"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

12 October 2012

MANFAAT KACANG KACANGAN


Kacang-Kacangan merupakan makanan yang bergizi. Keluarga kacang-kacangan tersebut termasuk lentil merah, lentil hijau dan lentil cokelat; kacang merah, putih dan hitam; kacang panjang dan haricot; aduki dan flageolet; kacang black-eyed; kacang hijau dan mentega termasuk kacang hijau juga.

Manfaat kacangan-kacangan lebih mengarah ke sumber protein yang bermanfaat sehingga menggantikan daging jika anda seorang vegetarian. Kacang-kacangan juga merupakan sumber karbohidrat yang berkhasiat karena dapat melepaskan kadar gula secara perlahan. Kacang-kacangan dapat memberikan sumber energi sepanjang hari dengan kadar gula yang konstan.

Kacang Buncis
Kacang Buncis,
- Buncis merupakan sumber protein nabati yang sangat penting dan banyak mengandung vitamin A, vitamin B, dan C,
- Khasiat buncis adalah mampu melancarkan sistem pencernaan,
- Mencegah konstipasi,
- Menstimulasi sistem kekebalan tubuh secara alami,
- Menetralkan gula darah,
- Mengobati tukak lambung,
- Mencegah kanker usus besar dan mampu memperkecil resiko terkena kanker ganas.

manfaat lentil
Lentil

Manfaat Lentil antara lain:
- Meningkatkan kesehatan usus
- Mengurangi gejala menopause, PMS, dan resiko fibroid
- Berkhasiat untuk menurunkan resiko kanker payudara
- Menurunkan kolesterol
- Menghilangkan batu ginjal, dan 
- Meredakan radang sendi rematik





manfaat kedelai
Kedelai
Kacang Kedelai
Dengan mengkonsumsi tiap hari dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit. Nah, beberapa manfaat yang bisa dipetik dari kedelai adalah sebagai berikut:
  • Zat Pembangun, Kedelai banyak mengandung protein yang berfungsi sebagai pembangun tubuh. Baik untuk perkembangan sel- sel otak pada anak – anak, protein kedelai juga menyehatkan tubuh, meningkatkan stamina, dan produksi sel tubuh yang baik.
  • Mengurangi Gejala Menopause.Kandungan kedelai berupa fitoestrogen dan isoflavin dapat membantu memberikan rasa nyaman saat gejala menopause datang. Menopause terjadi karena kadar estrogen tubuh berkurang, sehingga menyebabkan kulit  kering, emosi tak stabil, dan depresi. Maka dengan memperbanyak konsumsi protein kedelai membantu kebutuhan untuk bertahan dari efek gejala menopause.
  • Mencegah Osteoporosis.Peptida hasil kedelai dicerna dalam tubuh ternyata mengandung banyak kalsium. Dan dengan bantuan produksi kalsium dari kedelai dapat membantu kita mencegah osteoporosis. Kedelai dapat membantu anak – anak menambah asupan kalsium selain dari susu berkalsium.
  • Mencegah Atherosclerosis. Karbohidrat berupa serat kasar yang terdiri dari zat – zat pembakar lemak dalam tubuh, usus, atau pembuluh darah. Karbohidrat jenis ini yang terkandung dalam kedelai  yang bisa mencegah Atherosclerosis.
  • Anti Aging.Kandungan isoflavin dalam kedelai ternyata bersifat anti aging. Senyawa ini akan larut dalam air. Isoflavin sangat baik untuk membantu menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.
  • Mencegah Kanker. Isoflavin adalah kandungan ajaib dalam kedelai yang mampu mencegah penyakit seperti : kanker payudara, usus besar, kanker prostat, paru – paru, kanker perut ataupun rahim.

manfaat kacang polong
Kacang Polong
Kacang Polong, Mungil, tetapi hebat! Itulah kacang polong yang sarat nutrisi. Tak kurang dari tujuh macam mineral, delapan jenis vitamin, belum lagi serat dan protein di dalamnya. Si kecil ini mampu memenuhi tubuh akan zat-zat gizi.

Manfaat Kacang polong: kacang polong menawarkan nutrisi penyehat tulang, yaitu vitamin K1 yang mengaktifkan osteocalcin, protein nonkolagen terbanyak yang ada dalam tulang. Tanpa vitamin K1, kadar osteocalcin akan melemah dan bisa merusak mineralisasi tulang. Selain itu, vitamin K juga merupakan instrument penting untuk menghambat penggumpalan darah. Kacang polong juga kaya akan asam folat dan vitamin B6. Keduanya membantu mengurangi homosistein, molekul berbahaya yang dapat menghambat kolagen dan memicu osteoporosis.

Suatu studi memperlihatkan, wanita menopause yang diberi suplementasi asam folat, kadar homosisteinnya rendah. Selain mengganggu tulang homosistein juga menyumbat pada terjadinya aterosklerosis yang membuat pembulouh darah rusak. Asam folat dan vitamin B6 juga mendukung kesehatan kardiovaskular.
Jika Anda sering letih-lesu, jangan lupa memasukkan kacang polong ke dalam menu. Berbagai nutrisi yang dikandungnya akan membantu meningkatkan sistem dan sel-sel penghasil energi. Kandungan vitamin B1, B6, B2, dan B3-nya penting bagi metabolism lemak, protein, dan karbohidrat. Zat besi kacang polong dibutuhkan untuk pembentukan sel darah, sehingga akan mencegah anemia, keletihan, dan gangguan belajar. Vitamin C-nya dapat melawan radikal bebas.

Kandungan Gizi Kacang Polong: Vitamin K, C, A, mangan, asam folat, serat, vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B6 (piridoksin), triptofan, fosfor, protein, magnesium, dll.
Ingat: kacang polong mengandung purin. Pada orang dengan kadar asam urat tinggi (gout) atau batu ginjal, konsumsi kacang polong sebaiknya dibatasi.


Kacang hitam menjadi bintang nutrisi baru karena sejumlah nutrisi penting yang dikandungnya. Superfood ini mengandung antioksidan yang jauh lebih banyak dibandingkan jenis kacang lain.

Seperti jenis kacang-kacangan lainnya, kacang hitam juga mengandung protein, serat, zat seng dan juga tembaga. Kandungan nutrisi yang lebih banyak termasuk juga antioksidan membuat kacang hitam ini menjadi bintang nutrisi baru yang digemari orang. Berikut ini beberapa kandungan nutrisi penting pada kacang hitam:

Oksidan Tinggi
Pada tahun 2003, dilakukan sebuah penelitian terhadap 12 jenis kacang. Hasilnya, kacang hitam lebih tinggi kandungan antioksidannya dibandingkan 11 kacang lain. Peneliti juga menyatakan, jika semakin gelap warna kacang, semakin tinggi juga kandungan flavonoidnya. Kacang hitam mengandung anthocyanins tinggi, yang membuatnya berwarna lebih gelap dan mempengaruhi tingginya antioksidan.

Makan makanan yang tinggi kandungan antioksidannya mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas tersebut bisa merusak sel-sel dalam tubuh, dan memunculkan resiko penyakit kronis, seperti alzheimer, kanker, jantung, masalah pada sistem kekebalan tubuh, diabetes, juga kelainan pada mata.

Flavonoid
Disamping mampu melindungi tubuh dari resiko penyakit kronis, senyawa flavonoid pada kacang hitam juga baik buat kecantikan. Nutrisinya bisa mengatasi kerutan halus pada kulit wajah. Kacang hitam mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Ketika kulit terkena sinar ultraviolet, nutrisi dalam kacang hitam menghasilkan enzim yang melindungi kulit dari efek buruknya.

Rendah Glikemik Indeks
Olahan kacang hitam bisa jadi camilan menyehatkan, karena memiliki kandungan glikemik indeks (GI) yang rendah. Memilih makanan dan camilan dengan GI rendah sangat penting, karena GI yang tinggi mampu meningkatkan kadar gula dalam darah. Kacang hitam dan jenis makanan lain dengan GI rendah diserap perlahan-lahan di dalam aliran darah, yang membantu kadar gula dalam darah stabil.

Walnut
Kacang walnut.
Sumber berlimpah asam lemak Omega 3 yang baik untuk jantung, perbaikan saraf, menolong penderita asma dan rematik. Walnut juga mengandung anti-oksidan asam ellagik yang dikenal bisa memerangi kanker dan menolong sistem pertahanan tubuh.Walnut juga memiliki kelebihan dalam kesehatan jantung. Sebuah studi pada bulan April 2004 memaparkan bahwa kacang ini juga:
• Mengurangi total kolesterol dan LDL (kolesterol buruk).
• Elastisitas pembuluh darah arteri meningkat 64 persen


manfaat kacang merah
Kacang Merah
Kacang Merah
Kacang ini merupakan sumber yang bagus akan serat penurun kolesterol. Selain itu tingginya serat membantu pengontrolan gula darah sehingga tidak naik dengan cepat. Ketika dikombinasikan dengan sumber karbohidrat seperti nasi, nasi merah dan roti gandum, kacang merah terbukti menyediakan protein yang bagus dan bebas lemak.


Kacang Tanah
Kacang tanah
Kacang tanah mengandung phytochemical (sejenis komposisi beta karoten) hingga 4 kali lipat dari camilan lain. Silakan pilih sesuai selera, boleh kacang panggang, kacang goreng, bahkan kacang utuh yang direbus, menurut para peneliti di Alabama A&M University. Menurut mereka, ketika dipanaskan, biji kacang akan menyerap antioksidan yang semula ada di kulitnya. Penyerapan ini terjadi di awal proses memasak. Panas dari api membantu melepaskan phytochemical, si zat super.



Almond
Almond
Almond mengandung protein tinggi, kalsium, dan seng. Uji medis menunjukkan bahwa almond dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Segenggam almond (atau 1,5 ons) merupakan sumber vitamin E dan magnesium, selain menawarkan protein, serat, kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi. Dalam 14 gr lemak yang ditemukan dalam 1 ons almond, sekitar 64%-nya merupakan lemak tak jenuh tunggal. Lemak baik ini memainkan peran dalam membantu menurunkan kolesterol, sama efektifnya dengan obat-obatan, demikian menurut American Heart Association.

Pecan
Pecan
Pecan adalah sumber protein dan lemak tak jenuh, dikenal karena kandungan vitamin E dan kemampuannya karena efek antikanker-nya. Diet kaya kacang pecan dapat menurunkan risiko batu empedu pada wanita. Antioksidannya dapat mengurangi kolesterol tinggi dengan mengurangi tingkat kolesterol jahat (LDL). Riset klinis yang diterbitkan oleh Journal of Nutrition mendapati bahwa memakan segenggam pecan setiap hari membantu menurunkan tingkat kolesterol, mirip dengan yang disediakan oleh obat-obatan penurun kolesterol.

manfaat edamame
Edamame
Edamame
Yang disebut edamame adalah kacang kedelai muda yang dipetik sebelum matang. Pemetikan sebelum matang inilah yang memberikan warna hijau pada bijinya. Edamame saat ini sering terlihat disajikan sebagai snack di atas meja kafe atau restoran, karena pengaruh gaya hidup sehat yang ditularkan orang Jepang. Edamame memang sangat bergizi berkat kandungan proteinnya.



Kenari Hijau
Kacang kenari hijau (Pistachio)
Satu ons kacang kenari setara dengan 49 butir kacang tanah, dan mengandung lebih dari 10% kebutuhan harian akan serat, vitamin B-6, thiamin, fosfor, dan tembaga. Kandungan serat 1 ons kenari lebih tinggi daripada 1/2 cangkir brokoli atau bayam, sedangkan kandungan kaliumnya setara dengan sesisir pisang. Jumlah vitamin B-6 dalam 1 ons kacang kenari sama dengan 3 ons daging babi atau ayam. Kacang kenari juga mengandung phylosterol yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, dan melindungi dari beberapa jenis kanker. Kacang ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang juga ditemukan pada minyak zaitun.


Kang Brasil
Kacang brazil
Kacang ini sangat kaya nutrisi dan mengandung protein, kuprum, niasin, magnesium, serat, vitamin E dan selenium. Selenium adalah anti-oksidan yang sangat kuat yang bekerja menetralisir radikal bebas yang berbahaya. Sebuah studi dari Universitas Ilinois menunjukkan bahwa selenium dalam jumlah yang tinggi dari kacang Brazil mampu membantu mencegah kanker payudara.


manfaat kacang mede
Kacang mede
Kacang mede
Kacang mede pada dasarnya tinggi protein dan serat, serta rendah karbohidrat. Kandungan lemak tak jenuh tunggalnya membantu melindungi jantung. Kacang mede juga menjadi sumber kalium, vitamin B, dan folat. Sejumlah magnesium, fosfor, selenium, dan tembaga, juga terkandung dalam kacang yang sering dinikmati sebagai snack, cokelat, maupun hidangan seperti sapo ini.




Hazelnut
Hazelnut
Kacang hazelnut mengandung protein tinggi dan rendah lemak. Kandungan lemak tak jenuh tunggalnya mencapai hampir 91%, dan kurang dari 4% lemak jenuh. Persentase lemak tak jenuh tunggal ini dapat mengurangi kadar kolesterol jahat ketika hazelnut dikonsumsi sebagai bagian dari diet rendah lemak. Hazelnut juga kaya protein, serat, zat besi, fosfor, vitamin B1, B2, C, E, folat, dan banyak gizi penting lainnya.





Macadamia
Dilihat dari tingginya kandungan jumlah kalori, kacang makadamia kerap dianggap kurang baik bagi kesehatan. Namun, dengan takaran yang tepat, kacang ini dapat membersihkan saluran pembuluh nadi jantung. Studi terakhir menyebutkan, mengonsumsi sekitar 40 gr kacang makadamia (setara 305 kalori), kolesterol total dan kolesterol “jahat” LDL dalam tubuh menurun hingga 9% dalam waktu 5 minggu. Kandungan serat sehat dalam 40 gr kacang makadamia adalah 3,5 gr. Tip penyajian: haluskan macadamia, lalu nikmati sebagai taburan di salad, sayuran, dan yogurt.


Chestnut
Chestnut
Per 100 gr buah sarangan (chestnut) segar memiliki 180-200 kalori. Hal ini berarti lebih rendah daripada walnut, almond, jenis kacang lain dan buah-buahan kering. Seperti produk nabati lain, chestnut mengandung lemak tak jenuh. Kandungan karbohidratnya dapat dibandingkan dengan gandum dan nasi. Satu ons chestnut rebus atau kukus mengandung 7 mg vitamin C, chestnut kering mengandung 16,6 mg vitamin C (dua kali lipatnya).

Kacang-kacangan adalah obat yang kuat untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam darah. Satu setengah cangkir kacang-kacangan dimasak dan dimakan setiap hari akan menurunkan kolesterol rata-rata 10%. Kacang-kacangan juga mengatur tingkat gula dalam darah.

Kacang-kacangan adalah makanan yang sangat baik bagi penderita diabetes. Kacang-kacangan dihubungkan dengan menurunnya tingkat kanker tertentu. Ia sangat tinggi serat dan bagi sebagian orang merupakan produsen gas teratas.

Gimana sobat mudah-mudahan bermanfaat dan selamat mencoba.

Diolah dari beberapa sumber: http://pupukorganikcairprabumulih.blogspot.com/2012/06/budidaya-buncis.html, http://blog.indojunkers.com/2012/02/kacang-hitam-cegah-kanker-dan-penuaan-dini/,http://sumberforum.com/showthread.php/2434-Jenis-Kacang-dan-Manfaatnya, http://ulatmedia.blogspot.com/2012/03/manfaat-polong-polongan-dan-lentil.html, http://honeyizza.wordpress.com/2011/08/03/segudang-manfaat-dari-kacang-kedelai/,http://www.djamilah-najmuddin.com/manfaat-kacang-polong & buku Rasululloh is My Doctor - Jerry D.Gray

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

1 comment:

  1. Very nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say
    that I have truly enjoyed surfing around your blog posts. After all I'll be subscribing to your rss feed and I hope you write again soon!

    Have a look at my blog; コーチ 財布

    ReplyDelete