"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

20 February 2014

HIKMAH WUDHU

Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Kebersihan jasmani erat hubungannya dengan  sholat dan wudhu. Disinilah salah satu hikmah wudhu. Islam mewajibkan pemeluknya yang hendak sholat membersihkan tubuh lebih dahulu dengan wudhu. Rujuk Q.S. Al Maidah ayat 6 :

Hai orang-orang yang beriman, apabila kalian hendak melaksanakan salat, sedang kalian belum berwudu, maka berwudulah dengan membasuh muka dan tangan sampai sikunya. Lalu usaplah kepala--seluruhnya atau sebagian--dan basuhlah kaki sampai dengan kedua matanya. Apabila hendak melaksanakan salat, dan kalian dalam keadaan junub karena menggauli istri, maka mandilah dengan membasuh seluruh badan. Jika kalian menderita sakit yang tidak memungkinkan penggunaan air, atau dalam perjalanan yang tidak memungkinkan kalian mendapatkan air, atau ketika kalian selesai buang air, atau menggauli istri(1) lalu kalian tidak mendapatkan air, maka bertayamumlah dengan debu yang suci. Usaplah muka dan tangan kalian dengan debu itu. Sesungguhnya Allah tidak bermaksud menyulitkan kalian pada semua perintah-Nya. Allah menetapkan ketentuan itu semua dengan maksud untuk membersihkan kalian secara lahir dan batin, dan menyempurnakan nikmat-Nya dengan memberi petunjuk dan kemudahan kepada kalian, agar kalian bersyukur atas petunjuk dan hidayah-Nya dengan selalu menaati-Nya. (2). 


Tafsir ayat diatas :
(1) bagian besar ahli tafsir mengartikan kata "lâmastum" dalam ayat ini dengan 'menyentuh'. Ada juga yang mengartikannya dengan 'menggauli'. Perbedaan penafsiran ini mempunyai konsekuensi hukum masing-masing. Jika kata "lâmastum" diartikan 'menyentuh', maka wudu seseorang menjadi batal dengan sekadar sentuhan. Tetapi jika diartikan 'menggauli', wudu seseorang tidak batal hanya karena menyentuh wanita. (2) rsuci (thahârah) dalam Islam mengandung dua pengertian. Pertama, mengarahkan hati kepada Allah dengan penuh persiapan agar dapat menghadap Allah dengan jiwa bersih dan ikhlas. Kedua, bersuci secara lahiriah dengan melakukan wudu, yaitu membersihkan sebagian anggota badan dari kotoran. Bersuci dalam pengertian kedua ini kadang-kadang terulang sampai lima kali dalam sehari. Dapat pula dengan cara mandi setelah mengadakan hubungan suami istri, atau setelah bersuci dari haid dan nifas. Wudu dan mandi ini mempunyai manfaat yang besar, yaitu membersihkan dan menjaga tubuh dari kotoran dan debu yang membawa bibit penyakit, melancarkan peredaran darah dan mengurangi ketegangan otot-otot. Oleh karena itu, Rasulullah saw. bersabda, "Kalau kamu [sedang] marah, berwudulah." Sedangkan tayamum mengandung makna bersuci dalam pengertian pertama, yaitu mengarahkan hati kepada Allah dengan penuh persiapan, agar dapat mengahadap Allah dengan jiwa bersih dan ikhlas.

Hadist:
"Siapa yang sehat jasmani, di rumah ada makanan untuk sehari, dunia adalah miliknya."

Nabi Muhammad SAW menganjurkan ummatnya untuk mandi sebelum shalat. Ini untuk menjaga keseimbangan tubuh, menjaga kesehatan tubuh demi kebahagiaan orang yang melakukannya. Prof. DR. Jamieson, pakar kesehatan dari Jerman mengatakan mencuci badan atau mandi mempunyai faedah:
  1. Membersihkan badan
  2. Menguatkan kulit
  3. Menyegarkan badan
  4. Merangsang alat-alat pencernaan dalam pertukaran-pertukaran zat.
Menguatkan kulit sangat penting karena dapat menghindarkan penyakit-penyakit seperti: slesma, radang tenggorokan,  batuk, radang paru-paru dan selaput paru-paru, TBC, dll. Satu-satunya cara untuk menguatkan kulit adalah setiap hari membasahi kulit badan dengan air dingin (mandi, wudhu).

Rangsangan kulit langsung mempengaruhi :
  1. Urat-urat darah
  2. Otot-otot kulit
misalnya : membasahi kulit dada langsung merangsang pusat pernafasan di otak, yang menyebabkan :
  1. Penarikan nafas masuk dan keluar lebih mendalam.
  2. Mempercepat pengaliran darah.
  3. Memanaskan angota-anggota badan seperti paru-paru, buah pinggang, hati usus, dll
Dengan demikian dapat menghindarkan serangan penyakit seperti : Rheumatik, radang persendianm, otot, urat syaraf, dan tulang punggung, karena pengeluaran zat-zat racun yang terjadi di dalam tubuh dipercepat.

Apa sebab Rasulullah SAW memerintahkan agar kita senantiasa membersihkan kulit? Apa pentingnya kulit bagi badan kita?

Rupanya kulit merupakan alat tubuh kita yang terbesar.
  • Luasnya 2 Meter persegi
  • Beratnya 3 kg
  • Mengandung 1/3 jumlah darah yang mengalir dalam tubuh.
  • Tiap cm persegi mengandung:
    • 2 aparat pencatat dingin 
    • 12 aparat pencatat panas
    • 3 juta sel
    • 10 helai rambut
    •  meter urat darah halus
    • 100 kelenjar keringat
    • 3000 sel perasa
    • 4 meter urat syaraf
    • 25 aparat pencatat tekanan
  • Setiap helai rambut dikulit menahan timbangan seberat 50 - 80 gram, untuk menarik semua rambut dikepala diperlukan alar berat seberat 2000 - 3000kg.
  • Jumlah rambut pada kulit manuasia ada 300.000 - 500.000 lembar.
  • Kulit mempunyai beberapa alat untuk rasa sakit, menggili-gili, aliran udara di badan, peraba, tarikan, tekanan, panas dan dingin, pancaran sinar gamma, rontgen, ultraviolet, kasmich, gelombang aether, infra merah, ultra gelombang pendek. Jelas kiranya betapa pentingnya pemeliharaan kulit badan kita dengan wudhu atau mandi.

MERIDIAN BERHUBUNGAN DENGAN WUDHU DALAM KESEHATAN JASMANI.

Sejak ribuan tahun yang lalu orang-orang Cina telah mengetahui bahwa dalam tubuh manusia mengalir suatu kekuatan hidup atau energi Q yang terus menerus secara teratur melalui suatu sistem meridian (Cing Lo), selama manusia hidup.

Meridian yaitu energi vital yang terus menerus mengalir dalam tubuh manusia. Terdapat 14 meridian dasar yang merupakan teori dasar akupuntur.

Sungguh menakjubakan ke-14 meridian terbasuh ketika wudhu sehingga berpengaruh terhadap kesehatan jasmani. Subhanallah (Maha Suci Allah). Dengan kenyataan ini dapat difahami bahwa memang manusia diciptakan Allah semata-mata untuk mengabdikan diri kepada-Nya. Q.S Adz Dzariat 56 :

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan untuk mengabdi kepada-Ku

Allah Maha Tahu, bahwa untuk mengabdikan diri kepada-Nya manusia perlu kondisi jasmani yang sehat. Maka dalam menciptakan manusia Allah letakkan titik-titik akupuntur atau titik-titik refleksi pada tempat-tempat wudhu dan diperintahkan mengkonsumsi makanan untuk jasmani yang halal dan bergizi. Qs. Al Maidah 88 :

Dan makanlah makanan yang halal lagi bergizi dari apa yang Allah telah rezekikan kepada kamu.

Sistem meridian terdiri atas :
  1. Saluran-saluran yang membujur (Cing)
  2. Saluran-saluran yang melintang (Lo)
Keduanya tersebar secara simetris di seluruh tubuh, serta menghubungkan titik titik akupuntur tertentu. Manusia dibentuk dari unsur-unsur yang mewakili unsur Yin dan unsur Yang.

Yin dan Yang merupakan dua energi yang kerjanya saling bertentangan. Tetapi dalam pertentangan itu keduanya mempunyai hubungan yang sangat erat sehingga merupakan satu kesatuan. Jadi prinsip Yin dan Yang merupakan pertentangan tetapi juga merupakan persatuan.

Persatuan yang dibentuk kedua energi ini dalam keadaan yang seimbang dan harmonis. Bila terjadi gangguan keseimbangan antara kedua unsur tersebut, maka akan terjadi hal-hal yang kurang baik bagi jasmani. Dengan selalu mempertahankan keseimbangan manusia akan selalu sehat.

Ketika kita mengambil wudhu yaitu saat membasuh kedua tangan, kedua kaki, telinga, hidung, dan bagian atas kepala, maka meridian-meridian yang terdapat di bagian tubuh tersebut akan tersentuh.

Pada bagian tangan terdapat 3 meridian Yin dan 3 meridian Yang. Pada bagian kaki terdapat 3 meridian Yin dan 3 meridian Yang. Ke-12 meridian utama ini mempunyai nama sesuai dengan organ dalam tubuh.

Meridian pada bagian tangan.
Ada 3 meridian Yin di bagian tangan :
  1. Meridian Yin tangan paru-paru, terdapat 11 titik akupuntur. Indikasinya untuk sakit: kanker paru-paru, radang paru-paru, TBC paru-paru, bronkhitis, batuk influenza, batuk darah, kebanyakan dahak, sakit tenggorokan, gangguan pernafasan dan paru-paru. Dengan membasuh tangan ketika wudhu akan menimbulkan rangsangan pada titik-titik akupuntur yang terdapat di meridian bagian tangan atau meridian Yin tangan paru-paru.
    Kenapa membasuh tangan ketika wudhu dapat merangsang titik-titik akupuntur padahal tiap hari kita basuh tangan tetapi tidak merangsang titil-titik akupuntur (11 titik). Karena saat wudhu kita niat dengan ikhlas menghadap Allah. Subhanallah
  2. Meridian Yin tangan jantung terdapat 9 titik akupuntur. Ketika membasuh kedua tangan saat wudhu akan menimbulkan rangsangan pada titik-titik akupuntur di meridian Yin pada bagian tangan yaitu meridian Yin tangan jantung. Indikasinya untuk sakit : Jantung, tenggorokan terasa kering, sering haus, mata kuning, tapak tangan terasa panas, sering buang air kecil, sring mimpi.
  3. Meridian Yin tangan selaput jantung. Terdapat 9 titik akupuntur. Ketika membasuh tangan saat wudhu akan menyentuh dan merangsang titik-titik akupuntur di meridian Yin pada bagian tangan yaitu meridian Yin tangan selaput jantung. Indikasi untuk sakit : berdebar-debar, gelisah, dada terasa penuh, gangguan jiwa, epilepsi, lidah kaku, leher kaku, tangan dan kaki kram. Gangguan pada mata, bengkak pada ketiak, siku tak dapat ditekuk, telapak tangan panas.
Tiga MeridianYang dibagian tangan.
  1. Meridian Yang usus besar. Terdapat 20 titik akupuntur. Ketika membasuh tangan saat wudhu maka akan merangsang titik-titik akupuntur. Indikasinya untuk penyakit-penyakit usus besar, sakit perut, usus berbunyi, diare, disentri, bengkak tenggorokan, sakit gigi, penyakit dibagian hidung, ingusan, mimisan, kejang.
  2. Meridian Yang tangan usus kecil. Terdapat 19 titik akupuntur. Ketika membasuh tangan saat wudhu maka titik-titik akupuntur pada meridian-meridian di bagian Yang tangan usus kecil mendapat rangsangan. Indikasinya untuk penyakit-penyakit mata kuning, pipi bengkak, sakit perut bagian bawah dapat menjalar ke hernia, tuli.
  3. Meridian Yan tangan sanjiao. Terdapat 23 titik akupuntur. Pada saat membasuh tangan saat wudhu maka titik-titik akupuntur pada meridian-meridian di bagian tangan yaitu meridian Yang tangan sanjiao mendapat rangsangan. Indikasi untuk penyakit-penyakit nyeri dan bengkak pada tenggorokan, sakit mata, tuli, telinga berbunyi, nyeri dibelakang telinga, gangguan buang air kecil.
Meridian pada bagian kaki
Ada tiga meridian Yin di bagian kaki :
  1.  Meridian Yin kaki limpa. Terapat 20 titik akupuntur. Ketika membasu kedua kaki saat wudhu, maka menyentuh dan merangsang titik-titik akupuntur pada meridian di bagian kaki yaitu meridian Yin kaki limpa. Indikasinya untuk penyakit-penyakit nyeri lambung yang berhubungan dengan limpa, perut kembung, terasa ingin muntah setelah makan, diare, penyakit kuning, badan terasa tak bertenaga.
  2. Meridian Yin kaki ginjal. Terdapat 27 titik akupuntur. Ketika membasuh kedua kaki saat wudhu menyentuh dan merangsang titik-titik akupuntur pada meridian bagian kaki yaitu meridian Yin kaki ginjal. Indikasinya untuk penyakit-penyakit pusing, muka pucat, penglihatan kabur, nafas pendek, nafas terlalu cepat, gelisah, diare, ingin muntah, impotensi, nyeri pada punggung dan tulang belakang, sakit pinggang, kedua kaki dingin, kaki tidak bertenaga, mulut kering, sakit tenggorokan, nyeri pada belakang paha, betis dan telapak tangan.
  3. Meridian Yin kaki hati. Terdapat 14 titik akupuntur. Ketika membasuh kedua tangan kaki saat wudhu  menyentuh dan merangsang titik akupuntur pada meridian Yin bagian kaki yaitu meridian Yin kaki hati. Indikasinya untuk penyakit-penyakit : dada terasa penuh, hati bengkak, sakit perut, terus muntah-muntah, terasa sesuatu pada tenggorokan, sakit bawah perut, hernia, impoten, hypersex, penyakit-penyakit wanita, sakit kepala, pusing, penglihatan kabur, telinga berdering, tangan panas dan kram.
Tiga meridian Yang di bagian kaki :
  1. Meridian Yang kaki lambung. Terdapat 45 titik akupuntur. Waktu membasuh kaki ketika wudhu menyentuh dan merangsang meridian serta titik-titik akupuntur dibagian kaki dan akan berpengaruh mulai dari ujung kaki kemudian diteruskan ke paha, perut dada sampai kepala.
    Indikasi dari titik tersebut untuk penyakit-penyakit : stroke wajah, radang selaput mata, sakit kepala, gangguan pada mata, sakit gigi, batuk, banyak ludah, nyeri syaraf, rheumatik, migrain, gangguan pada pembentukan air mata, hipertensi, asma, luka pada tenggorokan, leher kaku, radang selaput dada, bronkhitis, kembung perut, radang payudara, kurang air susu, banyak gas dalam perut, gangguan di usus 12 jari, kurang nafsu makan, diare hernia, sering buang air kecil, keterbelakangan mental, mual, sering muntah, disentri, radang usus buntu, radang usus akut, haid tidak berhenti, radang kemih, beser mani, radang ginjal, lumpuh sebelah badan, sakit lutut dan kaki, vertigo, epilepsi, gangguan tulang sendi kaki, radang amandel, gangguan tidur, demam.
  2. Meridian Yang kaki kandung kemih. Terdapat 67 titik akupuntur. Waktu membasuh kaki ketika wudhu mempengaruhi dan merangsang meridian serta titik-titik akupuntur di bagian kaki, berpengaruh dan diteruskan ke paha, punggung, kepala, dahi, hidung.
    Indikasi dari titik-titik tersebut untuk penyakit : gangguan pada mata, kelumpuhan pada sebelah mata, kelumpuhan pada sebelah wajah, sakit kepala, gangguan pada air mata, gangguan pada selaput bening mata, epilepsi, pendarahan hidung, gangguan pada hidung, bronkhitis kronis, demam, susah tidur, radang tekak, sekujur badan terasa sakit, biduran, asma, radang paru-paru, TBC, depresi ringan dan kehilangan daya konsentrasi, gangguan emosi dan kejiwaan, jantung, sakit perut, gatal-gatal di kulit, pendarahan kronis pada wasir, hepatitis, pembesaran hati, radang kandung empedu, malaria, radang usus, radang ginjal, sering buang air kecil, menstruasi tidak teratur, diare kronis, keputihan, buang air kecil tidak teratur, gejala kelumpuhan, susah melahirkan.
  3. Meridian Yang kaki empedu. Terdapat 44 titik akupuntur. Membasuh kaki ketika wudhu menyentuh dan merangsang titik-titik akupuntur yang terdapat pada meridian dibagian kaki, yaitu pada meridian kaki empedu. Indikasi : mulut terasa pahit, muntah-muntah, nyeri pada iga dada, sakit kepala, sakit mata, nyeri dan bengkak dibawah ketiak, nyeri pada paha dan betis, tuli


BERKUMUR


Waktu memasukkan air ke mulut dan mengeluarkannya, maka kotoron-kotoran mulut yang mengandung bibit penyakit akan keluar semua. Prof. Dr. Plinius seorang Bacteriolog mengungkapkan bahwa pada bekas air cuci mulut (khususnya berkumur waktu wudhu) terdapat tidak kurang dari 40 milyar berbagai bibit penyakit, seperti : basil vibrio, protozoa, virus, dll. Kemudian berbagai penyakit yang melalui selaput lendir mulut dan hidung sperti : selesma, sakit kerongkongan, dypteri, asma, TBC, batuk rejan, influenza, campak, penyakit kulit menular, biang keringat, cacar, radang selaput otak dan sumsum tulang belakang.

MEMASUKKAN AIR DAN MEMBERSIHKAN LUBANG HIDUNG

Hidung yang terlatih mampu membedakan lebih dari 10.000 macam bau-bauan. Saluran nafas atau indra pembau terdapat di hidung, pada lapisan selaput lendir. Indra ini dapat menerima rangsangan berupa bau oleh sel pembau. Sel pembau mempunyai ujung-ujung berupa rambut-rambut halus, yang dihubungkan urat syaraf melalui tulang saringan dan bersatu menjadi urat syaraf elfektori ke pusat pencium bau di otak. Indra ini dapat membantu indra pengecap (lidah) menaikkan selera makan. Bila seorang terkena influenza akan kurang mampu menerima rangsangan bau dan kurang pula selera makannya.

Setiap kali membasuh hidung (memasukkan air dan tarik ke atas) kemudian buang keluar maka kuman-kuman penyakit seperti : influenza, sinusitis, bronkhitis, dll akan hilang.

MEMBASUH MUKA

Pada wajah terdapat 24 titik akupuntur.
  1. Titik kepala wajah
  2. Titik tekak pangkal tenggorokan
  3. Titik paru-paru
  4. Titik jantung
  5. Titik hati
  6. Titik limpa
  7. Titik kandung kemih
  8. Titik-titik empedu, kandung empedu.
  9. Titik lambung
  10. Titik dada
  11. Titik paha bagian dalam
  12. Titik usus kecil
  13. Titik usus besar
  14. Titik bahu
  15. Titik lengan
  16. Titik tangan
  17. Titik ginjal
  18. Titik pusar
  19. Titik punggung
  20. Titik tulang paha
  21. Titik lutut
  22. Titik tempurung lutut
  23. Titik tulang kering
  24. Titik kaki.
Membasuh muka ketika wudhu akan merangsang titik-titik akupuntur di bagian muka yang efeknya sangat bermanfaat untuk kesehatan.

MEMBASUH KEDUA TANGAN SAMPAI SIKU

Dengan membasuh tangan, semua otot yang berpusat pada lengan makin mudah digerakkan. Otot bisep berfungsi membengkokkan lengan, deltoid mengangkat. Otot dada berfungsi menarik lengan kedepan hingga menyilang badan. Otot pada lengan bawah berfungsi merentangkan dan membengkokkan jari tangan. Otot pemutar memungkinkan kita memutarkan tangan dan lengan bawah.

Pada saat membasuh kedua tangan sampai siku akan merangsang titik akupuntur diantaranya : Meridian Yin untuk menyembuhkan penyakit pada : kepala, wajah, mata, telinga, hidung, mulut, gigi, tenggorokan dan organ gerak bagian atas leher.

MEMBASUH KEPALA

Membasuh kepala dengan air ketika wudhu berarti pula membasuh kulit kepala. Secara umum kulit berperan penting bagi kesehatan. Kulit berhubungan langsung dengan pernafasan dan paru-paru. Kulit dapat membantu pernafasan dan melalui pori-pori mampu mengeluarkan kotoran-kotoran yang membahayakan kesehatan tubuh. Penyakit-penyakit itu dapat dinormalisir dengan membasuh kepala. Karena membasuh kepala waktu wudhu akan merangsang titik-titik akupuntur di bagian kepala.

Didalam kepala terdapat otak. Otak melahirkan fikiran dan tingkah laku. Setelah wudhu dan mengerjakan sholat seluruh fikiran dalam keadaan komunikasi dengan Allah. Waktu sholat otak istirahat sempurna sehingga fungsi saraf otak berfungsi secara fisiologi. Ini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit, meningkatkan stamina dan kesehatan.

MEMBASUH TELINGA

Membasuh telingan ketika wudhu akan merangsang titik-titik akupuntur yang terdapat di telinga, bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan titik-titik akupuntur tersebut.


Semoga bermanfaat. Diolah dari tulisan Ahmad Sulaiman.

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

No comments:

Post a Comment