tubuh.

Dawud Al-Anthaki menyebutkan perihal khasiat-khasiat dari sayur kubis:
  1. Sayur kubis mempunyai keistimewaan dalam kemampuannya membersihkan dan menguatkan jaringan sel dalam tubuh, yang diantaranya berfungsi cepat menutup luka-luka yang menganga.
  2. Sayur kubis bekerja untuk memperkuat ketahanan tubuh secara alamiah.
  3. Sayur kubis berkhasiat dalam meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah, melihat kayanya kandungan klorofil (zat hijau daun) yang ada didalam sayur kubis tersebut.
  4. Sayur kubis berkhasiat memperlancar dan mempermudah proses pencernaan makanan, khususnya unsur-unsur gula dalam tubuh. Ia juga menyediakan iklim yang kondusif bagi sel-sel tubuh untuk mendapatkan oksigen (O2) dengan cara yang alamiah.
  5. Sayur kubis diindikasikan termasuk salah satu unsur makanan yang paling kaya akan kandungan vitamin A,B dan C, disamping komposisi vitamin-vitamin lainnya, seperti halnya ia juga kaya akan kandungan fosfor, kalsium, zat besi, arsenic, tembaga, yodium dan sodium.
  6. Sayur kubis juga dianggap termasuk di antara sayur-sayuran yang berkhasiat menurunkan kadar gula didalam darah. Sehingga menjadikannya sebagai menu makanan yang penuh manfaat, terutama bagi para penderita diabetes.
Setiap daun sayur kubis bisa dikonsumsi, bahkan hingga akar-akar dan batangnya juga. Jadi, seluruh daun sayur kubis dapat dimakan, dan itu semua mempunyai khasiat yang amat besar baik dimasak dengan cara disisipkan nasi kedalamnya, maupun dalam bentuk lalapan dan salad. Akan lebih berkhasiat lagi apabila ditambahkan dengan minyak dan jeruk nipis. Mengingat kandungan sulfur-nya yang tinggi, maka ia pun berkhasiat dalam membasmi segala macam bakteri dan mikroba yang membahayakan tubuh. Sayur kubis juga berkhasiat mengobati penyakit bronchitis dan reumatik atau linu panggul, membersihkan darah kotor dan meningkatkan aktivitas kedua ginjal. Ia juga berkhasiat dalam mempermudah keluarnya lendir dan dahak dari dalam tubuh. Sayur kubis juga termasuk salah satu komponen obat yang dapat menyembuhkan penyakit adiksi (kecanduan alkohol), dan juga menetralisir darah dalam tubuh.

Tips memasak kubis

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari kubis, hindari memasak kubis terlalu matang karena dapat mengurangi nilai gizi kubis khususnya vitamin C dan nutrisi yang tersisa akan menjadi lebih sulit untuk dicerna. Kubis dapat dimakan dengan berbagai cara seperti direbus, dikukus, ditumis, ditumis atau bahkan dipanggang. Tapi kubis yang paling bergizi adalah apabila dimakan mentah. Tambahkan daun mentah yang diiris atau diparut dalam sayuran salad untuk rasa yang lebih nikmat.

Kubis adalah salah satu sayuran hijau yang tidak kalah dengan brokoli sebelumnya. Dengan 10 manfaat yang ada dalam kubis seperti mencegah kanker, sembelit, nyeri otot, resiko katarak, kulit dan juga bisa membantu menurunkan berat badan. Hindari memasak terlalu matang, dan tambahkanlah kubis ke dalam salad anda sebisa mungkin karena kubis termasuk salah satu makanan yang direkomendasikan.

Semoga bermanfaat. Diolah dari beberapa sumber: http://carabudidaya.com/, http://manfaat.org/manfaat-kubis, http://cangkruk.com/lain-lain-mainmenu-13789/74-kubis-si-sayur-ajaib, http://www.berkhasiat.com/2013/01/khasiat-kubis.html & Buku 30 Tumbuhan pilihan - Syaikh Muhammad Ash-Shayim.

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

5 comments:

  1. Buat makanan Karedok (makanan khas jawa) juga enak.

    ReplyDelete
  2. Thanks gan untuk infonya,,menarik dan tentunya sangat bermanfaat ,,,salam sukses gan,,,,

    ReplyDelete
  3. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh maka dengan begitu akan membuat tubuh terhindar dari segala macam jenis penyakit dengan mengonsumsi kubis

    ReplyDelete