"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

15 October 2012

KHASIAT BUAH BLUEBERRY

manfaat buah bluebery
Blueberry merupakan suatu bentuk antibiotik alami. Efektif dalam mengurangi dan menyembuhkan infeksi saluran kencing. Blueberry juga mengandung zat-zat kimiawi yang dapat menghambat diare. Blueberry memiliki kekuatan anti virus dan sangat kaya aspirin alamiah. Jika dilain waktu sobat merasakan sakit kepala, cobalah untuk mengkonsumsi satu mangkok Blueberry dan bukannya obat-obatan kimiawi yang barang tentu memiliki efek samping yang mercuni tubuh anda.

Buah yang tumbuh di musim panas di Amerika Utara ini tumbuh secara liar seperti semak, memiliki khasiat banyak sekali yang terkandung di dalamnya. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri masih jarang kita jumpai, namun berbagai olahannya bisa ditemukan di berbagai gerai minuman dan es krim. Blueberry kaya vitamin c dan sejak zaman kuno berguna sebagai sumber makanan dan pengobatan.

Kandungan  Nutrisi dan Zat Berkhasiat

Blueberry merupakan buah berkandungan flavonoid tinggi, terutama antosianin, yaitu pigmen berwarna biru, ungu, dan merah yang berkhasiat anti oksidan dan antianglogenik . Antosianin juga menstabilkan jaringan kolagen  yang ada pada kulit dan pembuluh  darah vena sehingga jaringan tersebut menjadi lebih sehat, kuat dan lentur.


Buah ini juga sumber vitamin, E, riboflavin), manggan, serat larut dan tidak larut seperti pectin dan tanin. Setiap100 gram blueberry mengandung 57 kalori, 0,7 g protein 0,3 g lemak 14,5 g karbohidrat, 2,4 g serat dan 9,9 g gula alami(fruktosa dan glukosa).

Khasiat

Blueberry memiliki kandungan potasium Fungsinya mampu mengontrol tekanan darah bagi penderita hipertensi, mencegah berkembangnya kerusakan vaskular ginjal, glomerulus, dan tubulus, menurunkan risiko stroke, menurunkan ekskresi kalsium urin dan menurunkan pembentukan batu ginjal, mencegah demineralisasi tulang (osteoporosis) berkhasiat antioksidan , antiradang, antibakteri, antiangiogenik (menghentikan pertumbuhan pembuluh darah baru ke jaringan tumor sehingga pertumbuhan tumor terhenti karena berhentinya pasokan makanan), dan laktasif ringan.Kandungan antioksidan blueberry bermanfaat untuk menegah  terjadinya penyakit alzeimer, penyakit mata(menerangkan penglihatan, mencegah berkembangnya katarak, glaucoma, diabetic retinofathy, dan melindungi mata terhadap terjadinya degenerasi macula atau kerusakan jaringan mata), serta menghambat pertumbuhan kanker . Mengandung ciprofibrate untuk membantu menurunkan kolesterol, yang pada gilirannya dapat melindungi hati

Penelitian juga membuktikan , blueberry dapat digunakan untuk pengobatan problem sirkulasi darah seperti varises, wasir,(hemoroid), dan tukak lambung(ulkus peptikum). Pengobatan tradisional menggunakan blueberry untuk pengobatan  baik diare maupun sembelit. Blueberry juga menjaga kesehatan saluran kencing karena mengandung senyawa yang sama seperti yang ditemukan pada cranberry, yaitu dapat mengeliminasi infeksi E.coli.

Manfaat lain Blueberry adalah meningkatkan kapasitas ingatan jangka pendek (short term memory) yang kita perlukan untuk memastikan hafalan tetap ada di otak sembari menunggu disimpan di gudang ingatan yang lebih permanen;kemampuan mempelajari ruang (spatial learning) yang anda butuhkan saat menghafal jalan, serta meningkatkan kemampuan motorik.

Tidak hanya itu, Blueberry juga mengandung unsur kimia merupakan zat anti peradangan. bebas radang juga menyebabkan lancarnya aliran darah, yang akan menjaga asupan energi untuk fungsi mental (mengingat , memecahkan masalah, dll) menjaga mood tetap senang serta mencegah pengerasan dinding arteri (sehingga mencegah penyakit jantung). berkaitan dengan penyakit jantung , blueberry juga menjaga zat nitri oksida yang membuat dinding arteri arteri tetap fleksibel yang  merupakan kondisi yang dapat mencegah terjadinya penyakit.

Selain buahnya, akar dan daun blueberry ternyata juga sama saktinya. Apabila diolah menjadi teh, akar pohon blueberry dapat membantu mengurangi rasa sakit pada saat melahirkan dan memberikan efek relaksasi. Sedangkan daunnya, apabila direbus dan diminum, dapat menjadi tonik penambah darah untuk memurnikan tubuh serta meredakan batuk.

Waah... banyak juga manfaatnya gak ada salahnya kan, kalau kita mengkonsumsi buah mungil yang satu ini. hmmm... selamat mencoba ya sobat.

Diolah dari beberapa sumber: http://nokiasolusi.blogspot.com/2012/02/khasiat-dan-manfaat-blueberry-bagi.html, http://xamthoneplus.obat-herbal.info/tag/manfaat-blueberry  & buku Rasululloh is My Doctor - Jerry D.Gray

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

No comments:

Post a Comment