"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

19 November 2012

KEGUNAAN MINYAK ZAITUN

manfaat zaitun
Minyak Zaitun atau Olive Oil adalah sebuah minyak buah yang didapat dari zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania. Merupakan minyak istimewa karena mempunyai banyak manfaat , antara lain sebagai penambah cita rasa makanan, kesehatan , kecantikan, juga sebagai bahan bakar lampu minyak.

Zaitun (Olea europaea) adalah pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Zaitun adalah anggota suku Oleaceae.

Minyak zaitun dianggap sebagai minyak yang sehat karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol). Minyak zaitun mengandung vitamin E dan vitamin K yang baik untuk kesehatan kulit. Baik untuk merawat kecantikan wanita. Minyak Zaitun dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat-obatan, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak.


Ketika sobat membeli minyak zaitun, hanya pilih yang extra virgin. Ini adalah bentuk minyak zaitun yang paling murni. Minyak zaitun extra virgin hanyalah merupakan sari buah yang diekstraksi secara mekanis dari buah zaitun. Tidak ada panas atau bahan kimia yang digunakan selama proses ekstraksi.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan
Untuk Pelembab wajah
Kandungan zat linoleic acid mampu menjaga air menguap. Sehingga, zat ini amat baik untuk digunakan sebagai pelembab kulit yang kering dan mulai berkeriput. Caranya Oleskan pada wajah sembari dipijit ringan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Untuk penyubur rambut
Minyak zaitun bisa membantu menyuburkan rambut supaya rambut lebih hitam dan lebat. Caranya cukup dicampurkan dengan shampo yang anda pakai  kemudian dibilas sampai bersih.

Merawat kesehatan kulit 
Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun ketika mandi. Kulit tubuh pun akan terjaga kelembabannya dan terlihat lebih bercahaya.

Untuk Merawat Tangan dan kuku
Caranya dengan mencampurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan air hangat untuk merendam tangannya 1 minggu sekali. Kebiasaan ini membuat kulit tangan dan sekitar kukunya lembut.

Untuk Perawatan Kaki
Kaki pecah-pecah atau kasar bisa diatasi dengan perawatan minyak zaitun. Caranya denga mengoleskan minyak zaitun ke telapak kaki dan sekitar pergelangan kaki. Bungkus dengan kaus kaki dan kenakan selama tidur pada malam hari. Kemudian bersihkan dipagi harinya. Bisa dilakukan pada tangan. Lakukan secara rutin selama satu bulan untuk hasil maksimal.

Untuk Kulit Tubuh
Caranya dengan mencampur minyak zaitun dengan garam kasar, untuk membuat scrub alami. Selain membantu pengelupasan sel-sel mati, pemakaian minyak zaitun pada tubuh bisa membuat kulit lebih cerah.

Manfaat Minyak zaitun untuk Kesehatan
Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Kandungan antioksidan nabatinya sangat tinggi sehingga akan menurunkan resiko Penyakit Jantung. Cukup dengan minum 2 sendok setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung.

Mampu Melawan Kanker
Minyak zaitun dapat mereduksi kerusakan sel (kerusakan ini dapat memicu kanker). Fenol dalam minyak zaitun extra virgin bertindak sebagai antioksidan pencegah penyakit untuk menghambat proses kanker ; asam oleat diperkirakan mencegah penyebaran tumor.

Menghilangkan Artritis
Minyak zaitun mengandung Prostaglandin yang bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi dan pengeroposan tulang. Caranya  dikonsumsi dalam campuran makanan sehari-hari dan akan membuat  antinyeri dengan melumasi sendi dan mencegah pembengkakan. Atau dengan mengoleskan minyak zaitun pada nyeri otot atau nyeri sendi.

Mencegah Diabetes
Kandungan minyak zaitun berupa lemak tak jenuh tunggal. Sehingga minyak zaitun bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah serta risiko diabetes tipe 2.

Menghentikan Rasa Nyeri
Kandungan oleokantal  dapat mencegah radang, mirip dengan penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan obat antiradang lainnya. Minyak zaitun dapat digunakan untuk obat oles luka lecet, luka sobek, dan gangguan yang berisiko menimbulkan radang, bengkak, dan nyeri.

Mencegah Pikun
Kandungan Asam lemak tak jenuh tunggal dalam Minyak Zaitun berfungsi untuk menjaga struktur sel dan membran dalam otak, sehingga membantu mencegah hilangnya ingatan.

Mencegah Osteoporosis
Minyak zaitun membantu penyerapan kalsium yang diperlukan untuk mencegah pengeroposan tulang.
 
Memakan buah zaitun langsung juga sangat bermanfaat. Kandungan oleic acid dapat mengenyalkan kulit dan melindungi elastisitas kulit dari kerusakan.
 
Tingkatan Minyak Zaitun
Sedikitnya dibagi menjadi Extra Virgin, Virgin, Pure, Extracted and Refined, dan Pomace.
  1. Minyak zaitun Extra Virgin dihasilkan dari zaitun kualitas nomor 1. Dihasilkan hanya dengan perasan pertama, dan tidak lebih. Tingkat keasamannya tidak melebihi dari 1% saja. Rasa dan aroma buahnya kuat. Jenis minyak zaitun ini sangat dianjurkan untuk kesehatan. Artinya bisa dikonsumsi langsung.
  2. Minyak zaitun Virgin. Diproses secara mekanik dengan metode perasan tidak menggunakan panas. Minyak zaitun Virgin diambil dari buah zaitun yang lebih matang, sehingga tingkat keasamannya agak tinggi dibandingkan Extra Virgin, yakni berkisar 1 sampai 5%. Masih bisa dikonsumsi secara langsung.
  3. Pure. Minyak zaitun yang didapatkan dari campuran dari minyak zaitun hasil sulingan dan minyak zaitun Virgin. Yang perlu diperhatikan adalah tehnik penyulingan disini sudah tentu menggunakan panas, dan sedikit campuran bahan kimia. Adapun penambahan minyak zaitun Virgin digunakan sebagai penguat rasa biasanya. Tingkat keasaman minyak zaitun Pure berkisar 3 sampai 4 %. Minyak zaitun ini biasanya dipakai untuk memasak.
  4. Minyak zaitun Extracted and Refined. Minyak zaitun ini dibuat dari sisa perasan pertama, dengan menggunakan pelarut kimia. Minyak zaitun Virgin juga ditambahkan sebagai penguat rasa. Tingkat keasamannya lebih tinggi dari 3,3%.
  5. Pomace. Minyak zaitun yang dibuat dengan ekstraksi kimia dari residu yang tersisa setelah perasan dan pemrosesan kedua. Tingkat keasamannya 5-10%, minyak zaitun Virgin juga ditambahkan sebagai penguat rasa dan aroma minyak zaitun. Minyak zaitun Pomace, biasanya dipakai sebagai bahan baku produk kecantikan, sabun, shampo atau lainnya.
Selain tingkatan-tingkatan diatas ada beberapa istilah lain dari minyak zaitun diantaranya First Cold Press, 100% Pure Olive Oil, Light Olive Oil, Made from Refined Olive Oil. 
  1. First Cold Press, berarti kualitas minyak zaitun nomor satu. Minyak zaitun ini didapat dari perasan pertama, tanpa proses pemanasan. Kata kuncinya pada kata cold, yang berarti dingin. Dengan pemanasan dikhawatirkan ada nilai gizi dari zaitun yang menguap. Karenanya proses terbaik dari buah zaitun menjadi minyak adalah dengan cold pressed.
  2. 100 % Pure Olive Oil, mempunyai kualitas yang biasa saja. Masih lebih baik kualitas virgin ketimbang kualitas ini. Biasanya kualitas jenis ini paling banyak dijumpai di toko-toko.
  3. Light Olive Oil, maksudnya mempunyai kadar lemak yang rendah. Bukan rendah lemak dan kalori, tapi hanya warnanya saja yang lebih terang.
  4. Made from Refined Olive Oli, maksudnya isi dari botol kemasan tersebut merupakan intisari dari minyak zaitun. Padahal rasa dan tingkat keasamannya adalah hasil olahan kimia.

Itulah beberapa khasiat dari minyak zaitun, semoga bermanfaat bagi sobat semuanya. Aamiin.

Diolah dari beberapa sumber: http://www.sirah.org/2009/11/minyak-zaitun-olive-oil-dan-manfaatnya.html, http://id.wikipedia.org/wiki/Minyak_zaitun, http://e-lifestylenews.blogspot.com/2012/10/manfaat-minyak-zaitun-untuk-kesehatan.html, buku Rasululloh is My Doctor - Jerry D.Gray.

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

2 comments:

  1. Khasiat minyak zaitun memang luar biasa, tapi kita mesti hati-hati dalam memilih minyak zaitun apalagi untuk konsumsi, karena banyak minyak zaitun yg telah dioplos, perhatikan harga dan kemasan minyak zaitun, minyak zaitun yang baik dikemas dalam kemasan botol kaca khusus yg akan menjaga kualitas minya zaitun agar tdk mudah tengik, bukan dalam botol plastik... harga yang terlalu murah juga dikhawatirkan mengurangi kualitas minyak zaitun,,, semoga bermanfaat

    ReplyDelete