"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

06 November 2012

KEGUNAAN BAWANG PUTIH

manfaat bawang putih
Bawang Putih (Allium sativum) yang selama ini digunakan sebagai bumbu masak ternyata memilliki berbagai manfaat kesehatan. Bawang putih mempunyai peran sebagai antioksidan untuk mencegah dan mengatasi penyakit-penyakit yang berbahaya termasuk membunuh kuman Helicobacter pylori yang dapat memicu berbagai macam kanker perut.

Bawang putih mengandung berbagai macam zat aktif yang berguna bagi tubuh untuk membunuh kuman dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh sehingga bawang putih berkhasiat untuk mencegah kanker kulit, kanker prostat, kanker payudara, kanker kolokteral, kanker perut dan kanker paru-paru.

Zat-zat yang bisa ditemukan dalam bawang putih adalah vitamin A, B, C, potasium, besi, karoten, selenium dan kalsium ini mampu menurunkan kadar kolesterol, mencegah penggumpalan darah, mencegah serangan jantung, mengurangi tukak lambung, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar gula darah, mengikat radikal bebas, menetralisir racun, melawan parasit dan jamur, membasmi bakteri, dan lain-lain ini.


Bawang putih juga mengandung komponen penting lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti allyl sulfur, diallyl trisulfide, diallyl sulfide, diallyl disulfide, S-allyl cysteine, S-allylmercaptocysteine, ajoene dan allicin.

Komponen-komponen tersebut mampu mencegah zat karsinogen yang bisa memicu kanker. Zat karsinogen sendiri terdiri dari benzo(a)pyrene, azoxymethane, aflatoxin, dan lain-lain.

Komponen-komponen yang terkandung di dalam bawang putih tersebut akan mencegah mutasi gen, pertumbuhan sel-sel kanker, memperbaiki DNA yang mengalami kerusakan, dan membuat sel kanker bunuh diri (apoptosis).

Akan tetapi kemampuan dari zat-zat aktif tersebut juga bisa dipengaruhi oleh banyak hal misalnya pengolahan yang salah. Mengolah bawang putih dengan pemanasan yang berlebihan atau dipanaskan menggunakan microwave bisa menghilangkan senyawa-senyawa penting yang ada dalam bawang putih.

Sebaliknya, zat-zat aktif dalam bawang putih bisa bekerja lebih baik apabila mengkonsumsi bawang putih yang disertai dengan asam linoleat, selenium, dan vitamin A. Zat-zat aktif yang bekerja sama ini akan mampu meningkatkan apoptosis dan menghambat proliferasi.

Jika anda ingin mendapatkan manfaat yang optimal dari bawang putih sebaiknya anda mengolah bawang putih dengan cara yang tepat, yaitu dengan dilumatkan atau dihancurkan terlebih dahulu sebelum dimasak.

Setelah itu anda bisa menunggu 15 menit sebelum dimasak, digoreng ataupun dimakan secara mentah agar zat-zat anti kanker golongan allyl sulfur naik ke atas dan tidak mengalami kerusakan ketika bawang putih dimasak.

Walaupun bawang putih bermanfaat untuk mencegah kanker, namun bawang putih tidak boleh dimakan secara berlebihan atau melebihi 2 siung per hari.

Dalam referensi lain saya menemukan bahwa bawang putih adalah satu-satunya antibiotik yang benar-benar dapat membunuh bakteri pada saat yang bersamaan melindungi tubuh dari racun yang menyebabkan infeksi. Darah seseorang yang mengkonsumsi bawang putih pun dapat membunuh bakteri dan telah dilaporkan bahwa aroma dari potongan bawang putih segar dapat membunuh bakteri yang berjarak 20 centimeter darinya. 

Berikut manfaat dari bawang putih dalam memberikan efek penyembuhan, sebagaimana dilansir Boldsky, Senin (26/3/2012).
  1. Detoksifikasi dengan jus bawang putih, Ups, jangan mengernyitkan dahi dahulu! Jus bawang putih memang terdengar menyeramkan bagi yang belum pernah mencoba dan mendapatkan manfaatnya. Tapi, jus bawang putih memiliki beberapa manfaat kesehatan karena dapat mengeluarkan racun dari tubuh melalui pori-pori kulit.
  2. Menjaga kesehatan jantung, Bawang putih sangat baik untuk pasien jantung. Sulfida dalam bawang putih menurunkan kadar kolesterol LDL sehingga mencegah penyakit kardiovaskuler seperti serangan jantung atau penyumbatan.
  3. Memberi manfaat bagi penderita diabetes. Jika Anda penderita diabetes, baik untuk mengonsumsi beberapa siung bawang putih dalam menu makan harian. Bawang putih bermanfaat bagi kesehatan Anda dengan meningkatkan tingkat insulin dalam aliran darah.
  4. Mengandung Allicin, si pelindung dari infeksi. Allicin dalam bawang putih merupakan senyawa anti-jamur yang melindungi tubuh dari infeksi dan meningkatkan antibodi.
  5. Menjaga kesehatan telinga. Jika Anda memiliki infeksi atau sakit pada telinga, bawang putih dapat membantu Anda. Teteskan dua hingga tiga tetes minyak bawang putih hangat hasil ekstrak. Antioksidan dalam bawang putih membunuh bakteri dan mengeluarkan kotoran di dalamnya.
Dalam referensi lain tentang manfaat bawang putih saya ambil dari buku Jerry D. Gray adalah :
  1. Bronkitis. Seorang anak usia empat tahun menderita bronkitis. Dokternya meresepkan beberapa antibiotik dan tak ada satupun diantaranya yang manjur. Ibu anak tersebut mulai kehilangan kesabaran. Seorang tetangga akhirnya memberitahukannya untuk menggosokkan bawang putih mentah dikaki anak tersebut setiap malam dan tutup dengan kaos kaki. Sang ibu melakukan hal ini dan setelah dua hari anaknya yang berusia empat tahun sembuh total. Cobalah. Benar-benar berhasil SUBHANALLAH!
  2. Kanker. Senyawa allium (genus onion-garlic) yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang ada pada bawang putih, menjaga agar karsinogen (kemungkinan penyebab kanker) tidak masuk kedalam sel-sel tubuh dan allium pun mampu menghambat perkembangan tumor.  Dially sulfida, komponen minyak bawang putih juga telah diketahui dapat membuat karsinogen idak aktif di hati. Penelitian telah menemukan bahwa bawang putih seperti bawang merah, daun bawang, dan daun bawang timah dapt menurunkan resiko kanker perut dan usus.
  3. Kolesterol. Dewasa ini ada lebih 12 studi yang telah dipublikasikan ke seluruh dunia yang menginformasikan bahwa bawang putih, dalam berbagai bentuk dapat menurunkan kolesterol.
  4. Batuk/Flu/Hidung tersumbat.Kandungan sulfur yang terkandung dalam bawang putih membuatnya memiliki bau dan rasa yang khas dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan, yang membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. Bawang putih mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Peneliti dari Universitas Brigham Young di Utah melaporkan bahwa bawang tumbuk dalam minyak membunuh bukan hanya membunuh rhinivirus tipe 2 (penyebab umun flu), tetapi juga membunuh 2 macam herpes (penyakit kulit menular) dan beberapa virus umum lainnya.
  5. Diabetes. Bawang putih telah terbukti efektif dalam mengatur kadar gula darah bagi berbagai macam diabetes. Karena meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes.
  6. Impoten. Bawang putih diketahui sejak lama sebagai pembangkit hasrat seksual dan dari pandangan medis dapat memperbaiki sirkulasi darah dengan signifikan. Enzim nitric oxide synthase (NOS) satu-satunya yang bertanggung jawab atas mekanisme ereksi. Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa bawang putih dalam bentuk tertentu dapat menstimulasi produksi NOS terutama pada individual yang memiliki tingkat enzim rendah.
  7. Migrain. Migrain biasanya akan menjadi jarang terjadi dan menjadi ebih lunak seiring dengan makin banyaknya konsumsi bawang putih yang kita lakukan karena kapasitas rempah ini yang mampu mengencerkan dan membersihkan darah. Berhentilah mengkonsumsi apapun yang mengandung MSG dan aspartame karena hal ini sangat penting dalam menghentikan timbulnya migrain atau paling tidak untuk mengurangi kemunculannya.
  8. Kehamilan. Penelitian terbaru menyimpulkan bahwa konsumsi bawang putih segar pada masa kehamilan akan mengurangi resiko pre-eklamspsia (kenaikan tekanan darah dan kadar protein dalam urin). Studi-studi menunjukkan bahwa bawang putih mampu meningkatkan berat badan bayi yang diperkirakan kecil.
  9. Menyusui. Suatu cara yang hebat untuk menyembuhkan ibu menyusui yang sedang sakit flu, tanpa harus mengkonsumsi antibiotik yang dapat mengalir ke bayi melalui ASI adalah dengan cara mengkonsumsi bawang putih.
  10. Tekanan Darah Tinggi - Kolesterol Tinggi - Jantung - Flu. Bawang putih mentah yang dikonsumsi dua kali sehari akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan memperbaiki sirkulasi darah.
  • Ambil satu siung besarbawang putih, rajang kecil-kecil, tempatkan pada gelas kecil dan masukkan air panas sedikit saja. Kemudian aduk selama beberapa detik kemudian masukkan air dingin secukupnya agar mulut Anda tidak kepanasan. Ramuan ini sangat baik bagi sakit tenggorokan, mengobati flu seketika dan menurunkan darah tinggi dengan cepat. Seseorang yang mengidap kanker harus minum ramuan ini untuk membersihkan darah mereka.
Seperti yang disebutkan diatas bahwa makan bawang putih mentah adalah cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal namun jika sobat tidak tahan atau tidak kuat mengkonsumsi secara langsung bawang putih dapat dicampur dengan madu. 

O ya efek samping apabila mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak membuat napas kita menjadi bau, untuk menghilangkannya kita dapat melakukan cara-cara berikut ini :
1. Meminum air teh kental atau kopi setelah mengkonsunsi bawang putih
2. Memakan kulit limau dengan cara dikunyah
3. Mengimbangi dengan makanan yang terbuat dari protein, hati, dan telor
4. Menggunakan bawang putih dengan cara direbus terlebih dahulu atau dijadikan acar.

Saya tantang Anda untuk makan bawang putih mentah agar mendapatkan manfaat bawang putih dengan masimal. Berani?

Semoga berrmanfaat!

Diolah dari beberapa sumber: http://www.tahitiannonibioactive.net/bawang-putih-untuk-kanker/, http://health.okezone.com/read/2012/03/26/484/599694/10-manfaat-bawang-putih-untuk-penyembuhan-i, http://childrengrowup.wordpress.com/2012/08/17/hebatnya-manfaat-bawang-putih-bagi-kesehatan/ & buku Rasululloh is My Doctor - Jerry D.Gray

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.


2 comments:

  1. owww,
    untuk kanker juga bisa toh?
    saya kira hanya untuk menurunkan kadar kolesterol dan darah tinggi saja,
    makasih gan atas penjelasannya

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat infonya. Keep posting gan..

    ReplyDelete