"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

15 October 2012

MANFAAT BUAH WORTEL


manfaat wortel
Wortel adalah sayuran yang memang sering digunakan sebagai pelengkap dalam menu sayur kita. Tetapi apakah sobat tahu di balik dari wortel itu sendiri? Wortel membantu mempertahankan tingkat asam dan alkalin yang tepat bagi tubuh anda. Wortel juga baik untuk mata, kulit, tulang, hati dan otot-otot anda. Wortel membantu tubuh anda membersihkan darah. Wortel membantu sistem pencernaan dan anti gas perut.  Wortel sangat bermanfaat bagi tubuh anda dalam berbagai hal. Kemampuan penyembuhannya sangat tinggi.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan
Salah satu zat yang terkandung dalam wortel yang melawan lemak dalam hal ini adalah soluble fiber calcium. Serat fiber ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dengan menghilangkan asam empedu,dan memicu kolesterol untuk bisa ditarik keluar dari pembuluh darah.

Satu wortel mentah diduga mengandung banyak beta carotene, meskipun tidak jelas apakah semua itu dapat digunakan oleh tubuh Anda. Beta-karoten dapat mencegah kanker perut, gangguan rahim dan membantu mencegah penyakit jantung karena antioksidan yang dikandungnya. National Cancer Institute sedang mempelajari seluruh keluarga dari umbelliferous yang wortel termasuk salah satunya. Hasil penelitian terbaru dari Harvard University menunjukkan bahwa orang yang makan lebih dari lima wortel seminggu sangat kecil kemungkinannya untuk mengalami stroke dibandingkan mereka yang makan hanya satu wortel sebulan.


Terakhir, seperti yang sering dikatakan orang tua kita, wortel membantu menyehatkan mata. Retina mata kita membutuhkan vitamin A untuk bekerja dengan baik; kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan. Meskipun kebanyakan vitamin A juga tidak akan membantu anda melihat lebih baik dari biasanya namun sifat antioksidan pada wortel dapat membantu anda mencegah katarak dan membuat mata Anda tetap sehat.

Cara Memilih dan Menyimpan Wortel Yang Baik
Cara memilih wortel yang baik adalah dengan mencari wortel yang memiliki warna orange cerah dan memiliki kulit yang halus. Hindari wortel yang terdapat warna hitam pada kerucutnya dan terlihat lemas karena wortel seperti itu sudah tidak lagi segar. Pilihlah wortel yang ujungnya lancip. Secara umum, wortel yang muda lebih lembut tapi kurang manis dibandingkan yang lebih besar dan matang. Masukkan kedalam kulkas segera setelah anda pulang ke rumah untuk menghindari hilangnya kelembaban pada wortel. Simpan sayuran hijau dan wortel secara terpisah dalam kantong plastik di kulkas anda.

Cara Mengelola Wortel Dengan Baik
Cuci dan bersihkan lah wortel dengan benar sampai kotoran seperti tanah tidak terlihat lagi. Kebanyakan sayuran seperti wortel yang berasal dari akar lebih banyak terkontaminasi oleh pestisida yang biasa digunakan. Anda dapat membersihkannya dengan cara mengelupas kulit luar dari wortel.

Cara terbaik untuk memperoleh manfaat wortel secara maksimal adalah dengan cara mengukus. Potongan wortel pun sebaiknya berbentuk seperti batang korek api, karena dengan seperti itu lebih enak untuk di cerna di dalam mulut.

Wortel dapat dengan mudah ditambahkan ke sup, semur, atau panggang dalam panci dengan daging favorit Anda, karena dapat memberikan vitamin tamabahan ke dalam menu makan anda.

Berikut ini saya tuliskan beberapa resep dari Jerry D. Gray dalam buku Rasulullah is My Doctor.
  1. Sebagai Tonik. - Memakan wortel mentah atau membuat jus darinya secara teratur dapat menjadi tonik yang sangat baik bagi mata dan kulit Sobat dan juga membantu dalam mencapai serta mempertahankan kondisi kesehatan umum yang sangat baik. - Memberikan 2 hingga 3 sendok jus wortel dicampur dengan satu sendok teh madu kepada anak yang lemas-lesu akan menambah kekuatan mereka.
  2. Masalah mata. - Meminum jus wortel memperbaiki kemampuan penglihatan. - Memakan wortel atau meminum jusnya setiap hari sangat baik untuk mata Sobat, bahkan mampu mengobati rabun malam. -Mencuci mata Sobat dengan air bekas rebusan wortel akan membuat mata sembuh dari ketegangan mata.
  3. Sakit Kepala. Minum jus kombinasi antara wortel, bit dan timun berdasarkan pengalaman saya, dapat mengurangi sakit kepala.
  4. Batu Ginjal. - Minum 1 gelas jus wortel, bit dan mentimun (dalam ukuran yang sama) membantu untuk menghancurkan batu ginjal dan mengeluarkannya dari tubuh Sobat. - Minum satu gelas jus wortel dan sawi hijau dalam ukuran seimbang akan menghilangkan batu dari saluran empedu Sobat.
  5. Rematik. - Minum jus wortel secara teratur akan membantu menyembuhkan rematik. - Jus wortel dicampur dengan bit dalam kuantitas yang sama akan memberikan kenyamanan seketika dari rematik.
  6. Masalah Kulit. Minum jus wortel secara teratur dapat menyembuhkan jerawat, kulit kering, gatal-gatal dan darah kotor. Dengan mengkonsumsi jus wortel secara teratur, Sobat akan memiliki kulit yang berkilau alami. Bahkan Sobat akan mulai terlihat berwarna oranye/kuning.
  7. Gangguan perut. - Minum jus campuran wortel dan bayam setiap habis makan akan membantu menghilangkan sembelit. - Makan wortel segar atau minum jus wortel secara teratur akan menyembuhkan diare karena sakit pencernaan yag kronis, mengurangi kadar asam, dan menghilangkan kelainan fungsi perut.
  8. Masalah Kandung Kemih. Minum jus wortel dua kali sehari akan menjaga saluran kemih bersih dan tidak tersumbat
Dari sumber lain ternyata masih banyak manfaat lainnya dari wortel seperti :
  • Mengatasi nyeri haid. Jus wortel yang diminum 2 kali sehari akan meringankan nyeri haid.
  • Mengatasi sembelit. Parut 2 wortel yang masih muda lalu tambahkan 2 sendok makan air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minumlah sari wortel tersebut 2 kali sehari.
  • Menghaluskan wajah. Parutan wortel dipakai sebagai masker. Biarkan sampai kering dan bilas wajah Anda.
  • Mengatasi demam pada anak. Peras wortel yang sudah diparut, ambil sarinya. Kemudian campur dengan air hangat dan minumkan pada si anak 2 kali sehari.
  • Mengatasi luka bakar. Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.
  • Kejang Jantung
    Bahan: umbi wortel, 2 sendok madu, dan 1 potong gula aren;
    Cara membuat: wortel diparut dan diperas dengan 2 gelas air, kemudian dioplos dengan bahan lainnya sampai merata; Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.
  • Eksim
        a. Bahan:1 umbi wortel dan 1 sendok teh kapur sirih;
           Cara membuat: wortel diparut dan dicarnpur dengan kapur sirih
           sampai merata;
           Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian yang sakit dan
           dibalut dengan verban.

        b. Bahan: 3 umbi wortel;
           Cara membuat: diparut dan disedu dengan 2 gelas air masak;
           Cara menggunakan:  diminum 2 kali sehari.
  • Cacing Kremi
        Bahan: 5-7 umbi wortel, garam dan santan kelapa secukupnya;
        Cara membuat: wortel diparut, kemudian ditambah dengan bahan
        lainnya;
        Cara menggunakan: diperas dan disaring, kemudian diminum
        menjelang tidur malam.
  • Mata Minus
        Bahan: umbi wortel secukupnya;
        Cara membuat: diparut dan diperas untuk diambil airnya;
        Cara menggunakan: diminurn setiap pagi hari secara teratur.
Mengapa harus minum obat kimiawi jika Sobat dapat menggantinya dengan wortel. Semoga bermanfaat dan keep fun..

Diolah dari beberapa sumber: http://mypotik.blogspot.com/2010/06/apa-saja-manfaat-dan-khasiat-dari.html, http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=150, http://diet.huteri.com/979/manfaat-wortel-dan-bagaimana-mengelolanya/, buku Rasululloh is My Doctor - Jerry D.Gray

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.


2 comments:

  1. Hi! I know this is kind of off topic but I was wondering which blog
    platform are you using for this website? I'm getting fed up of Wordpress because I've
    had issues with hackers and I'm looking at options for another platform. I would be great if you could point me in the direction of a good platform.

    my web page jobs for moms

    ReplyDelete
  2. Can you supply extra details on this?

    Also visit my site - günstig in den urlaub fliegen

    ReplyDelete