"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

05 February 2014

MAKANAN UNTUK PENDERITA KANKER

PARA penderita kanker yang sedang menjalani terapi juga tetap dianjurkan mengkonsumsi makanan yanq sehat dengan gizi seimbang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penderita kanker yang mengkonsumsi makanan sehat selama terapi umumnya lebih tahan menghadapi etek samping dari terapi.

Memang terkadang selama terapi, muncul efek sampingan seperti mual atau kehilangan nafsu makan yang membuat penderita sulit mengikuti panduan makan sehat. Dan juga perlu diperhatikan bahwa pengaturan diet yang dianjurkan bisa saja berbeda untuk tiap pasien. Karena itu, jika mengalami kesulitan makan, diskusikan dengan dokter atau ahli gizi Anda.

Yang pasti, beberapa terapi kanker bisa bekerja lebih efektif pada pasien yang tubuhnya mendapat cukup nutrisi. Mengkonsumsi makanan yang sehat juga memungkinkan tubuh mempertahankan kesehatan otot-ototnya, membangun jaringan sel yang baru, dan menjaga diri dari serangan infeksi dengan lebih baik. 

Beberapa hal yang tetap penting untuk diingat adalah:
  • Konsumsi cukup sayuran dan buah-buahan (5 porsi setiap hari)
  • Jika mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat, pilihlah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, sereal.
  • Jika mengkonsumsi daging sapi, pilihlah yang rendah lemak. Lebih baik pilih ikan atau ayam kampung.
  • Jika mengkonsumsi susu dan olahannya, pilih yang berlemak rendah (low fat).
  • Secara umum, kurangi konsumsi gula, garam, lemak, dan jauhi alkohol.
Semoga bermanfaat. Diolah dari sumber: Majalah Nirmala Edisi April. Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

No comments:

Post a Comment