"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

12 October 2012

JUS BUAH BIT

manfaat buah bit
Bit merupakan sejenis tanaman umbi-umbian yang kaya akan gizi. Manfaat buah bit sangat banyak. Bit memiliki nama latin Beta vulgaris yang berasal dari keluarga tanaman Amaranthaceae. Tanaman ini tingginya sekitar satu sampai tiga meter. Buah bit berwarna merah keungu-unguan. Buah ini dapat dijadikan sebagai pewarna alami makanan.

Kandungan Nutrisi Buah Bit

Buah bit mengandung karbohidrat yang mudah diubah menjadi energi dan zat besi. Hal ini membantu memperlancar aliran oksigen ke otak sehingga membantu keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu, buah bit juga mengandung beberapa zat lain, di antaranya adalah:
  • Asam Folat 34%, Fungsi : Menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak , berfungsi untuk mengganti sel tubuh yang rusak. Selain itu asam folat juga baik untuk ibu hamil yang berperan dalam pembentukan otak pada bayi.
  • Kalium 14,8%, Fungsi : Memperlancar keseimbangan cairan di dalam tubuh,
  • Serat 13,6%,
  • vitamin C 10,2%, Fungsi : Menumbuhkan jaringan dan menormalkan saluran darah,
  • Magnesium 9,8%, Fungsi : Menjaga fungsi otot dan syaraf,
  • Triptofan 1,4%,
  • Zat Besi 7,4%, Fungsi : Metabolisme energi dan sistem kekebalan tubuh,
  • Tembaga 6,5%, Fungsi : Membentuk sel darah merah,
  •  Fosfor 6,5%, Fungsi : Memperkuat tulang,
  •  Caumarin yang berfungsi untuk mencegah tumor, dan
  •  Betasianin sebagai pencegah kanker.
Manfaat Buah Bit

Banyak sekali manfaat dari buah yang satu ini. Berikut ini sebagian dari manfaat yang akan kita dapatkan dari mengkonsumsi buah Bit.
  1. Sebagai obat hati dan kantong empedu.
  2. Menghancurkan sel tumor dan sel kanker.
  3. Memperkuat fungsi darah dan mengatasi anemia.
  4. Memproduksi sel-sel darah merah.
  5. Menurunkan kadar kolesterol.
  6. Membersihkan dan menetralkan racun di dalam tubuh.
  7. Memperkuat sistem peredaran darah dan sistem kekebalan.
  8. Melawan infeksi dan radang serta mengatasi masalah batu ginjal.
  9. Memberi tenaga dan menyeimbangkan tubuh.
  10. Mencegah penyakit jantung
  11. Memperpanjang usia, karena buah bit mampu mencegah berbagai penyakit dan memperkuat sistem imun.
Manfaat buah bit bagi kesehatan memang sudah dikenal luas sejak lama. Kini, ilmuwan Inggris membeberkan bukti tambahan bahwa meminum sedikitnya 500 mililiter jus buah berwarna merah tua ini dapat menurunkan tekanan darah secara dramatis hanya dalam beberapa jam saja.

Efek yang luar biasa ini rupanya berasal dari kandungan nitrat dalam buah bit yang bereaksi dengan bakteri dalam mulut. Reaksi ini kemudian dapat menyebabkan perubahan secara kimiawi yang berujung pada melebarnya pembulih darah yang secara otomatis memperlancar aliran darah. Selain bit, ada beberapa jenis sayuran lainnya juga dikenal memiliki kandungan nitrat yang tinggi, khususnya yang berdaun hijau seperti bayam dan selada.
 

Membuat Jus Buah Bit
Cara mengolah buah bit sangat mudah. Pertama, cuci terlebih dahulu buah bit yang akan digunakan untuk membuat jus. Kemudian kupas kulitnya dan potong-potong. Setelah itu, masukkan ke dalam alat penghalus seperti blender dan tambahkan sedikit air. Bila telah selesai diblender, saring airnya dan jus buah bit siap untuk dikonsumsi.

Mengkonsumsi jus bit, menurut peneliti, bisa membantu Anda berolahraga lebih lama tanpa rasa capek. Selain itu, setengah liter jus bit sehari efektif untuk menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kesehatan.

Just bit, terang peneliti, menunjukkan hasil yang mencengangkan karena manfaatnya melebihi rutinitas olahraga teratur di bawah pengawasan pelatih profesional. Dan meskipun rasanya mungkin tidak bisa memuaskan selera Anda, dampaknya bisa dirasakan oleh semua orang, mulai dari atlet hingga pensiunan yang bahkan tidak punya cukup energi untuk berjalan ke supermarket. 

Dalam literatur lain saya menumukan bahwa Bit lebih kaya zat besi dan mineral lainnya dibandingkan bayam. Bit yang hijau sangat bermanfaat untuk kasus-kasus seperti anemia, tuberkolosis, sembelit, kurang nafsu makan, kegemukan, tumor, encok dan jerawat. Bit adalah satu diantara makanan terbaik untuk meringankan sembelit dan juga cocok bagi penyembuhan sembelit dan masalah kegemukan. Semoga bermanfaat.


Diolah dari beberapa sumber: http://tokoalif.multiply.com/journal/item/20/Buah-Bit-Beetroot-Kaya-Manfaat, http://food.detik.com/read/2012/07/31/120853/1979212/900/jus-buah-bit-rahasia-sehat-atlet-olimpiade & buku Rasululloh is My Doctor - Jerry D.Gray

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

1 comment:

  1. June 20, 2014

    The Director

    Request for permission for reproducing copyrighted material

    Dear Sir,

    Good Day.

    I am pleased to inform you that I have written a manuscript on Medicine and Pharmacy in the Prophetic Traditions. The manuscript is now getting ready for publication. It contains 25 chapters and nearly 1000 pages. The manuscript is aimed at filling up the gap of original work on Medicine and Pharmacy in the light of the Holy Scriptures, particularly the Bible and the Qur’an. In the manuscript there is a chapter on Prophet’s Medicinal Plants. I have primarily selected an image of the plant Beetroot (Beta vulgaris) after searching the website. I intend to paste it at the appropriate place in the text. Please let me know how I can add credit to you for the images.

    I therefore, need your kind permission for reproducing the picture, which may be subject to copyright, in my manuscript. As a source of the images you will be acknowledged through either image or website credit.

    Please note that I have already received permission from Ta Ha Publishers UK, Darussalam Publishers, Riyadh and from some other internationally reputed publishers, individual authors and websites.

    I therefore, look forward to welcoming your kind permission towards a noble work for the benefit and welfare of mankind. Please treat the matter urgent.

    With best regards,

    Yours faithfully,

    M M Hussain, PhD (Pharm)
    dmmhqiabd@gmail.com
    Image location:
    http://2.bp.blogspot.com/-QE2C_Iilr0w/UHfWOMKOlMI/AAAAAAAAANI/rA9oSpjUkCY/s320/Beetroot0001.jpg

    ReplyDelete