"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

11 February 2014

MAKANAN SEHAT UNTUK GINJAL

Ginjal melakukan berbagai fungsi penting untuk kesehatan. Terus menerus memproses darah, membersihkan produk sampah dan air ekstra yang disimpan sebagai urin sampai waktunya dikeluarkan. Ginjal juga membantu menjaga tekanan darah yang tepat dengan menghasilkan hormon yang disebut renin yang mengantur total volume darah. 

Ginjal menghasilkan 2 jenis hormon lain yang menstimulir produksi sel-sel darah merah dan yang lain lagi, yang penting untuk kesehatan tulang. Ada beberapa strategi yang bisa membantu menjaga ginjal berfungsi normal dan menghindari penyakit ginjal.

TINGKATKAN ASUPAN CAIRAN

air putih menjaga kesehatan ginjal
Minum banyak cairan sangat penting untuk ginjal. Ginjal membantu mengeluarkan toksin dan sampah dan tubuh dan mencegah batu ginjal, begitu menurut National Kidney and Urologic Disease Cleahnghouse. Jumlah cairan yang diperlukan setiap orang ditentukan beberapa faktor, termasuk temperatur lingkungan dan tingkat olahraga seseorang. Secara umum, jumlah air yang diperlukan setiap hari antara 6 sampai 8 gelas. Cleahnghouse mengidikasikan, jus sitrus juga pilihan baik, terutama bagi yang pernah punya batu ginjal Kandungan citratenya membantu mencegah pembentukan di dalam urin.


BATASI ASUPAN GARAM

Ginjal penting untuk menjaga keseimbangan yang tepat antara garam dan air di dalam tubuh. Makan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat jantung bekerja lebih keras. Juga bisa membuat stres ginjal yang mengakibatkan sulit menjaga keseimbangan kadar sodium. Mayo Clinic menjelaskan, orang dewasa harus batasi konsumsi garam sampai 2.300 mg per hari. Batasi asupan garam dengan menghindari makanan olahan, terutama yang tinggi garam seperti daging olahan, sup dan sayuran kalengan, dan makanan cepat saji. Periksa label makanan untuk kandungan sodium dan kurangi garam yang disebutkan dalam resep ketika masak.


MAKAN CRANBERRY 

Infeksi saluran kemih sangat umum, terutama di kalangan perempuan. National Cancer for Complementary and Alternative Medicine menganjurkan konsumsi cranberry dan jus cranberry untuk mempertahankan kesehatan ginjal dan mencegah infeksi. Bagaimana cara cranberry membantu ginjal belum sepenuhnya diketahui tapi kemungkinan karena senyawa-senyawa di dalam cranberry mencegah bakteri menempel pada sel-sel saluran kemih. Cranberry juga bisa diterima secara baik dan tak ada risiko jika dikonsumsi dalam jumlah secukupnya.

MAKANAN UNTUK GINJAL SEHAT


Menjaga kesehatan ginjal sangat penting untuk mencegah penyakit lain yang terkait dengan jantung, imun, dan sistem pencernaan. Fungsi penting ginjal adalah menyaring produk sampah darah dan menjaga volume darah untuk memfasilitasi pengangkutan oksigen, nutrien-nutrien dan hormon ke organ lain. Gagal ginjal dapat menyebabkan timbunan racun di dalam tubuh, yang bisa mengganggu kualitas darah dan menyebabkan penurunan fungsi sistem imun. Menurut National Kidney and Urologic Disease Information Clearinghouse, menjaga diet sehat secara bermakna meningkatkan kesehatan ginjal.

Cranberry, stroberi, dan blueberry

cranberry-strobery dan blueberry menjaga kesehatan ginjal
Radikal-radikal bebas diciptakan lewat metabolisme normal atau paparan toksin lingkungan. Antioksidan menetralisir radikal-radikal bebas untuk melindungi tubuh dan menjaga kesehatan fungsi ginjal. Berry mengandung tinggi kadar oxygen radical absorbance capacity, atau antioksidan Makan diet kaya berry meningkatkan kesehatan ginjal dan juga melindungi ginjal. Cranberry membantu mencegah bakteri penyebab infeksi kandung kemih, blueberry mengurangi inflamasi ginjal. Raspberry mencegah pembentukan tumor, termasuk mencegah kerusakan sel Stroberry mencegah kerusakan oksidatif. Berry juga sumber baik vitamin C untuk meningkatkan kesehatan sistem imun, termasuk serat untuk mengatur pencernaan.

Cabai

Mengandung capsicum yang menurut herbalis dan penyembuh holistik Jetro Kloss dalam bukunya Back to Eden, baik untuk ginjal. Capsicum menstimulir sirkulasi darah dan membunuh bakteri berbahaya.

Daging dan Sumber Protein

telur menjaga kesehatan ginjal
Protein penting untuk mempertahankan otot-otot, pertumbuhan sel dan penyembuhan badan. Makan porsi seimbang dari sumber protein sehat sangat penting untuk merawat ginjal, kata National Kidney Foundation. Protein hewan mengandung purin lebih tinggi, yang meningkatkan jumlah batu asam urat di dalam ginjal. Pilih protein dengan kandungan lemak rendah seperti putih telur, ikan, produk susu rendah lemak. Putih telur memberikan protein rendah phosphorus, yang penting untuk orang-orang dengan masalah ginjal.

Mayo Clinic mengindikasikan, kadar phosphorus naik di dalam ginjal dapat menyebabkan kekurangan kalsium dan penyakit tulang. Ikan mengandung asam lemak omega-3, sumber lemak yang lebih sehat yang mengurangi inflamas ginjal dan membantu menurunkan kolesterol. Salmon, mackerel, tuna bisa memenuhi kebutuhan protein sambil menjaga kesehatan ginjal.

Ubi jalar

Para ahli belum menemukan mengapa ubi jalar berkhasiat, tapi konsumsi ubi jalar dikaitkan dengan penurunan resiko kanker ginjal dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Japanese Journal of Epidemiology Research yang mengikuti 47.997 orang pria dan 66.520 perempuan selama 10 tahun.

Kol

Kaya phytochemical yang memecah radikal-radikal bebas di dalam tubuh sebelum dapat merusak. Sayuran cruciferous yang tidak mahal ini mengandung vitamin K dan C, ditambah serat.

Sayuran

sayuran untuk menjaga kesehatan ginjal
Potassium penting untuk mengatur denyut jantung dan mempertahankan otot-otot, tapi terlalu banyak potassium dapat menghambat ginjal memproses toksin secara memadai. Makan makanan rendah potassium penting untuk ginjal sehat dan sayuran tertentu memberikan potassium kadar rendah yang penting untuk kesehatan ginjal sambil memberikan vitamin-vitamin dan serat. Paprika, kol dan kembang kol kaya vitamin C, B6, dan folate. Bawang, labu dan wortel juga memberikan phosphorus dan potassium kadar rendah untuk menjaga kesehatan ginjal. Jika punya batu ginjal oksalat, hindari bayam dan rhubarb untuk mencegah komplikasi.

Semoga bermanfaat. Diolah dari sumber: Majalah AURA edisi khusus Desember 2010.

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

No comments:

Post a Comment