"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

16 October 2012

MANFAAT TANAMAN SINGKONG

Siapa sangka tanaman rakyat satu ini, Singkong, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Umbi murah meriah yang dikenal sebagai makanan kampung ini patut Sobat jadikan makanan pokok. Apa saja khasiatnya?
  1. Nutrition and You pernah menulis bahwa singkong memiliki jumlah kalori dua kali lipat dari kentang. Tak heran mengingat singkong merupakan salah satu makanan pokok yang kaya akan karbohidrat. Dalam 100 gram singkong, mengandung 160 kalori, sebagian besar terdiri dari sukrosa.
  2. Singkong merupakan sumber vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan asam pantotenat. Peran riboflavin ini membantu pertumbuhan tubuh dan memproduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia.
  3. Ingin makanan yang rendah lemak selain sereal dan kacang-kacangan? Konsumsilah singkong! Singkong juga memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan ubi, kentang dan pisang. Tentu ini cocok bagi Anda yang sedang berlatih daya tahan otot.
  4. Singkong mengandung banyak mineral penting bagi tubuh, diantaranya seng, magnesium, tembaga, dan besi. Bahkan jumlah kalium pada singkong cukup memenuhi kebutuhan tubuh.
  5. Mengobati berbagai penyakit antara lain reumatik, demam, luka, diare, cacingan, sakit kepala bahkan meningkatkan stamina.

Kandungan gizi singkong per 100 gram meliputi:
  • Kalori 121 kal
  • Air 62,50 gram
  • Fosfor 40,00 gram
  • Karbohidrat 34,00 gram
  • Kalsium 33,00 miligram
  • Vitamin C 30,00 miligram
  • Protein 1,20 gram
  • Besi 0,70 miligram
  • Lemak 0,30 gram
  • Vitamin B1 0,01 miligram
Saat ini tentu singkong bisa diolah menjadi berbagai makanan yang lezat. Contohnya keripik singkong, singkong keju, bahkan kue berbahan dasar singkong. Tentu manfaat singkong akan lebih maksimal bila diolah dengan dikukus atau direbus. 

Manfaat Singkong menurut Prof. Hembing Wijayakusuma, pakar tanaman obat.  Menurut beliau, efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah napsu makan. Bagian yang umum dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi.

Umbi singkong memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Daun mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batang, mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat.

Selain sebagai makanan, tanaman singkong memiliki berbagai khasiat sebagai obat. Di antaranya obat rematik, sakit kepala, demam, luka, diare, cacingan, disentri, rabun senja, beri-beri, dan bisa meningkatkan stamina.

Resep dari singkong  (Jerry D. Gray) :
Mengobati Diare yang parah :
  • Parut satu lengan singkong, taruh dalam saringan yang diwadahi mug. Kemudian siram parutan singkong didalam saringan dengan air mendidih. (Tumpahkan air yang sama melalui saringan berisi parutan singkong  yang sama sebanyak tiga kali).
  • Tambahkan gula merah sebagai perasa.
  • Langsung minum! Jika Anda diamkan walau hanya lima menit maka akan menjadi kental hingga jika Anda menaruh garpu ditengahnya dalam keadaaan berdiri maka garpu tersebut akan tetap berdiri tegak dan tidak jatuh.
  • Ulangi ramuan diatas beberapa kali dalam sehari sebanyak yang dibutuhkan.
Resep dari singkong  (Prof. Hembing Wijayakusuma) :
  • Mengatasi rematik bisa dilakukan dengan pemakaian dalam dan pemakaian luar. Pada pemakaian luar, sebanyak lima lembar daun singkong, 15 gram jahe merah, dan kapur sirih secukupnya, dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. Setelah diaduk, ramuan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit. Pada pemakaian dalam, 100 gram batang singkong, satu batang sereh, dan 15 gram jahe direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu, disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.
  •  Mengatasi sakit kepala, daun singkong ditumbuk lalu digunakan untuk kompres. Sebagai obat demam, 60 gram batang pohon singkong, 30 gram jali yang telah direndam hingga lembut direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Ramuan disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.
  • Mengatasi luka bernanah, batang singkong segar ditumbuk lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Untuk luka garukan, singkong diparut lalu ditempelkan pada bagian yang sakit dan diperban.
  • Obat luka karena terkena benda panas, singkong diparut lalu diperas. Airnya didiamkan beberapa saat hingga patinya mengendap, lalu patinya dioleskan pada bagian yang luka.
  • Mengatasi diare, tujuh lembar daun singkong direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.
  • Obat cacingan, 60 gram kulit batang singkong dan 30 gram daun ketepeng cina direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan diminum airnya menjelang tidur. Mengatasi beri-beri, 200 gram daun singkong dimakan sebagai lalap.
  • Untuk meningkatkan stamina, 100 gram singkong, 25 gram kencur, dan lima butir angco (kurma merah, beli di toko obat/makanan china)  yang telah dibuang bijinya, diblender dengan menambahkan air secukupnya. Lalu tambahkan madu dan diminum.
 Hati-Hati Singkong Beracun
singkong beracun
Ada dua jenis singkong menurut rasanya: manis dan pahit. Perbedaan ini disebabkan oleh perbedaan jumlah cyanogenic glucosides yang terkandung didalamnya, yaitu zat beracun yang secara alami ditemukan dalam akar dan daun-daunnya. Zat beracun lain yang terkandung dalam singkong adalah linamarin dan lotaustralin. Tiga substansi ini akan diubah oleh enzim linamarase (enzim alami yang terdapat dalam singkong) menjadi asam asam sianida (HCN). Karena substansi-substansi inilah, singkong tidak boleh dikonsumsi dalam kondisi mentah.

Satu kilogram singkong manis berisi sekitar 20 mg sianogen glukosida, sedangkan singkong pahit berisi sekitar 1 gr. Sebagai perbandingan 40 mg sianogen glukosida dapat membunuh seekor sapi. Untuk menghilangkan sianogen glukosida tersebut, singkong harus dimasak terlebih dahulu, selain itu dengan memfermentasikan, menggoreng, dan merendam dalam air juga dapat dilakukan untuk menghilangkan racun ini.
Diolah dari beberapa sumber: http://forum.kompas.com/alternatif/203131-manfaat-singkong-yang-belum-anda-ketahui.html, http://yourtubes.wordpress.com/2011/07/04/manfaat-dan-kandungan-singkong/, http://www.singkong.net/manfaat-singkong/60-manfaat-singkong-untuk-kesehatan.html, http://tumbuhan2sehat.blogspot.com/2012/03/hati-hati-singkong-beracun.html & buku Rasululloh is My Doctor - Jerry D.Gray

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

1 comment: