"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

31 October 2012

MANFAAT MADU DAN KAYU MANIS

Allah Berfirman :

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah:”Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit , di pohon-pohon kayu, dan tempat-tempat  yang dibikin manusia.”Kemudian makanlah  dari tiap-tiap  (macam)  buah-buahan  dan tempuhlah  jalan Tuhanmu  yang telah dimudahkan bagimu”.Dari perut lebah  itu keluar  minuman (madu)  yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya  terdapat obat yang menyembuhkan  bagi manusia. Sesungguhnya  pada yang demikian  itu  terdapat  tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (Alqur’an : An-nahl  68-69)

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi.

Rasa manis madu disebapkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula.

Madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik, dioleskan jika dipakai untuk pemanggangan. Madu memiliki rasa yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya. Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas air yang hanya 0.6.

Sejarah penggunaan madu oleh manusia sudah cukup panjang. Dari dulu manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Aroma madu bergantung pada sumber nektar yang diambil lebah.

Kandungan nutrisi

Madu adalah campuran dari gula dan senyawa lainnya. Sehubungan dengan karbohidrat, madu terutama fruktosa (sekitar 38,5%) dan glukosa (sekitar 31,0%), sehingga mirip dengan sirup gula sintetis diproduksi terbalik, yang sekitar 48% fruktosa, glukosa 47%, dan sukrosa 5%. Karbohidrat madu yang tersisa termasuk maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya.
Seperti semua pemanis bergizi yang lain, madu sebagian besar mengandung gula dan hanya mengandung sedikit jumlah vitamin atau mineral. Madu juga mengandung sejumlah kecil dari beberapa senyawa dianggap berfungsi sebagai antioksidan, termasuk chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Komposisi spesifik dari sejumlah madu tergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah yang menghasilkan madu.
Analisa madu secara umum:
  • Fruktosa: 38.2%
  • Glukosa: 31.3%
  • Maltosa: 7.1%
  • Sukrosa: 1.3%
  • Air: 17.2%
  • Gula paling tinggi: 1.5%
  • Abu (analisis kimia):0.2%
  • Lain-lain: 3.2%
Kekentalan madu adalah sekitar 1,36 kilogram per liter. Atau sama dengan 36% lebih kental daripada air).

manfaat kayu manis
Kayu Manis
Kayu manis. Kulit kayu manis atau lebih dikenal dengan nama yang kurang tepat kayu manis (Cinnamomum verum, synonym C. zeylanicum) ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasa menggunakan rempah-rempah ke dalam makanan yang dibakar manis, anggur panas.

Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.

Kayu manis juga secara tradisional dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung. 

Sebuah majalah terkenal berjudul Weekly World News yang diterbitkan di Kanada pada tanggal 17 Januari 1995 mencantumkan daftar penyakit yang dapat disembuhkan dengan madu dan kayu manis yang telah diteliti oleh ilmuwan barat. Berikut ini adalah daftar tersebut:
  1. Penyakit Jantung : buatlah pasta yang terbuat dari campuran madu dan bubuk kayu manis. Oleskan pada roti untuk menggantikan selai dan makanlah secara teratur sebagai sarapan di pagi hari. Keduanya akan mengurangi kadar kolesterol dalam arteri dan menghindarkan pasien dari serangan jantung. Bagi mereka yang sudah pernah mengalami serangan dan mengikuti saran ini setiap hari maka akan menghindarkannya dari serangan jantung berikutnya. Penggunaan resep diatas secara rutin akan melegakan pernapasan dan menguatkan detak jantung. Di Amerika dan Kanada, berbagai rumah perawatan telah merawat pasien mereka dengan berhasil dan menemukan bahwa bertambahnya usia, arteri dan vena kehilangan fleksibilitas mereka dan menjadi tersumbat. Madu dan kayu manis merevitalisasi arteri dan vena.
  2. Gigitan Serangga : Ambil satu bagian madu! tambahkan pada dua bagian air hangat dan tambahkan satu sendok teh kecil bubuk kayu manis! buat pasta kemudian oleskan sambil dipijat pada bagian yang gatal perlahan-lahan!. Anda akan merasakan bahwa rasa sakit akan mulai hilang setelah satu atau dua menit.
  3. Radang Sendi : Pasien radang sendi dapat minum setiap hari pada pagi dan malam, satu cangkir air panas dengan dua sendok makan madu dan satu sendok teh kecil bubuk kayu manis. Jika diminum secara teratur, bahkan radang sendi yang kronis sekalipun pada akhirnya dapat sembuh. Dalam suatu penelitian baru-baru ini yang dilakukan Universitas Kopenhagen ditemukan bahwa pada saat dokter-dokter merawat pasien-pasien mereka dengan memberikan campuran satu sendok makan madu dan setengan sendok teh bubuk kayu manis sebelum sarapan dalam seminggu, dari 200 pasien, 73 diantaranya sembuh secara menyeluruh, dan dalam sebulan semua pasien telah mampu berjalan kembali tanpa rasa sakit.
  4. Rambut Rontok : Mereka yang mengalami rambut rontok atau kebotakan dapat memberikan campuran minyak zaitun, satu sendok teh madu, satu sendok teh bubuk kayu manis , oleskan di kepala sebelum mandi. Diamkan sekitar 15 menit kemudian cuci dengan air. Hal ini diketahui sangat efektif walaupun hanya didiamkan selama 5 menit.
  5. Infeksi Saluran Kemih: Ambil dua sendok makan kayu manis bubuk dan satu sendok teh madu didalam segelas air hangat . Ramuan ini akan menghancurkan kuman-kuman didalam saluran kemih.
  6. Sakit Gigi : Buatlah pasta dari satu sendok teh bubuk kayu manis  serta lima sendok teh madu dan oleskan pada gigi yang sakit. Ini dapat dilakukan 3 kali sehari hingga gigi tidak terasa sakit lagi.
  7. Kolesterol :  Dua sendok makan madu dan tiga sendok teh bubuk kayu manis dicampur dengan 16 ons air teh, berikan pada pasien dengan kolesterol, diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah hingga 10% dalam 2 jam. Seperti yang disebutkan bagi pasien radang sendi, jika diminum tiga kali sehari, radang sendi dapat disembuhkan. Madu murni jika dikonsumsi bersama makanan sehari-hari akan dapat mengurangi keluhan mengenai kolesterol.
  8. Pilek : Mereka yang menderita pilek parah harus minum satu sendok makan madu hangat dengan seperempat sendok bubuk kayu manis selama tiga hari. Pengobatan ini akan menyembuhkan hampir semua jenis batuk kronis, pilek dan melegakan sinus.
  9. Impotensi : Pengobatan Yunani dan Ayurveda telah menggunakan madu selama ribuan tahun untuk menguatkan air mani pria. Jika seorang laki-laki impoten mengkonsumsi secara teratur dua sendok makan madu sebelum tidur, permasalahan merekan akan teratasi.
  10. Sulit Hamil : Selama berabad-abad wanita di Cina, Jepang dan negara-negara Timur Jauh, perempuan yang belum dapat hamil dan harus menguatkan rahim mereka, mengkonsumsi bubuk kayu manis. Wanita yang tidak dapat mengandung dapat mengkonsumsi sejumput bubuk kayu manis dalam setengah sendok teh madu dan mengoleskannya pada gusi sesering mugkin dalam sehari sehingga secara perlahan-lahan bercampur dengan air liur dan masuk kedalam tubuh. Sepasang suami istri di Maryland Amerika Serikat, tidak memiliki anak setelah 14 tahun perkawinan. Ketika diceritakan mengenai pengobatan diatas, kedua pasangan tersebut mencobanya dan setelah beberapa bulan sang istri hamil dan memiliki anak, bahkan kembar!.
  11. Perut Bermasalah : Madu diminum bersama bubuk kayu manis dapat menyembuhkan sakit perut dan juga membersihkan kotoran di perut hingga akarnya.
  12. Gas : Berdasarkan studi yang dilakukan di India dan Jepang ditemukan bahwa jika madu diminum bersama bubuk kayu manis maka akan menghilangkan rasa kembung di perut karena gas yang berlebihan.
  13. Sistem Imun : Penggunaan madu dan bubuk kayu manis yang teratur setiap harinya akan memperkuat sistem imun tubuh dan menjaga tubuh dari serangan bakteri serta virus. Para ilmuwan menemukan bahwa madu mengandung banyak vitamin  dan zat besi. Penggunaan yang teratur akan menguatkan sel-sel darah putih untuk melawan bakteri dan virus-virus.
  14. Maag : Kayu manis yang ditaburkan pada dua sendok makan madu dan diminum sebelum makan, akan mengurangi keasaman serta mampu mencerna makanan terberat sekalipun.
  15. Influenza : Seorang ilmuwan Spanyol membuktikan bahwa madu mengandung bahan-bahan alami yang mempu membunuh kuman influenza dan menyembuhkan pasien dari flu.
  16. Awet Muda :  Teh yang dibuat dengan madu dan bubuk kayu manis, jika diminum secara teratur, menghentikan pengrusakan sel-sel tubuh akibat usia. Ambil 4 sendok madu, 1 sendok bubuk kayu manis dan 3 cangkir air dan didihkan untuk membuat teh. Minum 1/4 cangkir, 3 sampai 4 kali sehari. Ramuan ini menjaga kulit tetap segar dan lembut serta menahan proses penuaan. Usia produktif juga meningkat, Walau seseorang dengan usia 100 tahun, ia tetap dapat mengerjakan pekerjaan yang dilakukan oleh orang yang berusia 20 tahun.
  17. Jerawat : Buat pasta dari tiga sendok makan madu dan satu sendok teh bubuk kayu manis. Oleskan pada jerawat sebelum tidur dan cuci ketika bangun keesokan harinya, ia menghilangkan jerawat dan akarnya.
  18. Infeksi kulit : Oleskan madu dan bubuk kayu manis dengan ukuran sama pada area yang sakit dapat menyembuhkan eksim, kurap, serta semua jenis infeksi kulit.
  19. Penurunan Berat Badan : Di pagi hari setiap hari setengah jam sebelum makan pada kondisi perut kosong dan pada malam hari sebelum tidur, minum madu dan bubuk kayu manis yang telah didihkan dengan satu cangkir air. Jika diminum secara rutin akan mengurangi berat badan seseorang, walaupun orang paling gemuk sekalipun. Juga meminum campuran ini secara rutin akan menjaga penggumpalan lemak di tubuh.
  20. Kanker : Penelitian terbaru di Jepang dan Australia menemukan bahwa kanker perut dan tulang dapat disembuhkan secara sempurna. Pasien yang menderita penyakit ini harus mengkonsumsi satu sendok makan madu dengan satu sendok teh bubuk kayu manis selama satu bulan tiga kali sehari.
  21. Kelelahan : studi menunjukkan bahwa kadar gula dalam madu memiliki banyak kebaikan ketimbang keburukannya terhadap tubuh. Seseorang yang berusia lanjut yang mengkonsumsi madu dan bubuk kayu manis, akan memiliki kesiapan dan fleksibilitas yang lebih.
  22. Bau Mulut : Orang-orang Amerika Selatan, hal pertama kali yang mereka lakkan di pagi hari adalah berkumur dengan madu dan kayu manis yang dicampur air panas. Nafas mereka segar sepanjang hari.
  23. Kehilangan Pendengaran : Madu dan kayu manis dicampur dalam kuantitas yang sama dan dikonsumsi setiap hari, pagi dan malam dapat mengembalikan pendengaran 
 Resep Jerry D. Gray menggunakan kayu manis.
  1. Radang sendi : Buat teh dari daun asli, bukan teh celup. (lebih baik teh hitam). Didihkan tiga cangkir air bersama teh yang Anda sukai, dua sendok makan madu dan daun mint asli. Minum satu cangkir panas teh ini tiga kali sehari untuk menyembuhkan radang sendi. Ini berhasil dan rasanya juga enak.
  2. Bau Mulut : Kayu manis sangat baik untuk menghilangkan bau mulut dan bertindak sebagai penyegar mulut. Kunyah saja sepotong kecil kayu manis atau berkumur dengan bubuk kayu manis yang telah dicampur air.
  3. Maag : Kayu manis mengurangi rasa mual, muntah dan diare. Ia akan menstimulasi sistem pencernaan. Tumbuk kasar kulit kayu manis kemudian didihkan lalu dicampur air dan madu. Minuman ini harus diminum setengah jam setelah makan. Ramuan ini juga akan menghilangkan gas dalam perut dan masalah pencernaan. Minum disaat hangat. Satu sendok makan madu dicampur dengan sejumput bubuk kayu manis yang diminum setiap pagi setengah jam sebelum makan atau minum akan menyembuhkan maag hingga ke akarnya. Ramuan ini sangat baik bagi maag dan sistem pencernaan dan rasanya pun sangat enak.
  4. Pilek
  • Untuk influenza dan sakit tenggorokan, Anda akan mendapat kayu manis sebagai obat yang sangat ampuh. Haluskan kulit kayu manis menjadi bubuk kasar, kemudian didihkan bersama air dan dicampur  madu kemudian minum selagi hangat. Meminum ini selama musim penghujan akan menjaga kita dari terserang influenza. Madu yang dicampur dengan tetesan minyak kayu manis dapat memberikan kesembuhan dari pilek. Cukup satu atau dua sendok makan sehari.
  • Mereka yang menderita pilek parah harus minum satu sendok makan madu hangat dengan seperempat sendok teh bubuk kayu manis setiap hari selama tiga hari. Proses ini akan membantu batuk yang parah sekalipun, pilek dan membersihkan sinus.
Demikianlah sebagian manfaat madu dan kayu manis semoga bermanfaat bagi anda. Diolah dari beberapa sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Madu & buku Rasululloh is My Doctor - Jerry D.Gray

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.



No comments:

Post a Comment