"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." (HR.Bukhari)

09 November 2012

KHASIAT JAMBU BIJI

manfaat jambu merah
Jambu biji memang tidak sepopuler jeruk atau semahal apel. Jika Anda berpikir jeruk adalah yang terbaik untuk vitamin C, Anda perlu mencoba jambu biji.

Satu jambu biji memiliki 165 miligram (mg) vitamin C. Sementara, satu jeruk hanya mengandung 69 mg saja. Kandungan vitamin C pada jambu biji ini efektif dalam mengobati infertilitas pria.

Di bawah kulitnya yang hijau, jambu biji memiliki banyak manfaat yang ditawarkan. Satu buah jambu sehari berguna mengurangi resiko penyakit mulai dari flu biasa, gusi bengkak, tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes sampai kanker.

Jambu biji memiliki serat makanan berlimpah sehingga baik dikonsumsi bagi yang mengalami sembelit. Bagi yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan, tingginya kandungan serat jambu biji juga sangat bermanfaat.

Buah ini kaya vitamin, serat dan mineral. Jika dijadikan bagian dari makanan sehari-hari, penelitian menunjukkan jambu biji sangat efektif mencegah kanker dan penyakit jantung. Buah yang memiliki nama latin Psidium guajava ini membantu tubuh memerangi radikal bebas yang dihasilkan selama metabolisme.


Para peneliti bekerja untuk departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) telah menemukan bahwa jambu biji mungkin di antara buah terkaya antioksidan. Buah yang lezat ini juga memiliki beta karoten, kalium dan serat larut.

Jambu biji dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengendalikan tekanan darah dan kolesterol. Kemampuan jambu biji untuk menurunkan tekanan darah disebabkan adanya kandungan kalium. Kalium merupakan elektrolit yang penting untuk reaksi listrik dalam tubuh termasuk pada jantung.

Buah ini juga dikenal bisa menyembuhkan luka eksternal serta mengobati pendarahan hidung dan gusi. Buah yang hidup di daerah tropis ini bisa juga mencegah penyakit 'orang tua' seperti pikun dan katarak. Adanya karbohidrat kompleks dan kandungan serat yang tinggi bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

Makan buah ini dengan kulitnya! kunyah dengan tuntas tanpa membuang bijinya untuk manfaat yang memuaskan. Makan satu jambu biji untuk sarapan memberikan dosis harian yang sangat dibutuhkan seperti zat besi, asam folat, kalsium, serat, protein, karbohidrat, vitamin A, B dan banyak vitamin C. Kandungan lemak total satu jambu biji sekitar 0,9 gram atau 84 kalori. Dibandingkan dengan apel, buah ini memiliki 38 persen lemak dan 42 persen kalori yang lebih sedikit.

Khasiat Penyembuhan Jambu Biji
  1. Diare dan Disentri. Jambu biji kaya akan astringent (senyawa yang membuat gusi terasa lebih kencang dan segar setelah mengunyah daun jambu biji atau makan jambu biji mentah).  Kandungan astringent dalam jambu biji bersifat alkali dan memiliki kemampuan desinfektan serta anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan disentri karena mikroba dengan cara menghambat pembentukan lendir lendir dari aktifitas bakteri penyebab disentri di usus. Nutrisi lain dalam jambu biji, seperti kalium, vitamin C dan karotenoid memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan. Manfaat jambu biji juga dapat dirasakan pada penderita gastroenteritis (radang lambung dan usus).
  2. Manfaat jambu biji untuk batuk dan flu. Mungkin masih sedikit yang tau bahwa jambu biji bermanfaat untuk mengobati batuk dan flu. Yang digunakan adalah buah yang masih mentah dengan cara di jus. Jus jambu biji mentah atau daun jambu biji sangat membantu meringankan batuk dan flu dengan melonggarkan pernafasan, desinfektan saluran tenggorokan, mengurangi lendir, pernapasan dan paru-paru serta menghambat aktivitas mikroba. Jambu biji mengandung banyak zat besi dan Vitamin C yang sudah terbukti bermanfaat untuk pencegahan terhadap infeksi tenggorokan dan virus penyebab flu.
  3. Kaya akan vitamin B3 dan B6. Vitamin B dikenal sebagai nutrisi syaraf, termasuk otak dan syaraf tulang belakang.
  4. Mencegah dan mengobati sembelit. Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji bisa membuatnya dijadikan sebagai buah penghilang sembelit. Kadungan seratnya mencapai 5,4 gram per 100 gram. Saat dijus bijinya sebagian akan hancur. Biji ini bisa berfungsi sebagai laksatif atau obat pencuci perut untuk melancarkan pencernaan.
  5. Perawatan kulit. Saat membeli produk perawatan kulit seringkali kita menemukan bahan yang disebut sebagai astrigent. Kandungan astrigent yang tinggi dalam buah berdaging merah ini melembutkan dan memperbaiki tekstur kulit. Manfaat jambu biji untuk perawatan kulit bisa didapat dengan memakannya atau mengoleskan buah yang belum matang langsung kekulit. Nutrisi tambahan yang bermanfaat untuk kulit vitamin A-B-C sebagai antioksidan. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih kencang, mencegah penuaan dini dan jauh masalah kulit lainnya.
  6. Darah tinggi. Manfaat jambu biji yang lain adalah mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara menurunkan kolesterol dan mencegah penebalan pembuluh darah arteri sehingga menjaga kelancaran sirkulasi darah serta menurunkan hipertensi. Kandungan serat yang ada didalamnya juga mempunyai peran menjaga tekanan darah normal dengan membuat penyerapan glukosa menjadi lebih lambat.
  7. Kudis. Kandungan vitamin C didalam jambu biji lima kali lebih banyak dari jeruk. Seperti buah lainnya yang mengandung vitamin C dalam jumlah besar, dapat menyembuhkan kudis.
  8. Manfaat jambu biji lainnya. Sebagai buah yang baik untuk penderita diabetes, melindungi kelenjar prostat, Kandungan lypocene didalamnya mengurangi risiko kanker, menyembuhkan luka bila diterapkan secara eksternal, mengobati sakit gigi, gusi bengkak & ulkus oral, infeksi bakteri, kejang, epilepsi. 
Selain buahnya daun jambu biji juga sangat bermanfaat. Daun jambu biji mengandung saponin, minyak atsiri, tanin, anti mutagenic, flavonoid, antioksidan dan alkaloid sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam obat dan keperluan.

Untuk kepraktisan daun jambu biji biasa dikeringkan dan dibuat teh, jadi tinggal seduh saja sudah bisa mendapatkan khasiat yang terkandung didalamnya. Selain yang sudah disebutkan diatas, dibawah ini adalah beberapa khasiat daun jambu biji:
  • Diabetes
  • Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yakult Central institute untuk penelitian mikrobiologi di tokyo, Jepang. Ditemuukan bahwa teh daun jambu biji efektif menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes. Khasiat daun jambu biji untuk diabetes ini diterbitkan pada tahun 2010 dalam "Nutrisi dan metabolisme". Meminum seduhannya dapat menghambat enzim alpha-glukosidase. Pengendalian kadar gula darah penting untuk orang dengan diabetes atau prediabetes sehingga tidak menimbulkan komplikasi. 
  • Diare dan disentri. Untuk khasiat daun jambu biji yang satu ini kebanyakan orang terutama orang jawa sudah tau. Jamu daun jambu biji bisa diracik sendiri dirumah. Berikut ini adalah resep yang bisa dicoba dirumah:
  • - Ambil daun jambu biji yang masih muda (utamakan yang pucuk), 2-3 lembar saja sudah cukup kemudian cuci bersih. 
    - Daun yang masih muda ini bisa dimakan langsung dengan sedikt garam untuk menyamarkan rasa aslinya atau bisa juga direbus terlebih dahulu. Jika tersedia dalam bentuk teh maka cukup diseduh saja dengan air panas. 
    - Apabila kurang suka dengan rasanya bisa menambahkan madu sebagai pemanis.
  • Mencegah infeksi luka luar
  • Sebuah penelitian yang dilakukan di Nigeria, universitas Federal Technology mengungkap khasiat daun jambu biji untuk mengobati luka luar seperti pada luka sayat, benturan, lecet dan lain sebagainya. Kandungan anti bakterinya mencegah infeksi dan kandungan steroid mengurangi peradangan sehingga mempercepat penyembuhan luka. Saat beraktifitas diluar ruangan sedangkan tidak menyediakan obat luka maka khasiat daun jambu biji bisa dimanfaatkan dengan cara mengoleskan tumbukan daunnya. 
Itulah beberapa khasiat dari jambu biji, semoga bermanfaat bagi sobat semuanya. Aamiin.

Diolah dari beberapa sumber: http://manfaatjambubiji9.blogspot.com/2012/07/tentang-multimanfaat-jambu-biji.html, http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/11/12/05/lvpnz3-seribu-manfaat-jambu-biji-dari-penangkal-flu-hingga-cegah-kanker & buku Rasululloh is My Doctor - Jerry D.Gray

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.
     

No comments:

Post a Comment