"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

22 November 2012

MANFAAT BUAH TOMAT UNTUK KESEHATAN


Tomat (solanum lycopersicum syn. lycopersicum esculentum) merupakan tanaman perdu semusim serta berbatang lemah dan basah. Siklus hidup tanaman tomat cukup singkat, sekitar 2-3 bulan. Tinggi tanaman ini dapat mencapai 1 – 3 m. Daunnya berbentuk segitiga, bercelah dengan tulang daun menyirip, dan tersusun dalam sebuah tangkai bersama. Bunganya berwarna kuning. Sedang buahnya merupakan buah buni, dengan warna hijau ketika muda dan kuning atau merah saat tua. Bentuk buahnya sendiri ada yang bulat, bulat pipih, dan ada pula yang seperti bola lampu. Daging buahnya banyak mengandung air dan tersusun dalam tandan, sedang bijinya berukuran relatif kecil dengan jumlah banyak. Tanaman ini berakar tunggang dengan akar samping yang banyak dan dangkal.

Tomat masuk dalam keluarga Solanaceae dan memiliki beberapa subspesies sebagai berikut: tomat apel, tomat porselin atau tomat sayur, tomat kentang, tomat keriting, tomat liar, tomat ranti, dan tomat ceri.
Di dalam Tomat terdapat kandungan alkaloid slonain (0.007%), sapinin, asam folat, asam malat, asam sitrat, bioflavonoid, protein, lemak, gula, adenin, trigolin, holin, tomatin, mineral, vitamin, histamin. Berdasarkan penelitian, bahan-bahan yang dikandung oleh Tomat memiliki manfaat untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan, tidak nafsu makan, hepatitis, radang, sariawan, gangguan lambung, wasir, hipertensi, dan kolesterol.


Salah satu kandungan di dalam tomat yang paling bermanfaat adalah Lycopene yang merupakan salah satu jenis antioksidan vital alami. Lycopene berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas.

Berikut saya tuliskan beberapa manfaat & khasiat dari tomat :
  1. Mengobati Jerawat. Rebus tomat, lalu potong-potong. Gosokkan potongan tomat pada bagian yang berjerawat. Diamkan sepuluh menit, bilas wajah dengan air. Lakukan rutin sampai jerawat hilang.
  2. Untuk membantu menghaluskan kulit wajah, Anda cukup meletakkan air jus tomat pada wajah. Sementara itu, untuk mencerahkan kulit, gunakan satu buah tomat yang telah dihancurkan.
  3. Mengurangi Komedo.
  4. Tidak seperti sayuran lainnya, manfaat tomat tidak berkurang ketika dimasak. Sebaliknya, malah disarankan agar tomat diolah terlebih dahulu. Zat yang terkandung dalam tomat bermanfaat untuk menghancurkan radikal bebas ketika dimasak.
  5. Gusi Berdarah. Minum jus tomat paling sedikit tiga kali sehari, menguatkan gusi dan menghentikan pendarahan.
  6. Mata. Tomat masak-mentah yang dimakan secarat teratur meningkatkan kemampuan penglihatan dan mengurangi banyak masalah mata.
  7. Sariawan. Berkumur yang rutin dengan jus tomat yang dicampur dengan sedikit air, menyembuhkan ecah-pecah pada bibir, lidah dan mulut.
  8. Gangguan perut. Makan tomat mentah ditaburi garam hitam dan bubuk lada hitam akan menyembuhkan permasalahan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.
  9. Tonik tomat. Minum segelas jus tomat dengan sedikit madu pada sarapan pagi akan menyediakan kekuatan fisik dan mental plus meningkatkan energi tubuh. Dengan mengkonsumsi tomat secara teratur , tulang yang lemah, InsyaAllah akan menjadi lebih kuat.
  10. Cacingan. Makan potongan tomat segar dan ditaburi garam batu serta bubuk lada hitam pada perut kosong, akan menghancurkan cacing perut.
Dibawah ini adalah beberapa khasiat tomat bagi kesehatan selain hal yang telah kita bahas diatas :
  •  Membantu menurunkan resiko gangguan jantung.
  •  Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.
  •  Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.
  •  Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia (age-related macular degeneration).
  •  Mengurangi resiko radang usus buntu.
  •  Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.
  •  Mengobati diare.
  •  Meningkatkan jumlah sperma pada pria.
  •  Memulihkan fungsi lever.
  •  Mengatasi kegemukan.
 Mudahan-mudahan bermanfaat, Aamiin3x.

Diolah dari beberapa sumber:http://khasiatbuah.com/tomat.htm, http://faktaherbal.blogdetik.com/2012/07/01/manfaat-si-buah-tomat/, http://forum.kompas.com/alternatif/132956-manfaat-dan-khasiat-tomat.html  & buku Rasululloh is My Doctor - Jerry D.Gray,

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

No comments:

Post a Comment