"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

21 November 2012

MANFAAT BUAH DELIMA


Buah ini tumbuh dan dibudidayakan di banyak negara, tetapi sebelumnya dibudidayakan di sekitar daerah Himalaya utara india, Iran dan dinaturalisasikan seluruh wilayah Mediterania sejak zaman kuno. Ada artikel yang menyebutkan nama pomegranate berasal dari bahasa Perancis pada abad pertengahan yakni penggabungan dari nama pime dan garnete tapi menurut wikipedia nama pomegranate berasal dari bahasa latin bernama pomum (apel) dan granatus (berbiji). Kata ini secara harfiah berarti "buah apel dengan banyak biji". Buah ini sulit untuk dimakan karena didalamnya terdapat biji2 merah yang disebut "arils" dimana untuk dapat memakanya harus dipisahkan dengan tangan (walaupun saya sendiri belum pernah memakannya :D ). Jumlah biji dalam buah pomegranate tergantung ukurannya. Sebelumnya, orang percaya bahwa biji buah pomegranate terdapat 365 biji tetapi sekarang studi modern telah membuktikan bahwa penghitungan biji dalam buah pomegranate dapat bervariasi antara 329-1.000 butir.

Kulit buah, daun, kulit, bunga dan buah pomegranate dipakai untuk sebagai bahan pengobatan medis di masa lampau. Teh yang dibuat dari kulit buah dan daun tanaman ini dapat membantu mengurangi gejala gangguan pada pencernaan. Sebagian orang juga percaya bahwa buah ini dapat digunakan untuk mengobati kolera dan disentri. Penelitian telah membuktikan bahwa buah dan jus buah pomegranate dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Ini dapat menghilangkan resiko yang dapat menyumbat arteri sehingga mengurangi kemungkinan serangan jantung, penyakit jantung, stroke, dll.


Buah pomegranate mengandung polyphenol, dengan kehadiran polyphenol (antioksidan) didalamnya, membuat buah ini sangat baik untuk kesehatan karena polypfenol mengurangi radikal bebas pada sel-sel dan membantu sel tubuh untuk mempertahankan fungsinya. Polyphenol juga memiliki fungsi yang membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan penyembuhan luka. Selain itu polyphenol juga membantu mengurangi keriput pada kulit sehingga membuat buah ini juga berfungsi sebagai obat anti penuaan.

Bagi sebagian orang yang memiliki resiko tinggi kanker payudara dan kanker prostat disarankan mulai mengkonsumsi sari buah pomegranate. Karena menurut penelitian sari buah pomegranate dapat mengurangi resiko terkena kanker dengan menghambat pembentukan sel kanker.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa pomegranate adalah buah yang tidak hanya lezat tetapi juga penuh dengan zat2 penting seperti mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah delima untuk kesehatan:
  1. Salah satu manfaat penting buah delima adalah buah ini merupakan sumber nutrisi yang banyak seperti kalsium, kalium, fosfor, vitamin C, B kompleks dan K, asam folat, zat besi, protein, dll. Buah ini juga kaya akan serat makanan, seng, magnesium dan karbohidrat.
  2. Manfaat utama buah delima adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan penyakit.
  3. Jus buah delima juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Jus ini dapat mengurangi gejala diare dan meredakan nyeri yang disebabkan karena diare. Tapi jangan dikonsumsi berlebihan karena dapat menyebabkan sembelit.
  4. Jus buah delima sangat baik untuk tekanan darah. Jus ini baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Jus buah delima juga mencegah pembekuan darah dan pengerasan arteri. Asupan teratur akan menjaga dari serangan jantung dan stroke.
  5. Memijat gigi dan gusi dengan minyak biji delima bermanfaat untuk mencegah penyakit gigi dan gusi seperti karies gigi, plak dan radang gusi. Karena buah delima kaya akan vitamin C, maka dapat mencegah gejala dan terjadinya penyakit kudis seperti gusi berdarah dan gigi longgar.
  6. Anda memiliki masalah bau mulut dan masalah gigi lainnya, itu bukan masalah, karena mengkonsumsi jus delima setiap hari dapat meningkatkan kesehatan gigi, mengusir plak gigi, karang gigi, sakit gigi, dll.
  7. Buah delima membantu dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan memicu produksi kolesterol baik.
  8. Salah satu manfaat utama bagi perempuan adalah buah ini mempertahankan tingkat estrogen dalam tubuh. Hal ini membantu dalam memerangi tanda-tanda PMS dan masalah menopause.
  9. Buah delima juga memiliki efek positif pada kulit (jika dikonsumsi secara teratur), karena buah ini memiliki sifat anti penuaan dan baik untuk mengurangi keriput, kulit kendor dan kusam. Menerapkan jus langsung ke kulit atau mencampurnya dengan pelembab akan membuat kulit menjadi segar dan sehat.
  10. Biji buah delima juga efektif dalam mencegah kanker. Kaya akan phytochemical, juga disebut sebagai polifenol (anthocyanin, quercetin dan tanin), kandungan ini memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.
Dalam referensi lain manfaat buah delima adalah sebagai berikut :
  1. Mengobati Anemia. Cukup tambahkan satu sendok teh kayu manis dan madu ke dalam jus pomegranate. Cocok banget nih untuk para cewek kita yang sering terserang anemia saat sedang menstruasi.
  2. Gatal di Bagian ‘Belakang’. Biasanya, gatal di bagian anus ini disebabkan oleh parasit dan cacingan. Untuk membunuh kuman-kuman tadi, panggang beberapa kulit buah delima hingga berwarna kecoklatan dan rapuh. Lalu tumbuk hingga menjadi serbuk dan campurkan dengan sedikit minyak zaitun. Oleskan ramuan ini pada anus.
  3. Kurangnya Napsu Makan dan Sakit Tenggorokan. Rajin-rajinlah mengonsumsi jus Pomegranate untuk menambah napsu makan dan mengurangi sakit dan radang di tenggorokan yang biasanya muncul saat tubuh terserang flu.
  4. Sebagai tonik. Jus delima jika dikonsumsi secara teratur akan meningkatkan energi fisik dan mental, serta memperbaiki sirkulasi darah.
  5. Demam. Jus delima sangat efektif menurunkan demam.
  6. Penyakit Ssus dan Hati. Minum jus delima secara teratur akan menyembuhkan berbagai macam permasalahan usus dan hati.
Mudahan-mudahan bermanfaat, Aamiin3x.

Diolah dari beberapa sumber: http://bleckurant.blogspot.com/2010/02/manfaat-buah-pomegranate-buah-delima.html, http://factsandhealth.blogspot.com/2012/08/10-manfaat-penting-buah-delima-untuk.html, http://www.gadis.co.id/gaul/ngobrol/pomegranate.si.merah.yang.menyehatkan/001/007/398 & buku Rasululloh is My Doctor - Jerry D.Gray,

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

No comments:

Post a Comment